Comscore Tracker

Program PWMP Kementan Dorong Millennial Sembawa Wirausaha 

Salah satunya pada siswa SMK PP Negeri Sembawa

IDN Times, Sembawa - Kepala BPPSDMP Dedi Nursyamsi mengatakan program Penumbuhan Wirausaha Muda Pertanian (PWMP) Kementerian Pertanian (Kementan) mendorong generasi milenial menjadi wirausaha sukses. Hal itu pun terbukti dengan banyaknya petani milenial sekaligus enterpreneur di bidang pertanian Indonesia saat ini.

Berkaitan dengan hal tersebut, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo  menyampaikan bahwa generasi muda berada di sektor pertanian merupakan pilihan tepat.

“Sektor pertanian merupakan sektor yang dibutuhkan semua pihak dan sangat diperlukan untuk mendukung kemajuan sebuah negara. Maka itu, jangan takut menjadi petani dan wirausaha muda di bidang pertanian,” kata Mentan.

Baca Juga: Kementan Ajak Anak Muda Pasuruan Menjadi Petani Milenial

1. SMK PP Negeri Sembawa yang mendukung program PWMP Kementan

Program PWMP Kementan Dorong Millennial Sembawa Wirausaha Kepala BPPSDMP Kementan Dedi Nursyamsi saat memberikan sambutan di acara Workshop on Rural Youth and Youth Employment YESS Program di Hotel Shangri-La Jakarta, Selasa (13/10)/Dok. Pusdiktan Kementan

Hal itu pun diikuti SMK PP Negeri Sembawa yang mendukung program PWMP Kementerian Pertanian dengan mengembangkan minat siswa yang berwirausaha di bidang pertanian. PWMP sendiri bertujuan mencipatkan wirausaha-wirausahawan baru dalam bidang pertanian.

Siswa yang menjadi wirausaha mengajukan proposal melalui sekolah.
Selanjutnya yang layak akan diberikan modal hibah untuk dipakai dalam kegiatan operasional wirausaha tersebut.

SMK PP Negeri Sembawa merupakan salah satu unit pelaksana teknis (UPT) di bawah Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian (Kementan) yang mempunyai fungsi sebagai lembaga penyelenggara pendidikan vokasi pertanian menengah.

2. Pandemik bukan halangan siswa SMK PP Negeri Sembawa berwirausaha

Program PWMP Kementan Dorong Millennial Sembawa Wirausaha Usaha ternak itik. (Dok. Kementan)

Dengan mengikuti program PWMP, siswa-siswa SMK PP Negeri Sembawa pun tetap bersemangat berwirausaha saat pandemik Covid-19. Hal ini seperti yang dilakukan Ridho Ilahi dan Muhammada Aziz Wibisono dengan tetap aktif merawat itik pedaging di kandang.

Dengan cukup mudah, pemeliharaan itik pedaging sendiri dilakukan selama tiga bulan hingga panen serta diberi pakan dan minum dua kali, yaitu pagi dan sore hari.

Kemudian tempat pakan dan minum dicuci ketika itik sudah selesai makan. Hal itu bertujuan agar tidak terserang jamur karena itik sangat rentan.

Wirausaha itik pedaging mempunyai prospek yang baik karena permintaan di lingkungan kecamatan Sembawa cukup tinggi. Apalagi sejak menjamurnya tempat makan pinggir jalan seperti pecel lele yang menjual menu bebek goreng sebagai menu utamanya.

Keuntungan penjualan pun dapat dirasakan siswa SMK-PP Negeri Sembawa sehingga siswa semakin semangat untuk berwirausaha.

Baca Juga: Kementan Upayakan Satu Data demi Cetak 2,5 Juta Petani Millennial 

3. Program PWMP mengembangkan peluang bagi pemuda

Program PWMP Kementan Dorong Millennial Sembawa Wirausaha id.techinasia.com

Kepala SMK PP N Sembawa Mattobi’i MP menuturkan, PWMP merupakan kegiatan Kementan untuk mewujudkan regenerasi petani demi mengembangkan peluang bisnis bagi pemuda.

Salah satunya seperti para siswa SMK PP N Sembawa yang mampu menjadi job creator atau pencipta lapangan kerja di sektor pertanian khususnya subsektor agribisnis pada masa yang akan datang. CSC

Topic:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya