Terdiri dari 15 Startup Asia Tenggara & India, Surge Luncurkan Kohort ke-7

Hal Ini mengadopsi pendekatan lebih kuat pada inovasi digital

Jakarta, IDN Times – Surge, program percepatan Sequoia Southeast Asia dan India, telah meluncurkan kohort ketujuhnya, yang terdiri dari 37 founder berprestasi dalam 15 startup tahap awal.

Surge telah berkembang dengan luar biasa selama tiga tahun terakhir, dan dengan kohort ketujuhnya, komunitas Surge sekarang meliputi 281 founder dari 127 startup dalam 16 sektor.

Startup-startup Surge telah mengumpulkan pendanaan secara kolektif sebesar lebih dari Rp25,2 triliun (US$1.7 miliar), dengan lebih dari 60 persen perusahaan dari lima kohort pertamanya mengumpulkan pendanaan seri A dan seterusnya.

1. Memanfaatkan keahlian untuk mendorong inovasi di Asia Tenggara, India, dan dunia

Terdiri dari 15 Startup Asia Tenggara & India, Surge Luncurkan Kohort ke-7ilustrasi orang memikirkan inovasi (pexels.com/Startup Stock Photos)

Para founder dalam Surge 07 ini memanfaatkan keahlian mendalam mereka dalam teknologi dan insight konsumen untuk mendorong inovasi di Asia Tenggara, India, dan dunia, termasuk juga mereka yang menangani perubahan iklim dengan platform dekarbonisasi bertenaga AI pertama di Asia Pasifik; membantu orang tanpa pengalaman desain membuat animasi 3D di mana pun di  dunia; memungkinkan startup untuk membangun proyek pembelajaran mesin dalam hitungan menit dan hari, bukan dalam hitungan bulan; memfasilitasi checkout sekali klik di Asia Tenggara; membangun perusahaan tekfin pertama di Indonesia untuk remaja; membangun solusi teknologi  lengkap untuk sektor pertanian Indonesia; memungkinkan 10 juta pengembang berikutnya untuk memasuki ruang Web3, dan banyak lagi.  

Hampir setengah dari perusahaan-perusahaan dalam Surge 07 ini dalam tahap pra-peluncuran ketika memulai kemitraan mereka dengan Surge. Beberapa founder dalam kohort ini mendirikan startup untuk kedua atau ketiga kalinya, dan beberapa juga mendirikan startup langsung setelah lulus perguruan tinggi. Banyak founder dalam Surge 07 ini memiliki pengalaman luas dalam  sektor mereka masing-masing. 

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Cocok Kerja di Startup, Keinginan Belajar Tinggi

2. Setidaknya memiliki satu founder perempuan

Terdiri dari 15 Startup Asia Tenggara & India, Surge Luncurkan Kohort ke-7Founder perempuan dalam Surge 07. (Dok. Surge)

Kohort ini meliputi mantan CFO dari Nykaa, insinyur pertamanya Uber di India, para insinyur perangkat lunak yang membantu membangun Apache Hive, seorang  insinyur kedirgantaraan yang pindah haluan menjadi founder tekfin, dan para insinyur pembelajaran mesin yang mengerjakan AI percakapan di Facebook.  

Selanjutnya, sepertiga dari startup-startup di kohort kali ini memiliki setidaknya satu founder  perempuan.  

“Kami memiliki kekaguman yang mendalam akan ambisi dan keanekaragaman ide yang ada, serta kaliber para founder dari tiap kohort dalam program Surge, tak terkecuali Surge 07. Kami  telah bermitra dengan semua perusahaan tersebut di tahap paling awal pembangunan  perusahaan, dengan hampir setengahnya masih dalam tahap pra-peluncuran pada saat memulai  kemitraannya.  

Para founder kami membawa pengalaman dan kreativitas mereka yang luas, dan kami percaya  bahwa para pemimpi, inovator, dan pembangun kategori ini memiliki potensi untuk mengubah  masa depan kawasan ini dan dunia,” ujar Rajan Anandan, Managing Director Sequoia India  & Southeast Asia, dan Surge. 

3. Para founder menjalani program selama 16 minggu

Terdiri dari 15 Startup Asia Tenggara & India, Surge Luncurkan Kohort ke-7Ilustrasi warna-warni sebagai inovasi dalam dunia startup. (freepik.com)

Surge 07 sedang berjalan dan para founder-nya menjalani program 16 minggu yang ketat secara hybrid. Pembicara dan mentor sebelumnya dalam program ini termasuk Siu Rui Quek (Carousell), William Tanuwijaya (Tokopedia/GoTo), Chatri Sityodtong (ONE Championship), dan Doug Leone (Sequoia Capital).

Para founder masa kini membidik bisnis mereka untuk panggung dunia. Mayoritas dari perusahaan ini membangun dari tahap awal untuk pasar-pasar global dan membidik khalayak di luar pasar asal mereka, hampir setengahnya hadir di pasar-pasar Amerika Serikat dan Eropa. (WEB)

Baca Juga: Startup Cerminan Tingginya Jiwa Wirausaha Anak Bangsa

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya