Comscore Tracker

Wanita Tertua di Dunia Rayakan Ulang Tahun Hari Ini, Coba Tebak Berapa Usianya!

Hint: Dia lahir di tahun 1899

Wanita tertua di dunia, Emma Morano, hari ini Selasa (29/11) merayakan ulang tahunnya yang ke-117. Wanita asal Italia ini diketahui lahir pada tanggal 29 November 1899. Dia bahkan diyakini sebagai manusia terakhir yang lahir di abad ke-19 yang masih hidup. Guinness World Records pun menyatakannya sebagai wanita tertua di bumi. Dikutip dari The Guardian, salah satu rahasianya bisa berumur panjang adalah menghindari perawatan medis layaknya orang biasa.

Telur dan kue.

Wanita Tertua di Dunia Rayakan Ulang Tahun Hari Ini, Coba Tebak Berapa Usianya!BBC.com

Morano juga mengaku sangat menjaga pola makannya. Setiap hari, dia hanya mengonsumsi dua butir telur dan beberapa kue saja. Namun, saat ini jumah makananan yang dikonsumsinya cenderung menurun karena jumlah giginya sudah habis. Bahkan, dia tak yakin bisa memakan kue ulang tahunnya nanti.

Memiliki tujuh adik.

Wanita Tertua di Dunia Rayakan Ulang Tahun Hari Ini, Coba Tebak Berapa Usianya!Mirror.co.uk

Morani diketahui adalah seorang wanita yang memiliki tujuh adik. Namun, keseluruhan adiknya sudah meninggal. 

Rumah tangganya berakhir tragis.

Wanita Tertua di Dunia Rayakan Ulang Tahun Hari Ini, Coba Tebak Berapa Usianya!The Guardian.com

Kehidupan rumah tangga Morano juga berakhir tragis. Setelah mengalami kekerasan yang dilakukan suaminya pada 1983, dia memutuskan untuk berpisah. Nasibnya makin memprihatinkan usai anaknya yang masih balita juga meninggal. Sejak saat itu dia tinggal sendiri dan memilih bekerja di sebuah pabrik karung goni untuk menghidupi dirinya.

Menghabiskan waktu untuk tidur.

Wanita Tertua di Dunia Rayakan Ulang Tahun Hari Ini, Coba Tebak Berapa Usianya!Telegraph.co.uk

Usianya yang sudah sangat udzur membuat hampir semua panca indranya mengalami penurunan fungsi. Selain sangat tuli, dia juga kesulitan untuk berbicara serta melihat. Akibatnya, dia hanya menghabiskan waktu untuk tidur dan ngemil. 

Dirayakan dengan teater musikal.

Wanita Tertua di Dunia Rayakan Ulang Tahun Hari Ini, Coba Tebak Berapa Usianya!New York Times

Selain direncanakan akan menerima tamu dan Walikota setempat, acara ulang tahun Morano akan diisi dengan sebuah teater musikal tentang biografinya . Acara yang diadakan oleh warga setempat tersebut didedikasikan untuk menghormati sosok Morano.

Baca juga: Capek Berusia 146 Tahun, Kakek Ini Ingin 'Tinggalkan Dunia'

Topic:

Berita Terkini Lainnya