Kader PKK Dapat Jadi Agen Pemutus Penyebaran COVID-19

Dalam hal ini Kader PKK dapat mendukung nakes

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK), Tri Tito Karnavian, mendorong para kader PKK untuk dapat menekan dan mencegah penyebaran Covid-19. Menurut Tri, keberadaan kader PKK tentu mendukung kinerja dokter, tenaga kesehatan dan aparat keamanan dalam memutus penularan Covid-19.

Tri menyampaikan itu saat membuka Gerakan Keluarga Sehat Tanggap dan Tangguh Bencana, yang diselenggarakan oleh TP PKK Kalimantan Selatan.

"Saya berharap semua kader PKK harus menjadi agen pemutus rantai COVID-19. Itu harus dibuktikan. Tidak sesaat, namun bisa dilaksanakan secara berkesinambungan,” imbau Tri Tito Karnavian saat hadir membuka acara secara virtual, Senin (12/7/2021).

1. Ibu-ibu jadi garda terdepan melindungi keluarga dari COVID-19

Kader PKK Dapat Jadi Agen Pemutus Penyebaran COVID-19Ketua Umum Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK), Tri Tito Karnavian (Dok. Kemendagri)

Tri pun meminta secara berjenjang semua kader ibu PKK mulai kabupaten, kecamatan, desa/kelurahan sampai RT/RW meneguhkan diri menjadi satgas keluarga. Langkah nyatanya dengan disiplin mengingatkan anak-anak dan suami agar patuh protokol kesehatan.

"Ibu-ibu harus menjadi garda terdepan untuk melindungi keluarga dari penularan virus (Covid-19)," tegas Tri.

Baca Juga: PPKM Darurat, Kemendagri Minta Pemda Percepat Salurkan Bansos ke Warga

2. Kader PKK dapat aktif terlibat di lingkungan masing-masing

Kader PKK Dapat Jadi Agen Pemutus Penyebaran COVID-19Pj Ketua TP PKK Kalsel, Safriati Safrizal. (Dok. Kemendagri)

Pj Ketua TP PKK Kalsel, Safriati Safrizal, mengungkapkan hal senada. Ia meminta kader PKK terlibat aktif di wilayah masing-masing untuk memberikan penyuluhan stunting dan bahayanya Covid-19.

"Melalui gerakan ini, diharapkan individu, keluarga, dan masyarakat mampu menolong dirinya sendiri, juga tanggap dan tangguh bencana,” tutup Safriati.

3. Para stakeholder hadir pada acara launching dan sosialisasi Gerakan Keluarga Sehat Tanggap dan Tangguh Bencana

Kader PKK Dapat Jadi Agen Pemutus Penyebaran COVID-19Ilustrasi Keluarga. IDN Times/Mardya Shakti

Hadir dalam acara, Sekretaris Ditjen Bina Adwil Kemendagri, Indra Gunawan, Penjabat Gubernur Kalsel Safrizal ZA, perwakilan Wali Kota Banjarmasin dan Bupati Banjar, serta perwakilan TP PKK kabupaten kota se-Kalsel. Acara launching dan sosialisasi Gerakan Keluarga Sehat Tanggap dan Tangguh Bencana diadakan di Mahligai Pancasila, Banjarmasin. (WEB)

Baca Juga: Kemendagri Sebut Ada 58 Kabupaten/Kota Tak Berinovasi, Ini Daftarnya

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya