Di Depan Pendemo, Said Iqbal Janji Bagi-Bagi Tanah ke Petani 

Pembagian tanah adalah instruksi pertamanya jika menang

Jakarta, IDN Times - Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal ikut melakukan orasi saat aksi massa gabungan para petani dan buruh di Patung Kuda Arjuna Wiwaha digelar pada Sabtu (24/9/2022).

Dalam orasinya, Said Iqbal menegaskan, bahwa petani merupakan aktor penting di Republik Indonesia. “Kamu para petani adalah aktor penting di dalam negara ini, tanpa kamu, siapa yang bisa makan, siapa yang bisa melanjutkan hidup tanpa makan,” kata Said Iqbal.

Selain itu, Said Iqbal kemudian juga mengaku bakal terus mendukung para petani bisa mendapat semua hak-haknya.

“Andaikata Tuhan memberikan kesempatan Partai Buruh menang, perintah saya pertama sebagai presiden partai kepada parlemen fraksi partai buruh, saya akan minta 9.000.000 hektare akan diberikan kepada kaum petani,” ujar Said Iqbal yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Partai Buruh itu.

Diketahui, ribuan petani dan buruh menggelar aksi gabungan di Patung Kuda. Sejak pukul 10.00 pagi tadi, mereka sempat melakukan longmarch dari Balai Kota DKI Jakarta menuju Patung Kuda.

Aksi hari ini digelar bertepatan dengan Hari Tani Nasional ke-62. Setidaknya ada tiga tuntutan utama yang ingin disampaikan massa aksi gabungan hari ini. Pertama, Reforma Agraria serta kedaulatan pangan; kedua, penolakan kenaikan harga BBM; dan ketiga menolak Omnibus Law.

Sementara itu, dari data yang dihimpun redaksi, sebanyak 1.700 personel gabungan disiagakan untuk mengawal aksi demo di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat ini.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya