Comscore Tracker

Cegah COVID-19, 8.700 Kendaraan Pemudik di Jateng Dipaksa Putar Balik

#NormalBaru dan #HidupBersamaCorona

Semarang, IDN Times - Sebanyak 8.700 kendaraan yang mengangkut para pemudik dipaksa memutar balik ke daerah asalnya, di Jawa Tengah. Rata-rata pemudik kedapatan menerobos ke 13 pintu masuk ke wilayah Jateng.

Sementara, Operasi Ketupat Candi diperpanjang hingga 7 Juni, untuk memantau pemudik di wilayah Jawa Tengah.

1. Sebanyak 8.700 kendaraan pemudik dipaksa putar balik selama 24 April hingga 30 Mei

Cegah COVID-19, 8.700 Kendaraan Pemudik di Jateng Dipaksa Putar BalikDalam Sehari, Polda Metro Amankan 95 'Travel Gelap' yang Antar Pemudik (Dok. Istimewa)

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi mengatakan jumlah kendaraan pemudik yang dipaksa berputar balik sejak 24 April hingga 25 Mei, ada 5.300 kendaraan.

"Lalu pas masuk arus balik 26 Mei sampai H+7 (Lebaran) 30 Mei, masih ada lagi 3.400 kendaraan. Kalau semuanya ditotal sampai sekarang ada 8.700 kendaraan kita paksa putar balik," ujar Luthfi, ketika meninjau pengamanan pos Jalan Tol Kalikangkung, Ngaliyan, Semarang, Sabtu (30/5).

Baca Juga: Banyak Warga Keliru Soal Permohonan SIKM, Ini Catatan dari Pemprov DKI

2. Operasi Ketupat Candi diperpanjang hingga 7 Juni

Cegah COVID-19, 8.700 Kendaraan Pemudik di Jateng Dipaksa Putar BalikPetugas kesehatan memeriksa kelengkapan dokumen pemudik yang melintas di Jalan Raya Pantura, Cirebon, Jawa Barat, Selasa. (19/5). (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Luthfi mengatakan pihaknya akan terus menghalau masuknya kendaraan dari luar Jateng, agar penularan virus corona di Jateng dapat dikurangi. 

Pihaknya akan memaksimalkan razia Ketupat Candi, dengan memperpanjang masa razia, terhitung Sabtu 30 Mei hingga 7 Juni 2020.

Luthfi mengklaim dari hari ke hari warga mulai sadar akan upaya pihak kepolisian yang melalukan penyekatan di jalur mudik maupun arah arus balik. 

3. Polisi siaga di lima jalur Pantura

Cegah COVID-19, 8.700 Kendaraan Pemudik di Jateng Dipaksa Putar BalikIDN Times/Wildan Ibnu

Luthfi menyebutkan saat ini pihaknya melalukan filterisasi di lima jalur yang rawan dilalui kendaraan dari luar kota. Kelima jalur yang dimaksud, yaitu sepanjang Pantura, jalur tengah, jalur selatan, selatan-selatan, dan ruas jalan tol.

"Kita sudah menggelar seluruh pos penyekatan. Manakala lima jalur ini sudah kita lakukan penyekatan, dan mereka lewat jalur arteri itu mereka juga sudah disekat oleh anggota di pos pos kecil yang menjadi pos pantau," kata dia.

Di sisi lain, kata Luthfi, arus mudik di Tol Kalikangkung sangat sepi. Demi mendukung new normal, kini ada 34 kampung sudah disiapkan menjadi lokasi siaga. 

"Kasus penggantian pelat nomor tidak ada. Anggota sudah kita bekali briefing dan tiap hari update temuan-temuan yang dilakukan. Kendaraan lintas daerah," kata dia. 

Baca Juga: Kemenhub Perpanjang Larangan Arus Mudik-Balik hingga 7 Juni

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya