Kabupaten Klungkung Dukung Implementasi Kurikulum Merdeka 

Hal ini sejalan tujuan pembangunan

Klungkung, IDN Times - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) terus melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah, organisasi-organisasi guru, dan pemangku kepentingan lainnya untuk terus memberikan pemahaman terkait Kurikulum Merdeka agar tidak terjadi miskonsepsi. Hal tersebut ditegaskan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP), Kemendikbudristek, Anindito Aditomo, di Jakarta, Selasa (2/8/2022).

Anindito mengatakan, upaya tersebut dilakukan dengan menggandeng Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kemendikbudristek yang ada di provinsi. Koordinasi yang dilakukan tersebut tak lain agar implementasi Kurikulum Merdeka dapat dipahami secara utuh oleh semua pihak.

“Kurikulum Merdeka dirancang untuk memudahkan guru dalam mengajar yang berorientasi pada murid, sehingga menghadirkan pengalaman belajar yang terbaik bagi anak-anak kita,” terang Anindito.

1. Turun langsung meninjau implementasi Kurikulum Merdeka

Kabupaten Klungkung Dukung Implementasi Kurikulum Merdeka Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) terus melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah, organisasi-organisasi guru, dan pemangku kepentingan lainnya untuk terus memberikan pemahaman terkait Kurikulum Merdeka agar tidak terjadi miskonsepsi. (Dok. Kemdikbudristek)

Sebelumnya, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Pusat Standar dan Kebijakan Pendidikan (PSKP), BSKAP, Kemendikbudristek, Irsyad Zamjani, turun langsung untuk meninjau implementasi Kurikulum Merdeka di Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali, 28-29 Juli 2022. Dalam kunjungan kali ini, selain melihat praktik baik implementasi Kurikulum Merdeka, Irsyad juga memantau persiapan Asesmen Nasional di provinsi tersebut.

Pada pertemuan tersebut, Irsyad menyampaikan sekolah yang bersedia mengimplementasi Kurikulum Merdeka secara mandiri dan belajar secara autodidak itu mampu menciptakan kesan positif lingkungan pembelajaran.

“Jika dulu ada bimbingan teknis untuk mempelajari kurikulum baru, berbeda dengan Kurikulum Merdeka yang tidak ada bimbingan teknis khusus karena ini murni gerakan mandiri. Sehingga, guru yang menerapkan Kurikulum Merdeka sudah siap belajar dari berbagai sumber khususnya dari Platform Merdeka Mengajar atau belajar dari guru sekolah penggerak, membentuk komunitas belajar, maupun dari pengawas, karena kita ingin menumbuhkan kultur belajar, yang dimulai dari inisiatif dari sekolah bukan melalui bimbingan tapi dengan belajar mandiri,” jelas Irsyad.

Baca Juga: Pulihkan Pendidikan, Kemdikbudristek Satukan Suara di EdWG G20

2. Kurikulum Merdeka diharapkan bisa mengadopsi kearifan lokal

Kabupaten Klungkung Dukung Implementasi Kurikulum Merdeka ilustrasi contoh kearifan lokal (pexels.com/Artem Beliaikin)

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, menyambut baik dan sangat mendukung implementasi Kurikulum Merdeka. Secara khusus, Suwirta menyampaikan pembangunan Kabupaten Klungkung berorientasi pada inovasi untuk kesejahteraan masyarakat dan keunggulan daerah dengan tetap memperhatikan keberlanjutan kelestarian alam dan lingkungan. Orientasi pembangunan ini yang akhirnya menjadi acuan dan diturunkan ke dalam program setiap sekolah di Kabupaten Klungkung dalam menentukan inspirasi tema proyek pembelajaran yang dilakukan di sekolah.

“Pada 2013, kami pernah mengimbau semua guru di Kabupaten Klungkung untuk menggunakan 5 hingga 10 menit di setiap mata pelajaran dengan pendidikan karakter. Saya menyadari karakter itu sangat penting. Jika karakter dibangun dengan baik, maka sumber daya manusia bisa kita andalkan untuk membangun negara ini dengan berkualitas” ujar I Nyoman Suwirta.

Pada kesempatan yang sama, Suwirta juga menyatakan bahwa konsep Kurikulum Merdeka ini selain mengikuti talenta dari anak-anak, juga diharapkan bisa mengadopsi kearifan lokal yang ada. “Oleh sebab itu saya berharap kepada guru bisa menerjemahkan Kurikulum Merdeka ini untuk menciptakan anak-anak yang berkualitas, berkarakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila,” tutur Bupati Suwirta.

3. Memotret berbagai praktik baik implementasi Kurikulum Merdeka

Kabupaten Klungkung Dukung Implementasi Kurikulum Merdeka Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) terus melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah, organisasi-organisasi guru, dan pemangku kepentingan lainnya untuk terus memberikan pemahaman terkait Kurikulum Merdeka agar tidak terjadi miskonsepsi. (Dok. Kemdikbudristek)

Kunjungan Irsyad ke Bali terdiri dari dua agenda utama, yakni pertemuan dengan pemerintah daerah dan kunjungan ke Sekolah Dasar (SD) Negeri 1 Semarapura dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Semarapura untuk memotret berbagai praktik baik implementasi Kurikulum Merdeka serta memantau persiapan Asesmen Nasional.

Kepala Sekolah SMPN 3 Semarapura, David Setiyanto, menyatakan komunitas belajar intra maupun antarsekolah di Kabupaten Klungkung sangat aktif melakukan beberapa kegiatan kolaborasi.

“Di tingkat kabupaten, komunitas belajar antarsekolah telah banyak diisi dengan pemberdayaan guru dan berbagi praktik baik terkait pembelajaran,” jelas David.

David menjelaskan, selain dengan pemerintah, ia juga berkolaborasi dengan lembaga swasta yang peduli dalam bidang pendidikan untuk membantu kami mempelajari dan memahami konsep Kurikulum Merdeka. Kolaborasi ini dilakukan dengan inisiatif mengundang narasumber terkait untuk memberikan materi dan penguatan yang berfokus kepada profil pelajar Pancasila.

“Setelah memahami hal tersebut, kami melakukan aksi nyata langsung dengan membuat proyek gaya hidup berkelanjutan, seperti membuat sampah menjadi barang jadi, dan saya juga berharap melalui proyek ini, anak-anak bisa cinta lingkungan dan jaga kebersihan,” ungkap David.

Kebijakan penerapan kurikulum dalam rangka pemulihan pembelajaran telah diatur dalam Kepmendikbudristek No 56 Tahun 2022. Dalam peraturan tersebut disebutkan bagi satuan pendidikan yang memilih mengimplementasikan Kurikulum Merdeka dapat melakukannya melalui jalur mandiri, yakni mandiri belajar, mandiri berubah, dan mandiri berbagi.

Kepala satuan pendidikan dan guru dapat mempelajari Kurikulum Merdeka dan kebijakan kurikulum lainnya melalui laman resmi kurikulum.kemdikbud.go.id dan Platform Merdeka Mengajar (PMM). PMM menyediakan pula beragam perangkat ajar serta ruang berbagi karya dan metode pembelajaran sehingga mendukung para guru dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka.

Bagi pemerintah daerah, kepala satuan pendidikan, guru, dan masyarakat umum yang masih memiliki pertanyaan terkait implementasi Kurikulum Merdeka dapat menghubungi pusat bantuan (help desk) terpadu menggunakan aplikasi Whatsapp (omnichat) pada nomor +62812-8143-5091. (WEB)

Baca Juga: Progate dan Kemdikbudristek Hadirkan Program Pelatihan Coding Gratis

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya