Pasca Demo 4 November, Polisi Tangkap 4 Kader HMI

Mereka diduga melakukan penyerangan terhadap polisi

Polisi menangkap empat orang kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) karena melakukan penyerangan terhadap petugas keamanan pada demo 4 November 2016 lalu. Mereka ditangkap pada Selasa, 8 November 2016 dini hari di tempat terpisah. Seorang kader ditangkap di Markas Besar HMI, sisanya diciduk di luar mabes.

Salah satu yang ditangkap adalah Sekretaris Jenderal HMI.

Pasca Demo 4 November, Polisi Tangkap 4 Kader HMIHafidz Mubarak/ANTARA FOTO

Dikutip dari Republika.co.id, salah satu Pengurus Besar HMI, Muhammad Nurcholis Syam mengatakan bahwa salah seorang yang ditangkap polisi adalah Sekretaris Jenderal HMI Ami Jaya. Sedangkan tiga lainnya yang merupakan kader fungsionaris yaitu Rizal Berhed, Romadhan Reubun, dan Ismail Ibrahim.

Polisi sempat salah tangkap.

Pasca Demo 4 November, Polisi Tangkap 4 Kader HMIAgung Rajasa/ANTARA FOTO

Menurut Nurcholis, petugas sempat salah tangkap karena dan bersikap brutal kepada Ketua PB HMI Mulyadi P Tamsir. Polisi, kata dia, juga tak bisa menunjukkan surat penangkapan. 

Baca juga: 4 Presiden Indonesia Punya Reaksi Berbeda Soal Dugaan Penistaan Agama Ahok

Polisi mengonfirmasi penangkapan tersebut.

Pasca Demo 4 November, Polisi Tangkap 4 Kader HMISigid Kurniawan/ANTARA FOTO

Dilansir dari Viva.co.id, Kepolisian juga telah mengkonfirmasi penangkapan tersebut. Kepada Sub Direktorat Jatanras, Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Polisi Hendy F. Kurniawan mengatakan,salah seorang kader yang bernama Ismail diduga ikut melakukan penyerangan terhadap aparat. Menurut Hendy, Ismail terprovokasi oleh kata-kata dari orator.

Pelaku telah mengakui perbuatannya.

Pasca Demo 4 November, Polisi Tangkap 4 Kader HMIMuhammad Adimaja/ANTARA FOTO

Kepada Viva.co.id, Kanit V Subdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya, Komisaris Polisi Buddy Towoliu mengatakan bahwa berdasarkan hasil interogasi awal, Ismail mengakui telah melakukan pemukulan terhadap anggota polisi yang sedang berdinas menggunakan bambu.

Baca juga: Didemo Puluhan Ribu Orang, Ahok Tak Mundur dari Pilkada

Topik:

Berita Terkini Lainnya