Keppres Disahkan, Kado Terindah HUT Ke-54 KADIN Indonesia  

KADIN satu-satunya payung organisasi dunia usaha di RI 

Jakarta, IDN Times - Memasuki usia ke-54 tahun sejak didirikan pada 1968,  Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia mengambil peran sebagai induk organisasi dunia usaha di Indonesia serta menjadi wadah bagi para pengusaha nasional untuk dapat menyuarakan  aspirasi yang berkaitan dengan dunia usaha di Indonesia.  

Merayakan ulang tahunnya dengan Golf Tournament dan Syukuran bersama jajaran pengurusnya  hari ini di Driving Range Pondok Indah, KADIN Indonesia kembali tekankan tekadnya dalam  mendukung dan mendorong pembangunan negeri bersama dengan Pemerintah, Sabtu (24/9/2022). 

Sebagai mitra strategis pemerintah yang adaptif serta responsif, KADIN Indonesia juga berperan  penting dalam mendorong percepatan pemulihan perekonomian Indonesia yang terdampak  pandemik COVID-19, memaksimalkan potensi dunia usaha di Indonesia, juga berperan sebagai  penggerak perekonomian nasional.  

Ketua Umum KADIN Indonesia, Arsjad Rasjid mengatakan KADIN Indonesia hadir untuk  membantu dan mendukung membangun dunia usaha bersama dengan pemerintah guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. KADIN Indonesia juga terus  memberikan pembinaan kepada UMKM daerah agar dapat berkembang dan bersinergi dengan  pemerintah dalam persiapan daerah Tala sebagai penyongsong Ibu Kota Nusantara. 

Empat pilar tersebut adalah pemulihan kesehatan dan pengembangan industri kesehatan nasional,  peningkatan ekonomi daerah dan nasional, peningkatan kewirausahaan, serta penguatan internal  organisasi dan regulasi.  

1. Empat pilar sebagai fondasi KADIN Indonesia

Keppres Disahkan, Kado Terindah HUT Ke-54 KADIN Indonesia  Ketua Umum KADIN Indonesia Arsjad Rasjid (Dok. KADIN Indonesia)

Pada perayaan hari jadi KADIN Indonesia yang ke-54, Arsjad juga berbagi cerita tentang  perjalanan KADIN Indonesia dengan menggunakan empat pilar tersebut sebagai fondasi bagi KADIN  Indonesia. Salah satunya mengenai masa awal kepemimpinannya yang dimulai saat seluruh  dunia, termasuk Indonesia dilanda pandemi Covid-19. 

“Meski dunia saat ini sedang dilanda banyak sekali tantangan-tantangan global, namun dengan  adanya 4 pilar ini, KADIN Indonesia berhasil untuk tetap mencetak banyak pencapaian terutama  untuk meningkatkan perekonomian Indonesia,” ucap Arsjad.  

Arsjad juga menambahkan, banyak sekali program dan capaian yang diciptakan oleh KADIN  Indonesia yang berlandaskan pada 4 pilar tersebut. Contohnya seperti program vaksinasi gotong  royong dan program rumah oksigen gotong royong yang berlandaskan pada pilar penguatan  kesehatan. Kemudian, program pengungkapan sukarela (PPS), net zero hub, dan kemitraan  closed-loop yang berlandaskan pada pilar penguatan ekonomi nasional dan daerah. Lalu program  wikiwirausaha dan pokja vokasi KADIN Indonesia yang berlandaskan pilar pengembangan  kewirausahaan dan kompetensi. 

Tak hanya itu, salah satu capaian terbesar KADIN Indonesia adalah sempurnanya AD/ART KADIN  Indonesia yang berlandaskan pada pilar penguatan internal organisasi KADIN Indonesia. Di mana  hasil AD/ART yang sudah disempurnakan kemudian disahkan menjadi Keppres, sehingga  menekankan bahwa hanya ada satu KADIN di Indonesia sebagai satu-satunya payung organisasi  dunia usaha di Indonesia.  

“Salah satu kado terindah dalam perayaan HUT KADIN Indonesia ke-54 adalah disahkannya  Keputusan Presiden Nomor 18 Tahun 2022 tentang penyempurnaan AD/ART KADIN Indonesia hasil  Munassus KADIN Indonesia 2022. Dengan disahkannya Keppres ini menekankan bahwa hanya  ada satu KADIN di Indonesia sebagai satu-satunya payung organisasi dunia usaha di Indonesia,”  ucap Arsjad.  

Baca Juga: KADIN Bentuk Program Penurunan Emisi Karbon Jadi 29 Persen

2. Keppres juga memberikan kepastian hukum untuk memperkuat posisi dan peranan KADIN di Indonesia

Keppres Disahkan, Kado Terindah HUT Ke-54 KADIN Indonesia  Merayakan ulang tahunnya dengan Golf Tournament dan Syukuran bersama jajaran pengurusnya hari ini di Driving Range Pondok Indah, KADIN Indonesia kembali tekankan tekadnya dalam mendukung dan mendorong pembangunan negeri bersama dengan Pemerintah, Sabtu (24/9/2022). (Dok. KADIN Indonesia)

Tak hanya itu, disahkannya Keppres semakin menguatkan konsolidasi internal organisasi KADIN Indonesia sebagai satu-satunya induk organisasi dunia usaha di Indonesia yang lahir berdasarkan Undang Undang dan mempunyai peran memberdayakan potensi dunia usaha yang ada diseluruh wilayah Indonesia.

Arsjad juga menambahkan, disahkannya Keppres, juga memberikan kepastian hukum untuk memperkuat posisi dan peranan KADIN di Indonesia sehingga dapat memperkuat kepercayaan rakyat terhadap KADIN Indonesia.

Menurut Arsjad, menjadi nahkoda baru bagi KADIN Indonesia selama periode 2021-2026 menjadi tanggung jawab yang cukup berat karena harus menavigasi pemulihan dunia usaha di tengah krisis ekonomi akibat pandemi. Namun, sambungnya, semua itu bisa dilalui dengan bantuan semua pengurus dan juga KADIN Provinsi.

Arsjad juga mengatakan, sebagai mitra strategis pemerintah, KADIN Indonesia terus mendukung langkah upaya pemulihan ekonomi nasional, tetapi juga berani menyampaikan kritik konstruktif jika kebijakan pemerintah dinilai keliru dan inkonsisten.

“Kami akan terus membantu pemerintah mendorong pembangunan ekonomi nasional dan daerah untuk mewujudkan Indonesia Emas di tahun 2045 mendatang, di mana Indonesia dapat menjadi negara dengan kekuatan ekonomi terbesar ke-5 di dunia. Maka dari itu, penyempurnaan AD/ART yang kami lakukan bulan Juni lalu akan mengokohkan posisi KADIN Indonesia,” tambah Arsjad.

3. KADIN Indonesia sebagai rumah bagi para pengusaha yang tumbuh secara inklusif dan kolaboratif

Keppres Disahkan, Kado Terindah HUT Ke-54 KADIN Indonesia  Merayakan ulang tahunnya dengan Golf Tournament dan Syukuran bersama jajaran pengurusnya hari ini di Driving Range Pondok Indah, KADIN Indonesia kembali tekankan tekadnya dalam mendukung dan mendorong pembangunan negeri bersama dengan Pemerintah, Sabtu (24/9/2022). (Dok. KADIN Indonesia)

Wakil Ketua Umum Bidang Industri Olahraga Irawadi Hanafi sekaligus Ketua Pengarah HUT ke-54 KADIN Indonesia pada kesempatan kali ini menyampaikan kepengurusan KADIN Indonesia di bawah kepemimpinan Arsjad Rasjid ini telah banyak menghasilkan kegiatan-kegiatan yang telah menjadikan KADIN Indonesia sebagai rumah bagi para pengusaha yang tumbuh secara inklusif dan kolaboratif.

“KADIN Indonesia saat ini juga berhasil memposisikan jati dirinya sebagai organisasi di bidang perekonomian yang handal sebagai mitra sejajar pemerintah yang efektif dalam memberdayakan ekonomi daerah dan pembangunan ekonomi nasional,” ujar Irawadi.

Acara perayaan HUT KADIN Indonesia ke-54 ini dihadiri oleh seluruh pengurus KADIN Indonesia, serta dimeriahkan oleh penampilan dari Lea Simanjuntak, G-Pluck The Beatles, dan KBK Nusantara Dance. (WEB)

Baca Juga: KADIN Bentuk Komite Tiongkok untuk Tarik Investor China

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya