Giatkan Jasa Pengiriman di Kota, PT Pos Luncurkan Q9 dengan 4 Keunggulan 

PT Pos Indonesia optimistis mempersembahkan layanan Q9

Jakarta, IDN Times - PT Pos Indonesia (Persero) mengeluarkan layanan baru yang sangat mendukung kelancaran usaha para pebisnis, yakni Q9, di Jakarta, Senin (9/9). Layanan pengiriman barang sameday service dalam kota (khusus Pulau Jawa) dan ibu kota provinsi untuk kota-kota lain dengan pengiriman maksimal 9 jam dan batas akhir pengiriman untuk layanan sampai pukul 16.00 waktu setempat tersebut bertarif kiriman dihitung per kg dengan tingkat berat maksimal paket 5 kg.

Ibu Yuni, pebisnis online shop tas dan sepatu, menyambut baik peluncuran Q9 PT Pos Indonesia. Ia mengatakan bahwa maksimal memasarkan dagangannya di internet pada pukul 15.00 dan mengirimkan pesanan minimal 30 barang dari toko online-nya per hari.

"Saya maksimal memasarkan dagangan di internet pukul 03.00 sore. Layanan pengiriman sangat membantu usaha saya. Kebanyakan pesanan di toko saya dari dalam kota," tutur Bu Yuni.

Dapat dilihat dari hal tersebut, peluang bisnis dan permintaan pasar dari jasa pengiriman barang masih bagus. Berdasarkan riset pun, 60 persen orderan online merupakan kiriman lokal atau satu kota saja. Oleh karena itu, Pos Indonesia menjawab tantangan ini dengan meluncurkan Q9 sebagai layanan terbarunya.

"Q9 ini daya dorongnya datang dari ecommerce. Nah, pembeli ecommerce itu umumnya ingin membeli barang, kalau kita perhatikan dari riset yang ada itu, dalam satu kotanya dia. Kenapa? Karena kalau ada salah, lebih mudah kan digantinya. Itu kenapa kita mau memperkuat Q9 di dalam kota," tutur Direktur Komersial PT Pos Indonesia Charles Sitompul, di acara Peluncuran Q9, di Jakarta, Senin (9/9).

Sekretaris Perusahaan PT Pos Indonesia Beni Otoyo, Kepala Regional IV Oni Hadiono, Kepala Kantor Pos Jakarta Selatan Hayudi, para pebisnis online dan mitra agen pos, serta O-Ranger yang akan menjemput pengiriman barang dari konsumen turut hadir pada acara peluncuran ini.

Sedana dengan Charles, Kepala Regional IV Oni Hadiono mengatakan bahwa Q9 ini ialah layanan yang dipersembahkan PT Pos Indonesia khusus untuk para pebisnis online. Layanan ini sangat memanjakan penjual (seller) maupun penerima kiriman (buyers) karena mempunyai beberapa fitur dan keunggulan baru yang selama ini belum dilayani PT Pos Indonesia.

Nah, berikut beberapa keunggulan produk Q9 yang ditawarkan Pos Indonesia:

1. Layanan jemput kiriman oleh pasukan O-Ranger

Giatkan Jasa Pengiriman di Kota, PT Pos Luncurkan Q9 dengan 4 Keunggulan IDN Times/Ezri Ts

Pertama, loket-loket Kantor Pos dan Agenpos Q9 menyediakan layanan jemput kiriman (pick-up service) oleh pasukan O-Ranger dengan menghubungi Call Center 1500 261.

"Jadi bagi Bapak Ibu pebisnis online silakan duduk di rumah, telepon saja ke nomor 1500261. Nanti customer service kami akan menjawab permintaaan Bapak Ibu sekalian mengenai layanan pick-up service ini. Yang jemput ialah O-Rangers dengan baju hijau," tutur Oni.

2. Promo gratis ongkos kirim

Giatkan Jasa Pengiriman di Kota, PT Pos Luncurkan Q9 dengan 4 Keunggulan IDN Times/PT Pos Indonesia

Kedua, hingga akhir Desember 2019 berlaku promo gratis ongkos kirim untuk pengiriman berikutnya apabila kiriman tidak tiba pada hari yang sama.

"Jika seandainya kiriman tidak bisa disampaikan dalam waktu 9 jam karena kesalahan teknis dari PT Pos Indonesia, maka promo gratis kepada Bapak Ibu pebisnis online untuk gratis mengirim di hari berikutnya atau kapan pun," kata Oni.

3. Layanan COD

Giatkan Jasa Pengiriman di Kota, PT Pos Luncurkan Q9 dengan 4 Keunggulan IDN Times/PT Pos Indonesia

Ketiga, Q9 membuka layanan COD (Cash on Delivery) atau bayar di lokasi tujuan dengan persetujuan dari pengirim. Layanan ini dilengkapi dengan aplikasi payment PosGiro Mobile.

"Kita berharap orang akan semakin memercayai PT Pos Indonesia ya. Di dalam Q9 selain layanan sampai pukul 4, 9 jam maksimal sampai, dan COD. COD pebisnis online sekarang butuh ya. Jadi pebisnis online itu kan membutuhkan jaminan bahwa uangnya diterima. Pembeli membutuhkan jaminan bahwa kalau dia kirim, barangnya sampai. PT Pos menjawab kedua hal ini. Itu yang kita harapkan ke depan," tutur Charles.

4. Layanan notifikasi

Giatkan Jasa Pengiriman di Kota, PT Pos Luncurkan Q9 dengan 4 Keunggulan IDN Times/Ezri TS

Keempat, tersedia notifikasi yang akan dikirim kepada penerima barang sesaat setelah kiriman diposkan melalui Ioket KantorPos, O-Ranger, maupun Agenpos.

"Jadi begitu kiriman dijemput dan diantar O-Rangers, mereka sudah menggunakan layanan E-POD, satu layanan dari PT Pos Indonesia yang menggunakan gadget atau HP.  Penerimaan nanti bisa difoto. Kemudian langsung diberi update status di lokasi penerima kiriman. Nah bagi penerima maupun pengirim akan menerima notifikasi bahwa kirimannya sudah sampai," tutur Oni.

Pos Indonesia juga menghadirkan figur maskot bernama Mr Q untuk menggambarkan karakter produk Q9. Mr. O digambarkan sebagai sosok mileniai yang smart, ramah, gesit, dan profesional.

Perkembangan teknologi informasi, adanya kebutuhan masyarakat untuk dapat mengakses layanan jasa kurir dengan mudah, kapan saja, dan di mana saja, serta disruption yang terjadi pada industri ecommerce di Tanah Air menjadi tantangan tersendiri pagi Pos Indonesia untuk terus bertransformasi dan merelevankan seluruh Iini bisnisnya untuk menjawab tantangan tersebut.

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya