Pemkot Jakbar Bakal Bangun Posko Gulkarmat di Setiap Kelurahan

Masih ada beberapa kendala yang ditemui

Jakarta, IDN Times - Sebagai upaya antisipasi dini pada setiap kejadian darurat seperti kebakaran, Pemerintah Kota Jakarta Barat (Pemkot Jakbar) berencana membentuk Satuan Tugas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Satgas Gulkarmat) di setiap kelurahan.

Kepala Seksi Operasi Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Barat, Syarifudin, mengatakan, pihaknya sudah mengajukan proposal ke dinas Gulkarmat DKI Jakarta.

Baca Juga: Dinas Gulkarmat DKI: Pengelola Gedung Rata-Rata Patuhi Aspek MKKG 

1. Masing-masing kelurahan akan ditempati satu anggota

Pemkot Jakbar Bakal Bangun Posko Gulkarmat di Setiap KelurahanDinas Gulkarmat DKI Jakarta memadampak mobil yang terbakar di Tol Wiyoto Wiyono. (dok. Humas Gulkarmat)

Ia menjelaskan, nantinya akan ada satu orang anggota Gulkarmat yang standby di setiap satu kelurahan.

"Jika disetujui dan lancar segala urusan administrasinya, masing-masing kelurahan akan kami tempatkan satu orang anggota kami untuk mengantisipasi adanya kejadian darurat seperti kebakaran," jelas dia seperti dikutip dari ANTARA, Minggu (21/5/2023).

Baca Juga: Lebaran Betawi, Heru Kenang Momen Haru Tentang Foke 

2. Akan dimulai awal Juni 2023

Pemkot Jakbar Bakal Bangun Posko Gulkarmat di Setiap KelurahanGedung Kejaksaan Agung RI kebakaran pada Sabtu (22/8/2020) (Dok. Humas Dinas Gulkarmat)

Menurut Syarifudin, hal tersebut akan dilakukan untuk memperluas area pengawasan pihak Sudin Gulkarmat Jakarta Barat.

"Dalam proposal yang kami ajukan, ada satu orang petugas kami di setiap kelurahan. Rencananya akan dibentuk pada awal Juni tahun ini," lanjut dia.

Baca Juga: HUT ke-496 DKI Jakarta, Heru Ingin Ada Simbol Alam di Berbagai Acara

3. Kendala yang ditemui

Pemkot Jakbar Bakal Bangun Posko Gulkarmat di Setiap KelurahanKebakaran di Pasar Inpes Pasar Minggu (Dok.Humas Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta)

Selain itu, kata Syarifudin, pihaknya juga berencana membangun posko Gulkarmat di setiap kelurahan. Namun hal itu terkendala standarisasi posko dan kekurangan jumlah anggota.

"Karena itu, tahap awal, penempatan satu orang petugas Gulkarmat terlebih dahulu pada setiap kelurahan di Jakarta Barat," kata dia.

Harapannya, ujar dia, dengan ada petugas di setiap kelurahan, maka sosialisasi tentang kebakaran akan digencarkan sehingga warga bisa lebih paham lagi soal potensi-potensi kebakaran yang ada di sekitar.

Baca Juga: Dinkes DKI: Puncak Kematian Akibat Arcturus di Jakarta Sudah Lewat 

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya