Wali Kota Semarang Pastikan Jembatan Kaca Tinjomoyo Dibangun 2021 

Jembatan Kaca Tinjomoyo merupakan proyek unggulan Semarang

Semarang, IDN Times - Jembatan kaca hutan wisata Tinjomoyo merupakan salah satu proyek unggulan Pemerintah Kota Semarang yang seharusnya dikerjakan tahun ini. Pandemik Covid-19 membuat proyek tersebut tertunda akibat terdampak refocusing anggaran Pemerintah Kota Semarang pada 2020 yang lebih berkonsentrasi pada penanganan virus corona.

Jelang pergantian tahun, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi akhirnya memutuskan kembali mengupayakan berjalannya proyek jembatan kaca tersebut pada 2021 sebagai bagian dari proyek strategis yang sebelumnya tertunda.

Baca Juga: 5 Spot Paling Instagenic di Kota Semarang, Bisa Didatangi dalam Sehari

1. Pembangunan jembatan kaca Tinjomoyo menjadi prioritas

Wali Kota Semarang Pastikan Jembatan Kaca Tinjomoyo Dibangun 2021 Ilustrasi jembatan kaca Tinjomoyo/Dok. Pemkot Semarang

Wali Kota Semarang yang akrab disapa Hendi tersebut mengatakan pembangunan jembatan kaca hutan wisata Tinjomoyo menjadi prioritas guna mendorong bangkitnya perekonomian Kota Semarang, dengan berfokus pada kegiatan perdagangan dan jasa sejak 2016 , yang bertumpu pada sektor pariwisata.

Hendi mengharapkan adanya objek wisata jembatan kaca di Kota Semarang, mampu memperkuat daya tarik kota yang dipimpinnya tersebut dan kembali menggairahkan perputaran ekonomi.

2. Jembatan kaca Tinjomoyo diharapkan menguntungkan dari segi promosi kota

Wali Kota Semarang Pastikan Jembatan Kaca Tinjomoyo Dibangun 2021 ilustrasi Kota Semarang/ilmubudaya.com

Wali Kota Hendi sendiri mengungkapkan, jembatan kaca yang akan dibangun nantinya dibuat khusus untuk wisata, dan dilengkapi efek kaca pecah yang mampu menantang adrenalin pengunjung.

"Secara teknis kami persiapkan agar jembatan kaca ini memiliki atraksi tertentu. Hal tersebut kemudian dapat mendorong pengunjung untuk mengunggahnya ke media sosial, di mana ini juga menguntungkan dari segi promosi kota," kata Hendi. 

"Salah satunya nanti ada efek kaca pecah di tengah jembatan yang bisa memacu jantung wisatawan," imbuh Hendi.

Baca Juga: Perajin Rumah Arwah Jatuh Bangun Jaga Tradisi Warga Tionghoa Semarang

3. Anggaran jembatan kaca Tinjomoyo Rp12 miliar

Wali Kota Semarang Pastikan Jembatan Kaca Tinjomoyo Dibangun 2021 Ilustrasi anggaran (IDN Times/Arief Rahmat)

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Semarang Sih Rianung secara detail menerangkan, jembatan kaca itu nantinya akan dibangun melintasi Sungai Kaligarang yang berdekatan dengan hutan wisata Tinjomoyo. 

“Panjangnya 64 meter, lebar 2,5 meter, tinggi 15 meter, memang tidak setinggi yang ada di luar negeri, tapi kami upayakan agar tidak kalah menarik,” jelas Rianung. 

"Anggarannya yang disiapkan sebesar Rp12 miliar. Untuk Dinas PU sendiri sudah mempersiapkan kelengkapan berkas lelangnya, dengan harapan awal tahun 2021 bisa segera ditayangkan," tambahnya. CSC

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya