Wujudkan Kesetaraan Gender, Madiun Raih Anugerah Parahita Ekapraya

Madiun dapat penghargaan untuk 2020 dengan kategori Madya

Madiun, IDN Times - Upaya Pemerintah Kota Madiun mewujudkan kesetaraan gender berbuah manis. Kota Pendekar mendapatkan penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) baru-baru ini. Kota Madiun mendapatkan penghargaan untuk 2020 dengan kategori Madya. 

Penghargaan itu berangkat dari hasil evaluasi pelaksanaan strategi Pengarusutamaan Gender (PUG) di daerah. Kota Madiun dinilai layak mendapatkan penghargaan itu lantaran cukup banyaknya peran perempuan di berbagai bidang. 

“Di kota ini tidak membeda-bedakan atas jenis kelaminnya. Saya tidak melihat itu laki-laki atau perempuan. Di lingkup pemerintah, ada banyak jabatan yang ditempati perempuan dan hasilnya cukup baik,” kata Wali Kota Madiun Maidi, Senin (27/9/21).

Baca Juga: Wali Kota Madiun Wajibkan Prokes Ketat Saat Pelaksanaan PTM di Sekolah

1. Peran perempuan banyak terlihat di Madiun

Wujudkan Kesetaraan Gender, Madiun Raih Anugerah Parahita EkaprayaWali Kota Madiun berfoto dengan piala dan piagam Anugerah Parahita Ekapraya. (madiuntoday.id)

Tidak hanya terjadi di Pemkot Madiun, peran perempuan juga banyak terlihat di DPRD Kota Madiun. Setidaknya ada tujuh anggota dewan dari kaum hawa pada periode saat ini. Wali kota menambahkan masyarakat juga selalu diingatkan agar tidak memandang remeh kaum perempuan. Sebab, perempuan juga banyak memiliki kelebihan. 

Wali kota Maidi membuktikan dari sejumlah kelurahan yang dipimpin lurah perempuan dapat berkembang tak kalah menarik. Menurutnya, dari program Lapak UMKM di tiap kelurahan itu bisa terlihat. 

“Kalau lurahnya perempuan, lapaknya akan berbeda. Lebih ada sentuhan keindahan dan erat kaitannya dengan alam. Seperti bunga dan tanaman lainnya,’’ ungkapnya.

2. Harapan Wali Kota Maidi akan peran perempuan di Madiun

Wujudkan Kesetaraan Gender, Madiun Raih Anugerah Parahita EkaprayaAcara pertemuan rutin Dharma Wanita Persatuan di Madiun, Kamis (16/9/21) (Instagram/Pemkotmadiun_)

Wali Kota Maidi berharap peran perempuan semakin ditingkatkan ke depan. Caranya dengan banyak tampil ke depan. Ia optimistis lebih bada banyak perempuan-perempuan luar biasa di Kota Madiun. Namun, belum terlihat karena mereka banyak diam. Karenanya, Maidi terus mendorong kaum perempuan untuk tidak hanya menjadi pendamping suami, tetapi juga berperan aktif dalam bidang lain. 

Maidi mengatakan, pihaknya telah melakukan berbagai kegiatan untuk memberikan kesetaraan gender. Mulai dari mendukung program pemberdayaan perempuan, peningkatan indeks pembangunan manusia (IPM) di Kota Madiun, hingga peningkatan angka harapan hidup masyarakat.

Selain itu, pihaknya juga membangun fasilitas untuk mendukung kebutuhan masyarakat. Tak hanya itu, Pemkot Madiun juga memberikan kesempatan kepada perempuan untuk memiliki jabatan sesuai dengan kualifikasi masing-masing. 

“Dengan meraih penghargaan ini berarti program PUG di Kota Madiun sudah berjalan dengan baik. Kami optimis bisa meraihnya. Tentu nantinya akan terus ditingkatkan,” tutur  Maidi.

3. Seputar Anugerah Parahita Ekapraya

Wujudkan Kesetaraan Gender, Madiun Raih Anugerah Parahita EkaprayaWali Kota Madiun bagi-bagi sembako dan masker, Jumat (3/9/2021). (Instagram/Pemkotmadiun_)

Sebelumnya, Wali Kota Madiun Maidi mengikuti kegiatan verifikasi lapangan penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2020 yang digelar oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Senin (22/3/21). 

Kegiatan yang dilakukan secara virtual dari Gedung GCIO Diskominfo Kota Madiun ini turut dihadiri Wakil Wali Kota Madiun Inda Raya Ayu Miko Saputri, Ketua TP PKK Yuni Setyawati Maidi, serta sejumlah kepala OPD terkait lainnya. 

Acara ini bertujuan untuk melihat lebih dalam data dan informasi pengarusutamaan gender berdasarkan pengisian formulir evaluasi. Dengan begitu, tim penilai memperoleh data yg lebih lengkap, komprehensif, dan objektif sebagai dasar pertimbangan dalam menominasikan calon penerima anugerah Parahita Ekapraya (APE) .

“Tadi sudah kami paparkan data-data dari Kota Madiun. Semoga bisa menjadi pertimbangan dewan juri dan kita bisa meraih penghargaan ini,” tutur Maidi.

Seperti diketahui, APE merupakan penghargaan yang diberikan kepada pemerintah daerah yang dinilai berkomitmen dalam pencapaian dan perwujudan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan, dan perlindungan anak, serta memenuhi kebutuhan anak. Dengan demikian dapat mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam Strategi Pengarusutamaan Gender (PUG) di daerah tersebut. (WEB)

Baca Juga: Pacu Pemulihan Ekonomi, Pemkot Madiun Buka Lapak UMKM Kelurahan

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya