Pos Indonesia Salurkan Bansos Tunai VII Kemensos Rp354 Miliar di Jateng

Sebesar 97 persen bantuan sudah disalurkan di Jateng

Semarang, IDN Times - Sebanyak 50 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) hadir mewakili 2.372 warga Desa Banyubiru, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, mendapatkan bantuan sosial (bansos) dari Kementerian Sosial (Kemensos). Bansos tersebut diharapkan dapat mengurangi beban masyarakat saat pandemik Covid-19.

Bansos yang disalurkan Kemensos terdiri atas Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) program sembako, bansos tunai, dan bansos tunai kartu sembako non-Program Keluarga Harapan (PKH). Untuk penerima bantuan pangan nontunai program sembako di Kecamatan Banyubiru terdapat 2.959 KPM yang tersebar di 10 desa. Untuk penerima bansos tunai terdapat 2.361 KPM yang tersebar di 10 desa. Adapun untuk penerima bansos tunai kartu sembako nonprogram keluarga harapan (PKH) terdapat 1.545 KPM yang tersebar di 10 desa.

"Kebijakan tersebut diambil untuk melakukan penyelamatan atas kondisi penurunan daya beli masyarakat Indonesia, dan menjaga kesehatan masyarakat di tengah pandemik Covid-19," ujar Menteri Sosial (Mensos) Juliari P Batubara saat menghadiri kegiatan Penyaluran Bantuan Sosial Tunai Tahun 2020, Selasa (3/11/2020).

Baca Juga: Pos Indonesia Salurkan Bantuan Sosial Tunai di Provinsi Bali 

1. Pos Indonesia optimistis penyaluran bansos tunai berjalan baik dan tuntas

Pos Indonesia Salurkan Bansos Tunai VII Kemensos Rp354 Miliar di JatengPenyaluran bansos tunai di Jateng, Selasa (3/11) (Dok. Pos Indonesia)

Mensos Juliari menjelaskan, program jaring pengaman sosial bansos tunai sesuai dengan Keputusan Menteri Sosial Nomor 54/HUK/2020 tentang Pelaksanaan Bantuan Sosial Sembako dan Bantuan Sosial Tunai Dalam Penanganan Dampak Corona Virus Disease 2019 (Covid -19).
Bansos tunai (BST) merupakan bantuan berupa uang yang diberikan kepada keluarga miskin, tidak mampu, dan/atau rentan yang terkena dampak pandemik Covid-19. Bansos tunai tersebut akan disalurkan kepada sembilan juta KPM selama sembilan bulan, dengan nilai bantuan sebesar Rp600 ribu per KPM per bulan untuk April hingga Juni. Lalu nilai bantuan Rp300 ribu per bulan untuk bulan Juli hingga Desember 2020.

Direktur Utama PT Pos Indonesia Faizal Rochmad Djoemadi menyatakan dukungan terhadap kelancaran program BST. Dari tahap 1 sampai 7 ini pelaksanaan BST Pos terus berbenah dalam pendataan KPM BST. Untuk wilayah Jawa Tengah mencapai 97 persen sudah tersalurkan BST
dengan baik dengan nominal Rp354.612.000.000,- .

“Pos Indonesia optimistis penyaluran BST tahap lanjutan ini dapat berjalan dengan baik dan tuntas sesuai target yang ditetapkan pemerintah dengan terus mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki, memperbanyak titik layanan, memperpanjang jam layanan, serta memperluas kerja sama komunitas di daerah," ucap Faizal.

2. Selain Kemensos, Pos Indonesia juga menyalurkan bantuan dari Kemendesa

Pos Indonesia Salurkan Bansos Tunai VII Kemensos Rp354 Miliar di JatengMensos Juliari (Dok. Kemensos)

Sementara itu, Direktur Layanan Keuangan PT Pos Indonesia Charles Sitorus menyampaikan Pos Indonesia saat ini juga
menyalurkan bantuan tambahan dari Kemendesa. Penyaluran bantuan ini dimulai ditahap VIII bersamaan dengan penyaluran BST tahap 8 dan 9 untuk November dan Desember 2020. Bantuan itu diharapkan dapat mempercepat pemulihan ekonomi di Indonesia dan memperkuat ketahanan pangan warga terdampak Covid-19.

Adapun bantuan Pangan Non Tunai Kartu Sembako berupa uang Rp200 ribu per KPM per bulan untuk membeli bahan pangan di e-warong yang diberikan kepada KPM peserta PKH dan Non-PKH yang terdata di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Bansos tersebut diberikan kepada 20 juta KPM.

"Hingga saat ini, pelaksanaan Bantuan Sosial Tunai disalurkan PT Pos Indonesia dan Himbara. Bantuan Pangan Non Tunai Program Sembako oleh Himbara," kata Juliari.

Untuk penerima Bantuan Program Sembako Kabupaten Semarang sebanyak eksisting 45.376 dan perluasaan bantuan yang terdampak Covid-19 sebanyak 129.924 disalurkan oleh BNI.

3. Penyaluran bansos tunai akan dilanjutkan hingga 2021

Pos Indonesia Salurkan Bansos Tunai VII Kemensos Rp354 Miliar di JatengKemensos salurkan bansos pada petugas pemakaman DKI Jakarta (Dok. Kemensos)

Juliari juga menyampaikan bahwa penerima bantuan sosial tunai dilanjutkan hingga 2021 untuk menjaga ketahanan ekonomi nasional sejumlah 10 juta KPM pada 34 provinsi. Penyaluran dilaksanakan selama enam bulan dari Januari hingga Juni 2021 dengan total anggaran Rp12 triliun.

"Demikian juga bansos pangan program sembako untuk 18,8 juta KPM dengan total anggaran total Rp45,12 triliun," kata Juliari.

Pada kesempatan itu, Juliari menyaksikan transaksi bansos tunai oleh PT Pos Indonesia dan transaksi bantuan pangan nontunai kartu sembako oleh BNI melalui e-warong dan menyaksikan penarikan bansos tunai melalui Himbara di ATM BNI Layanan Gerak/ BLG.

"Dalam penyaluran bantuan, tetap menekankan penerapan protokol kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19, sehingga pandemik Covid-19 diharapkan segera berakhir," kata Direktur Jenderal Penanganan Fakir Miskin (PFM) Kemensos Asep Sasa Purnama.

Turut hadir pada kegiatan tersebut pihak Dirut PT Pos Indonesia Faisal Rohmad Djoemadi, Direktur Jaringan dan Layanan Keuangan PT Pos Indonesia (Persero) Charles Sitorus, Direktur Wilayah 2 PFM Wayan Wiryawan, pejabat eselon 1 dan 2 Kemensos, Herry Setiadi Munawir Head Of Customer Reatil BNI Antar Wilayah Semarang, perwakilan BNI Ichsan Iskandar, Bupati Semarang Mundjirin, Kepala Dinas Sosial Jawa Tengah, Dinas Sosial Kabupaten Semarang, Camat Banyubiru, dan Kepala Desa Banyubiru. CSC

Baca Juga: Selama Pandemik, Pak Pos dan Ojol Ditugasi Antar Akta Kelahiran Warga

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya