Bertemu Menpora, PWI Sampaikan Rencana Jelajah Kebangsaan Wartawan 

Kegiatan Jelajah Kebangsaan Wartawan bakal dimulai 17 Agustus

Jakarta, IDN Times - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali menerima kunjungan Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Atal Sembiring Depari di kantor Kemenpora, lantai 10, Jakarta Pusat, Kamis (10/6). 

Kedatangan Ketua Umum PWI Pusat dan rombongan ini untuk menyampaikan rencana kegiatan PWI, yakni Touring Ekspedisi Jelajah Kebangsaan Wartawan (JKW) Keliling Nusantara yang akan dilakukan salah satu anggota PWI, Yani Krishnayanni. 

"PWI mensponsori Ibu Yani keliling Indonesia. Event-nya Jelajah Kebangsaan  Wartawan (JKW). Kenapa dinamakan Jelajah Kebangsaan karena akan diberangkatkan pada tanggal 17 Agustus," kata Atal menyampaikan kepada Menpora Amali. 

1. Yani seorang wartawati akan menjelajah Indonesia selama empat bulan

Bertemu Menpora, PWI Sampaikan Rencana Jelajah Kebangsaan Wartawan thegorbalsla.com

Atal melanjutkan, dalam menjelajahi Indonesia, Yani akan mengendarai sepeda motor keliling Indonesia selama empat bulan dengan jarak 17 ribu kilometer, yang dimulai dari Jakarta hingga ke Aceh. Kemudian akan melewati Kepulauan Riau, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, hingga ke Papua. 

"Jadi ini putri pertama Indonesia yang mengelilingi Indonesia dengan sepeda motor dan dia adalah wartawati. Karena itu saya kira kita harus lahirkan putri yang luar biasa ini untuk menjelajah Indonesia," ujarnya. 

Baca Juga: Kemenpora Cari Atlet Junior, 400 Pelajar di Konawe Utara Ikut Seleksi

2. Menpora menyambut baik Jelajah Kebangsaan Wartawan

Bertemu Menpora, PWI Sampaikan Rencana Jelajah Kebangsaan Wartawan Menpora Zainudin Amali. (Dok. Kemenpora)

Dalam perjalanannnya dengan sepeda motor tersebut, Yani akan mendaki Seven Summits Indonesia atau tujuh gunung tertinggi di Indonesia. "Dan dia akan mengibarkan bendera Merah Putih dan rencana perjalanan selama empat bulan," ungkapnya. 

Sementara itu, Menpora Amali menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan Jelajah Kebangsaan Wartawan (JKW) Keliling Nusantara yang dilakukan PWI tersebut. 

"Terima kasih, sudah mampir ke tempat kami, dan apa yang disampaikan Jelajah Kebangsaan Wartawan. Kami sambut baik, saya kira ini bagus. Prakarsa dari PWI kami sambut baik dan apresiasi apabila ada hal yang butuh dukungan dari tempat kami, kita dukung," kata Menpora Amali. 

3. Yani juga bakal menuliskan informasi terkait pembinaan di daerah

Bertemu Menpora, PWI Sampaikan Rencana Jelajah Kebangsaan Wartawan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) melalui Asdep Pembibitan dan Iptek Olahraga pada Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga menggelar kegiatan diseminasi ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) olahraga di Gorontalo. (Dok. Kemenpora)

Menpora Amali berharap, dalam perjalanan mengelilingi Indonesia, Yani dapat menginformasikan situasi di daerah terutama terkait dengan pembinaan olahraga. 

"Di samping Ibu Yani ini bisa menjelajah, juga bisa informasikan karena wartawan jalan sambil nulis. Jadi bisa menginformasikan situasi yang terjadi di sana (daerah). Di Kemenpora saya titip lihat-lihat bagaimana pembinaan keolahragaan kita di sana," jelasnya. 

Sebab, kata Menpora Amali, saat ini pemerintah melalui Kemenpora dan stakeholder olahraga tengah menyusun grand design olahraga nasional. Hal itu dilakukan sebagai tindak lanjut atas perintah Presiden Joko Widodo untuk me-review kembali pola pembinaan atlet berprestasi nasional. 

"Pada saat Haornas Pak Presiden memberikan arahan sekaligus memerintahkan kepada saya untuk me-review total pola pembinaan prestasi olahraga nasional. Pak Jokowi bilang, kita 260 juta masa tidak ada atlet yang berprestasi, berarti ada yang salah terkait dengan talenta, dukungan sport science dan lain sebagainya. Grand design olahraga nasional tersebut saat ini tengah disusun perpres sebagai dasar hukum untuk bisa diberlakukan. Nanti insyaallah kalau Perpres sudah selesai, kita kirim ke PWI," kata Menpora.

Pada kesempatan ini, Menpora Amali didampingi Plt Asdep Standarisasi dan Infrastruktur Olahraga Kemenpora, Firtian Judiswandarta dan Kabag Humas Kemenpora, Abdul Muslim. Sementara itu, Ketua Umum PWI didampingi Kabid Kerja Sama Antar Lembaga Abdul Aziz, Manager Keuangan JKW Keliling, Herman Febriansyah, Ketua Panitia JKW Dar Ed Yoga, Wartawati Keliling Nusantara, Yani Krishnayanni. (WEB)

Baca Juga: Bangkitkan Olahraga Nasional, Menpora Dukung Peningkatan Sport Science

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya