Fitur Konsultasi Dokter di Aplikasi Mobile Mudahkan Peserta JKN-KIS

Wujud komitmen BPJS Kesehatan memudahkan pelayanan

Jakarta, IDN Times – Pengembangan aplikasi Mobile JKN merupakan wujud nyata dari komitmen BPJS Kesehatan dalam memberikan kemudahan akses dan pelayanan yang optimal bagi peserta. Untuk itu, BPJS Kesehatan bekerja sama dengan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) berusaha untuk meminimalisasi penumpukan pasien di fasilitas kesehatan (faskes) dengan menghadirkan layanan konsultasi dokter melalui aplikasi Mobile JKN pada Rabu (23/06).

1. Bisa konsultasi kepada dokter melalui chat dengan fitur baru

Fitur Konsultasi Dokter di Aplikasi Mobile Mudahkan Peserta JKN-KISIlustrasi berkonsultasi dengan dokter (Sumber: afmc.org)

Sarmila Ningsih (29), karyawan swasta pada salah satu stasiun radio di Kabupaten Aceh Tenggara yang akrab disapa Mila ini kini menjadi sangat terbantu setelah mendengar adanya salah satu fitur konsultasi dokter pada Mobile JKN.

“Sebelumnya, yang saya tahu dari fitur Mobile JKN salah satunya adalah fitur ubah data peserta. Fitur ini membuat lebih mudah karena bisa mengganti faskes tanpa datang ke kantor BPJS Kesehatan. Sekarang saya sudah bisa konsultasi kepada dokter melalui chat dengan fitur baru dari aplikasi Mobile JKN tanpa perlu bertatap muka dengan dokter. Walaupun fitur ini belum pernah saya coba, tentunya akan sangat membantu saya nantinya,” kata Mila.

Baca Juga: Jaga Program JKN-KIS, BPJS Kesehatan Dorong Sinergitas

2. Fitur dari Mobile JKN sebagai alternatif pelayanan bagi masyarakat di tengah pandemik

Fitur Konsultasi Dokter di Aplikasi Mobile Mudahkan Peserta JKN-KISIlustrasi pandemik. ANTARA FOTO/REUTERS/Eloisa Lopez

Adanya fitur baru seperti konsultasi dokter ini, kata Mila, akan membuat masyarakat lebih peduli terhadap kondisi kesehatan mereka. Sebab, semua bisa diakses hanya melalui handphone tanpa harus ke luar rumah.

Mila juga sangat tertarik dengan fitur antrean online yang dapat dilakukan seluruh peserta Program JKN-KIS. Menurutnya, inovasi ini menunjukkan perhatian dari BPJS Kesehatan terhadap potensi penularan Covid-19. Adanya inovasi BPJS Kesehatan dan pelayanan tanpa tatap muka membuat fasilitas atau layanan kesehatan menjadikan fitur dari Mobile JKN sebagai alternatif agar pelayanan tetap dapat dilakukan kepada masyarakat di tengah keterbatasan. 

3. Harapan dengan adanya fitur-fitur di Mobile JKN

Fitur Konsultasi Dokter di Aplikasi Mobile Mudahkan Peserta JKN-KISpexels.com/@olly

Mila sangat merekomendasikan seluruh karyawan Radio Agara untuk mengunduh aplikasi Mobile JKN, tentunya banyak sekali manfaatnya apalagi pada masa pandemik seperti sekarang yang mengharuskan untuk tidak berkerumunan.

“Terima kasih BPJS Kesehatan, semoga ke depannya terus ada inovasi yang mempermudahkan peserta JKN-KIS khususnya kami kaum pekerja dalam mengakses layanan kesehatan. Sekarang sudah ada aplikasi Mobile JKN, saya mengimbau kepada seluruh masyarakat di Indonesia khususnya di Kabupaten Aceh Tenggara agar dapat memanfaatkan berbagai fitur-fitur pada aplikasi Mobile JKN,” tutup Mila. (WEB/HA/fs)

Baca Juga: BPJS Pastikan 2,5 Juta Warga Surabaya Punya Jaminan Kesehatan

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya