Kebakaran di Surabaya Tewaskan 8 Orang, Begini Kronologinya

Api berasal dari lantai 2 sebuah rumah

Surabaya, IDN Times - Sebuah kebakaran hebat terjadi di sebuah rumah kost Jalan Kebalen Kulon 2 no 9 Surabaya. Menurut keterangan warga sekitar, rumah yang terdiri dari dua lantai ini terbakar sekitar pukul 14.00 WIB

Kebakaran di Surabaya Tewaskan 8 Orang, Begini KronologinyaIDN Times/Fitria Madia

Seorang warga bernama Muhammad Imron (19) mengatakan bahwa dia mengetahui adanya kebakaran ketika penghuni kost lantai 1. "Tadi langsung banyak yang teriak kebakaran-kebakaran," ujarnya sembari menggambarkan warga yang berteriak.

Mendengar teriakan tersebut, sontak seluruh warga sekitar keluar rumah dan bergotong-royong berusaha untuk memadamkan api menggunakan ember. Di sekitar tempat kejadian memang ada beberapa sumur warga yang digunakan untuk memadamkan api.

Kebakaran di Surabaya Tewaskan 8 Orang, Begini KronologinyaIDN Times/Fitria Madia

Menurut keterangan Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Surabaya, Chandra Oratmangun, 7 unit mobil pemadakam kebakaran tiba di lokasi sekitar pukul 14.30 WIB. Ia mengaku bahwa proses pemadaman cukup sulit karena akses masuk kedalam bangunan hanya satu yaitu pintu depan. Di tambah lagi, ada satu unit mobil yang terbakar.

Berdasar keterangan Candra, proses pemadaman berjalan sekitar 20 menit. Setelah api berhasil dipadamkan, para petugas pemadam kebakaran masuk ke dalam bangunan dan mengevakuasi para korban. Dia menggambarkan bahwa atap rumah telah roboh.

Kebakaran di Surabaya Tewaskan 8 Orang, Begini KronologinyaIDN Times/Fitria Madia

Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya AKBP Antonius Agus Rahmanto mengatakan bahwa ada 8 korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut. 3 di antaranya adalah anak-anak bahkan salah satunya masih bayi. Saat ini jenazah para korban dibawa ke RSUD Dr Soetomo untuk menjalani proses identifikasi.

Selain korban meninggal, ada 4 korban luka-luka akibat kebakaran ini. Ke empat korban merupakan penghuni lantai 2 yang akhirnya menyelamatkan diri dengan cara loncat dari jendela lantai 2. Salah satu di antaranya merupakan anak-anak yang dilempar oleh sang ibu ke tumpukan karung berisi botol air mineral kosong.

Laporan Jurnalis IDN Times Fitria Madia

Topik:

Berita Terkini Lainnya