BPJAMSOSTEK Raih Penghargaan Kearsipan Terbaik Nasional

Pengelolaan arsip BPJAMSOSTEK dinilai sangat memuaskan

Jakarta, IDN Times - Meski pandemik COVID-19 masih melanda Indonesia hingga saat ini, tetapi tidak menyurutkan semangat BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) untuk kembali mengukir prestasi dalam ajang penghargaan Pengawasan Kearsipan Tahun 2020 yang diselenggarakan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Kali ini BPJAMSOSTEK berhasil menyabet Juara III Terbaik Nasional Tahun 2020 pada kategori Lembaga Tinggi Negara, Lembaga Setingkat Kementerian dan Lembaga Non Struktural. 

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo dan Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Dr M Taufik kepada Direktur Utama BPJAMSOSTEK yang diwakili oleh Deputi Direktur Bidang Sekretariat Badan, Hidayatullah Putra, di Gedung Arsip Nasional Republik Indonesia di Jakarta, Rabu (9/6).

Baca Juga: BPJAMSOSTEK dan Bank Mandiri Permudah PMI di Malaysia Bayar Iuran

1. Penghargaan yang diraih merupakan hasil kerja keras dan konsistensi pengelolaan kearsipan BPJAMSOSTEK

BPJAMSOSTEK Raih Penghargaan Kearsipan Terbaik NasionalPara peserta BPJAMSOSTEK mengurus klaim JHT melalui Lapak Asik offline. (Dok. BPJAMSOSTEK)

Pada tahun ini, gelaran penghargaan tersebut diikuti 34 kementerian, 32 lembaga tinggi negara, lembaga setingkat kementerian, lembaga nonstruktural, dan 27 lembaga pemerintah nonkementerian.

“Pencapaian ini merupakan hasil dari kerja keras dan konsistensi pengelolaan kearsipan yang telah diterapkan dengan baik oleh seluruh unit kerja di lingkungan Kantor Pusat, Kantor Wilayah dan Kantor Cabang BPJAMSOSTEK di seluruh Indonesia,“ ungkap Hidayat.

2. Pencapaian BPJAMSOSTEK tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya

BPJAMSOSTEK Raih Penghargaan Kearsipan Terbaik NasionalLogo BPJAMSOSTEK/Dok. BPJAMSOSTEK

Dari 4 aspek penilaian, yaitu kebijakan, pembinaan kearsipan, pengelolaan arsip dinamis, dan sumber daya kearsipan, BPJAMSOSTEK berhasil mencatatkan nilai sebesar 91,36 dan masuk ke dalam Kategori AA atau Sangat Memuaskan. 

Pencapaian tersebut jauh meningkat jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, yakni BPJAMSOSTEK berhasil menyempurnakan sisi kebijakan berupa peraturan internal, serta meningkatkan pengawasan terhadap arsip internal di seluruh unit kerja di Kantor Pusat, Kantor Wilayah, maupun Kantor Cabang. Selain itu dilakukan juga pengawasan terhadap pemusnahan arsip, serta melengkapi sarana dan prasarana pendukung pengelolaan arsip di seluruh unit kerja.

“Sebagai sebuah institusi yang menyelenggarakan pelayanan publik, kami berkomitmen untuk melakukan pengelolaan arsip dengan tertib dan akuntabel sehingga diharapkan peserta dapat terlayani dengan baik, dan kepercayaan masyarakat terhadap BPJAMSOSTEK akan terus meningkat,” tutup Hidayat. (WEB)

Baca Juga: BPJamsostek Kembali Tinjau Kepulangan dan Serahkan Bantuan bagi PMI

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya