Kemensos Salurkan Bantuan Pemberdayaan bagi Korban Bencana NTT 

Pemberdayaan ekonomi masyarakat NTT perlu dilakukan

Jakarta, IDN Times – Kementerian Sosial RI melanjutkan penyaluran bantuan bagi warga korban bencana di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Alhamdulillah dibantu Kompas, SCTV, Kitabisa, dan komunitas yang akan bantu bangun rumah,” ujar Menteri Sosial Tri Rismaharini usai rapat pembahasan pembangunan pascabencana banjir bandang NTT, di Jakarta, Jumat (4/6/2021).

Bantuan yang disalurkan tentu saja, kata Mensos, memastikan pembangunan yang diberikan kepada warga di wilayah yang memang belum tersentuh bantuan.

“Kami pastikan pembangunan yang diberikan bagi warga korban bencana di lokasi yang memang belum tersentuh bantuan,” katanya.

1. Alokasi bantuan untuk korban bantuan NTT

Kemensos Salurkan Bantuan Pemberdayaan bagi Korban Bencana NTT Ilustrasi bantuan sosial. ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan

Untuk diketahui, dana yang berasal Kemensos akan digunakan untuk pemberdayaan, sedangkan dari lembaga atau instansi untuk pembangunan dan perbaikan sarana. 

“Dari Kemensos akan digunakan untuk pemberdayaan warga, dan dari instansi untuk pembangunan berbagai sarana warga,” kata Mensos.

Terlebih di Timur Tengah Utara (TTU), perbatasan darat negara Timor Leste, rumah warga hancur dan termasuk sarana dan infrastruktur. 

“Jadi, di daerah yang belum tersentuh akan konsentrasi membangun rumah termasuk pembuatan sarana air bersih bagi warga,” katanya. 

Baca Juga: Kemensos Akan Transformasikan Transaksi E-Warong ke Platform Digital

2. Pembangunan komprehensif NTT bakal dilanjutkan

Kemensos Salurkan Bantuan Pemberdayaan bagi Korban Bencana NTT Ilustrasi infrastruktur (IDN Times/Arief Rahmat)

Kondisi geografis pun menjadikan sungai-sungai di sana sejajar dengan jalan sehingga air melintasi permukiman warga setempat.

“Dengan geografis sungai-sungai yang rata dengan jalan tersebut menjadikan harus ada upaya untuk normalisasi sungai,” tutur Mensos.

Selain itu, pembangunan dilanjutkan secara komprehensif, misalnya membangun perpustakaan yang didukung Telkom untuk penyediaan akses internet. 

“Di perpustakaan akan disediakan akses internet yang akan dibantu Telkom sedangkan buku-buku bacaan dibantu oleh Kompas,” katanya.

3. Kemensos bakal memetakan pembangunan NTT

Kemensos Salurkan Bantuan Pemberdayaan bagi Korban Bencana NTT Menteri Sosial Tri Rismaharini (Instagram.com/tri.rismaharini)

Selain itu, pemberdayaan ekonomi masyarakat perlu dilakukan agar dapat menangani stunting dengan penyediaan ternak ayam petelur yang setiap hari bertelur.

“Kita akan bantu untuk ternak ayam petelur yang bisa dikonsumsi setiap hari agar warga bisa memenuhi kebutuhan protein,” tandasnya.

Untuk melanjutkan pembangunan akan ada pemetaan pekan ini dan dilanjutkan dengan tindakan dan koordinasi dengan pemda setempat.

“Kami akan koordinasi dengan pemda setempat untuk melanjutkan pembangunan, sehingga jangan ada masalah izin,” tandas Mensos.

Baca Juga: Kemensos Atur Strategi Pemulangan 7.300 PMI Bermasalah

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya