ASN Banyuwangi Gelar Salawatan, Zikir, dan Doa Bersama

ASN Banyuwangi berharap mendapat kemudahan menjalankan tugas

Banyuwangi, IDN Times - Para Aparatur Sipil Negara (ASN) Banyuwangi menggelar doa bersama menjelang akhir tahun. Zikir dan selawat dipanjatkan para ASN dengan khusyuk di Masjid Baabussalam Kantor Pemkab Banyuwangi, Jumat (4/12/2020). Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas membuka kegiatan yang dihadiri Habib Abdurrahman Al Jufri, Habib Abdul Qadir Al Jailani Al Haddar, Sekretaris Daerah Banyuwangi, sejumlah kepala OPD, dan segenap karyawan/karyawati pemkab itu.

Dalam sambutannya, Bupati Anas berharap, lewat salawat dan zikir tersebut, Allah berkenan menurunkan rahmat-Nya dan memberikan segala kemudahan dalam menjalankan pemerintahan kepada Pemkab Banyuwangi.

"Semoga dengan selawat, zikir, dan doa bersama ini, Allah memudahkan kita sebagai ASN dalam menjalankan tugas. Dan tentunya yang tak kalah penting, kita bisa melalui segala ujian seperti Covid-19 ini," kata Anas.

Baca Juga: Bupati Banyuwangi Sharing Gagasan Pulihkan Pariwisata di Masa Pandemik

1. Harapan Bupati Anas jelang akhir masa jabatan

ASN Banyuwangi Gelar Salawatan, Zikir, dan Doa BersamaASN Banyuwangi menggelar doa bersama, Jumat (4/12)/Dok. Humas Banyuwangi

Dalam kesempatan itu, Bupati Anas juga menyampaikan harapannya dan meminta didoakan agar diberikan kemudahan dalam menyelesaikan tugas dan diberikan keselamatan hingga akhir masa jabatannya sebagai Bupati Banyuwangi.

"Jabatan saya dua bulan lagi usai. Saya mohon agar terus didoakan untuk kebaikan Banyuwangi ke depan, keguyuban karyawan dijaga, serta mohon didoakan agar saya mampu menyelesaikan amanah saya dengan baik hingga di akhir jabatan nanti," kata Anas.

2. Pemkab Banyuwangi juga menggelar santunan pada acara salawatan ini

ASN Banyuwangi Gelar Salawatan, Zikir, dan Doa BersamaASN Pemkab Banyuwangi menggelar doa bersama/Dok. Pemkab Banyuwangi

Gema salawat nan merdu dan membangkitkan kerinduan akan sosok Nabi Muhammad SAW dilantunkan kelompok hadrah Dhiya'ul Musthofa dari Banyuwangi. Selain itu, ada santunan anak yatim yang tak pernah ketinggalan disertakan dalam setiap event Pemkab Banyuwangi.

Hal itu kemudian dilanjutkan dengan doa tahlil oleh Habib Abdul Qadir Al Jailani Al Haddar. Tausiyah dari Habib Abdurrahman Al Jufri menjadi penutup dari kegiatan tersebut. Dalam tausiahnya, ia pun mengingatkan untuk selalu melatih lisan untuk bersalawat, berzikir,
dan berdoa.

"Supaya apa? Supaya lisan kita diberikan kemuliaan oleh Allah. Semua orang punya mulut, tapi yang menggunakannya untuk berdoa, berzikir, bersalawat tidak semua. Bahkan di masa sekarang ini, semua kegaduhan disebabkan lisan yang tak bertanggung jawab. Mari kita semua menjaga lisan kita dengan baik," ujar Habib.

Baca Juga: Anas Ajak Baznas Banyuwangi Lanjutkan Kolaborasi Pulihkan Ekonomi

3. Pesan Habib Abdul Qadir Al Jailani Al Hadda

ASN Banyuwangi Gelar Salawatan, Zikir, dan Doa BersamaASN Pemkab Banyuwangi menggelar doa bersama/Dok. Humas Pemkab Banyuwangi

Habib Al Jufri pun berpesan agar senantiasa menjaga perkataan dengan baik. Menurutnya itu salah satu ciri orang yang beriman.

"Sesungguhnya keselamatan manusia terletak pada caranya menjaga mulutnya. Jika lisannya baik, semuanya akan baik. Nabi bersabda, sesiapa orang yang beriman kepada Allah, beriman kepada hari akhir, dan sesiapa yang punya iman sempurna, kalau berkata pasti baik, pasti menyenangkan, kalau berucap pasti menyejukkan," pungkasnya. (*) CSC

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya