Duka Lara Petugas Medis Tertular Corona, Demam Hingga Pingsan di RS

Dian tertular saat kontak dengan si pasien

Semarang, IDN Times - Suara Dian terdengar parau dari balik gagang telepon saat sedang berbincang dengan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. 

Semua unek-uneknya ia luapkan begitu dihubungi oleh orang nomor satu di JawaTengah tersebut. Dian yang notabene merupakan petugas rekam medis di salah satu rumah sakit di Jateng saat ini harus menjalani perawatan di ruang isolasi lantaran telah terinfeksi virus Corona jenis baru COVID-19.

Baca Juga: Ganjar Pranowo: Kalau Sayang Keluarga, Tolong Jangan Mudik, Ya!

1. Dian sempat berbincang 15 menit dengan pasien positif virus Corona

Duka Lara Petugas Medis Tertular Corona, Demam Hingga Pingsan di RSPeninjauan ruang isolasi di RSUD Sayang Rakyat Makassar oleh Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah, Jumat (27/3). Pemprov Sulsel

Dian mengaku kala itu ia tak tahu kalau ada seorang pasien positif virus corona yang datang berobat ke rumah sakitnya. Sekitar 15 menit lamanya ia sempat berbincang dengan si pasien di depan meja rekam medis. Seingatnya, saat itu tanpa memakai masker, si pasien dalam keadaan batuk terus-menerus. 

"Waktu itu ada pasien datang, saya yang tugas di bagian pendaftaran langsung melakukan pendaftaran. Saat dia datang, saya tidak tahu kalau dia suspect corona, saya kontak dengan dia sekitar 15 menit tanpa menggunakan masker. Dia batuk terus selama proses itu," ujar Dian.

Baca Juga: Ganjar Pranowo: Kalau Sayang Keluarga, Tolong Jangan Mudik, Ya!

2. Tubuhnya tiba-tiba demam tinggi disertai batuk. Akhirnya Dian pingsan di rumah sakit

Duka Lara Petugas Medis Tertular Corona, Demam Hingga Pingsan di RSfreepik.com

Ia sontak terkejut tatkala mendapati si pasien dinyatakan positif terkena virus Corona. Tak lama kemudian, ia pun mengalami gejala yang menyerupai penularan virus Corona.

Sekujur tubuhnya mengalami demam tinggi. Dian juga batuk-batuk. Diakuinya gejala yang ia rasakan itu awalnya tak digubris.

Ia tetap masuk kerja seperti biasanya. "Sampai saya pingsan karena tidak kuat. Setelah dicek, saya dinyatakan positif corona," sergahnya.

3. Dian: Saya belum pernah ketemu anak saya, Pak

Duka Lara Petugas Medis Tertular Corona, Demam Hingga Pingsan di RSGubernur Jateng Ganjar Pranowo saat menghubungi pasien positif Corona. Dok humas Pemprov Jateng

Walau sempat syok, tapi ia tidak putus asa. Ia sekuat tenaga berusaha untuk sembuh dari virus Corona. 

Hari-harinya kini diwarnai dengan proses isolasi di rumah sakitnya. Dian tak sempat bersua dengan anak kesayangannya yang berusia dua tahun.

Rasa kangennya harus ia pendam dalam relung hatinya sembari menunggu proses penyembuhannya selesai. "Anak saya dua tahun pak, sejak saya dinyatakan positif dan dikarantina, sampai sekarang saya belum berjumpa. Kangen sekali rasanya pak," kata ibu satu anak ini saat berbincang dengan Ganjar.

Kala senggang, ia pernah mengontak anaknya melalui sambungan video call. Dian mendapat kabar kalau anaknya kini dititipkan ke rumah mertuanya. Sedangkan suaminya kerja di Jakarta.

"Saat video call, anak sering tanya mama kapan pulang?. Saya jawab mama masih kerja. Dia tahunya saya masih kerja," imbuhnya.

4. Ganjar turut prihatin dengan kondisi yang dialami Dian

Duka Lara Petugas Medis Tertular Corona, Demam Hingga Pingsan di RSIlustrasi Cara Menangani Wabah Virus Corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Mendengar curhatan Dian, Ganjar berusaha menyemangatinya agar lekas sembuh. Ganjar juga mendoakan agar Dian segera sehat.

"Tetap semangat ya, banyak teman-teman yang selalu mendoakan dan mendukung para tenaga medis seperti panjenengan," kata Ganjar.

"Mbak segera sehat. Sampaikan pada putra njenengan, saya kepengen nggendong," sambungnya.

Baca Juga: Rembang Status KLB Virus Corona, Seorang Warga Positif COVID-19

Topik:

  • Bandot Arywono
  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya