Perluas Trading dan Distribusi, Rajawali Nusindo Buka Cabang Baru ke-43

Cabang ke-43 dibuka di Pematang Siantar

Jakarta, IDN Times - PT Rajawali Nusindo sebagai anak perusahaan PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) membuka cabang baru di Jalan Raya Medan No. 88 AR-AS, Komplek Ruko SMBC Kota Pematang Siantar, untuk memperluas jaringan perdagangan dan distribusi.

Direktur Utama PT Rajawali Nusindo, Sutiyono mengatakan, pelanggan perusahaan distribusi mengharapkan layanan berupa kecepatan pelayanan atau service level dan kompetitifnya harga jual. Coverage area Cabang Medan sebagai Cabang Utama saat ini terdiri dari 37 kab/kota, baik di wilayah Sumatera Utara dan sebagian di Provinsi Aceh. Hal itu seiring meningkatnya pertumbuhan penduduk dan pendapatan bruto di kedua provinsi serta target omzet dari tahun ke tahun yang harus dicapai Cabang Medan terus bertambah.

"Namun, mempertimbangkan dari beberapa poin antara lain, service level, kedekatan pelanggan dengan distributor, tingkat efisiensi serta meningkatnya jumlah penduduk dan pendapatan regional di wilayah Sumatera Utara, maka selayaknya area Cabang Medan perlu dipecah dan didirikan cabang baru lagi," tutur Sutiyono.

1. Cabang Pematang Siantar berpeluang menguasai potensi pasar di berbagai segmen

Perluas Trading dan Distribusi, Rajawali Nusindo Buka Cabang Baru ke-43Twitter.com/@RNusindo_id

Pembukaan cabang Pematang Siantar sebagai pengembangan dari cabang Medan dengan pertumbuhan ekonomi di wilayah Sumatera Utara antara 5,12 persen hingga 5,14 persen masih terjaga dengan baik. Untuk diketahui, berdasarkan data dari Biro Pusat Statistik Sumut, jumlah penduduk di seluruh area Sumut berkisar 14,5 juta dengan level pendapatan menengah, menengah atas, makmur, dan elite yang terus meningkat cukup tajam.

Sutiono menambahkan, dengan jumlah penduduk yang ada dan jumlah segmen pasar yang sesuai dengan core bisnis PT Rajawali Nusindo, dapat diketahui dasar potensi Sumatera utara, antara lain 227 rumah sakit berbagai tipe, 225 apotek, 129 toko obat, toko alkes 3 PBF, ditambah segmen retail untuk produk consumer dan sektor agro industri, didirikannya cabang baru di Pemantang Siantar menjadikan peluang untuk menguasai potensi pasar di berbagai segmen makin besar.

2. Alasan penambahan cabang Rajawali Nusindo

Perluas Trading dan Distribusi, Rajawali Nusindo Buka Cabang Baru ke-43IDN Times/Rajawali Nusindo

Sutiyono mengatakan, alasan kuat bagi Rajawali Nusindo menambah cabangnya di Sumatera Utara ialah langkah strategis untuk pengembangan jaringan bisnis dengan pendekatan distribusi ke pelanggan dalam rangka peningkatan service level dan penambahan distribusi vertikal dan horizontal yang saat ini belum maksimal di luasnya wilayah Sumatera Utara. Selain itu, hal ini sejalan dengan visi dan misi perusahaan untuk menjadi perusahaan Distribusi dan Trading yang Unggul dan Terpercaya sekaligus penetrasi terhadap pesaing.

"Inisiatif pembukaan cabang ini akan memperkuat pertumbuhan perusahaan ke depan. Pada 2018, PT Rajawali Nusindo memperoleh omzet sebesar Rp3,4 triliun, sedangkan tahun 2019 ini, target meningkat menjadi Rp 4,6 triliun. Hal ini menunjukkan Rajawali Nusindo berkembang sedemikian agresif dan bisa dipercaya,” ujar Sutiono.

Sutiono menambahkan, "Dengan dibukanya Cabang Pematang Siantar, diharapkan dapat meningkatkan pendapatan konsolidasi PT Rajawali Nusindo. Pada 2019 ini, Cabang Pematang Siantar menargetkan penjualan di angka Rp 12,8 miliar dan pada 2020 diharapkan mencapai angka penjualan sebesar 31 miliar."

3. Rajawali Nusindo berharap kerja sama dengan pelanggan dapat terus berjalan baik

Perluas Trading dan Distribusi, Rajawali Nusindo Buka Cabang Baru ke-43IDN Times/Rajawali Nusindo

Sutiyono berharap kerja sama yang berjalan baik dengan seluruh pelanggan terus ditingkatkan dan tetap terjalin sebaik mungkin. “Hubungan baik harus dijaga, melalui komunikasi yang baik, dan dengan penyelesaian complain pelanggan yang cepat, baik di Dinkes, RS, apotek, toko obat, grosir, maupun pasar tradisional. Kantor pusat akan senantiasa mendukung tambahan produk berkualitasnya agar kepuasan pelanggan terus meningkat,” ungkapnya.


Sekilas PT Rajawali Nusindo (RNI Grup) 
Rajawali Nusindo bergerak di bidang perdagangan dan distribusi farmasi, alat kesehatan, consumer dan industrial products. Pada tahun 2004, Nusindo spin-off dari induknya, PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) menjadi entitas sendiri, dan hingga 2018 yang lalu berhasil membukukan omzet sekitar Rp3,4 triliun dan memiliki 43 cabang yang tersebar dari Aceh hingga Jayapura di 34 Provinsi.

Fokus bisnis Rajawali Nusindo terdiri dari pilar Healtcare, Consumer dan Trading Agro Industri dengan memiliki total jumlah ribuan pelanggan 36.374 mulai dari rumah sakit, apotek, klinik, Dinas Kesehatan, toko obat, toko listrik, toko bangunan, kios dan toko kelontong, grosir dan mini market. Produk dan ribuan produk yang didistribusikan berasal dari RNI group dan Non RNI group termasuk kerja sama dengan supplier dari luar negeri. Saluran distribusi yang telah dibentuk oleh Rajawali Nusindo dari Aceh hingga Jayapura merupakan modal kerja utama untuk mengembangkan usaha sebagai perusahaan distribusi.

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya