Letusan Merapi, Adi Sucipto Kembali Ditutup hingga Sore

Hujan abu juga terjadi di beberapa daerah lain di Yogyakarta

Yogyakarta, IDN Times - Setelah sempat dibuka, layanan di bandara Adi Sucipto Yogyakarta kembali ditutup.  Penutupan ini merupakan dampak dari letusan Gunung Merapi pagi tadi. Selain gemuruh suara, letusan tersebut juga menimbulkan hujan abu.

1. Ditutup hingga pukul 16.30 WIB

Letusan Merapi, Adi Sucipto Kembali Ditutup hingga SoreDok. IDN Times/Istimewa

Manager Humas AirNav Indonesia, Yohanes Sirait mengatakan bahwa penutupan dilakukan hingga pukul 16.30 WIB. "Aerodrome Bandara Adisutjipto, Yogyakarta kembali ditutup hingga Pukul 16.30 WIB sesuai NOTAM B3567/2018," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (11/5). "AirNav Indonesia bersama seluruh stakeholder terkait akan terus memonitor perkembangan status Gunung Merapi dan dampaknya terhadap penerbangan."

2. Sempat mengalami penutupan pada pagi hari

Letusan Merapi, Adi Sucipto Kembali Ditutup hingga SoreDok. IDN Times/Istimewa

Penutupan ini merupakan yang kedua selama hari ini. Sebelumnya, Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan bahwa penutupan sementara dilakukan dari pukul 10.42 WIB sampai 11.10 WIB.

Baca juga: Merapi Alami Letusan Freatik, Ini Penjelasan BNPB

3. Merapi alami letusan freatik pagi tadi

Letusan Merapi, Adi Sucipto Kembali Ditutup hingga SoreANTARA FOTO/Aloysius Jarot

Gunung merapi dilaporkan mengalami letusan freatik pad apukul 07.32 WIB pagi tadi. Letusan ini terjadi akibat dorongan tekanan uap air karena kontak massa air dengan panas di bawah kawah Gunung Merapi. Meski tidak berbahahaya, kejadian ini membuat beberapa daerah di Yogyakarta diselimuti hujan abu.

 

Baca juga: Hujan Abu dari Merapi, Bandara Yogyakarya Sempat Ditutup

 

 

 

 

 

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya