Comscore Tracker

PDIP Jateng Mulai Proses Pendaftaran untuk Ikut Pilkada 2020

Pendaftaran akan berlangsung hingga 12 Desember

Semarang, IDN Times - Markas DPD PDIP Jawa Tengah sudah mulai ramai dikunjungi oleh para kader partai banteng dengan moncong putih dari berbagai penjuru daerah. Mereka ingin mendaftar sebagai bakal calon kepala daerah di Jawa Tengah yang akan diusung oleh PDI Perjuangan pada pilkada 2020. 

Proses pendaftaran sudah dimulai pada Kamis (6/12) kemarin. Di hari pertama pendaftaran dibuka, ada sekitar 35 kader yang menyerahkan berkas pencalonannya ke markas PDI Perjuangan di Panti Marhein di Jalan Brigjen Sudarto, Majapahit Semarang Timur.

Lalu, siapa saja 35 kader yang menyerahkan berkasnya ke markas PDI Perjuangan?

1. Dari 35 nama yang mendaftar di hari pertama, enam di antaranya nyalon jadi bupati

PDIP Jateng Mulai Proses Pendaftaran untuk Ikut Pilkada 2020Ilustrasi pemungutan suara (Unsplash.com/Element5Digital)

Ketua panitia pendaftaran kandidat wali kota dan bupati dari DPD PDIP Jateng, Abang Bagindas mengungkapkan puluhan kader telah memadati markas partai tempatnya bernaung untuk mengambil formulir pendaftaran pencalonan Pilkada 2020.

"Dari 35 orang yang ngambil formulir pendaftaran ke kantor DPD dari pagi sampai sore hari, ada enam yang nyalon sebagai bupati dan 29 orang lainnya mendaftar sebagai wakil bupati," ujar Bagindas.

Baca Juga: Sah! Gibran jadi Anggota PDI Perjuangan

2. DPD PDIP Jateng berupaya menjaring nama kader yang potensial untuk diusung di Pilkada 2020

PDIP Jateng Mulai Proses Pendaftaran untuk Ikut Pilkada 2020Lambang PDIP. IDN Times/Fariz Fardianto

Informasi yang diperoleh IDN Times, para kader yang nyalon dari DPD di antaranya terselip nama Indra Surya dan Hariyanto yang berasal dari Kabupaten Sukoharjo, lalu ada Agus Dalmanto dari Purworejo, Arifin dari Rembang.

Kemudian ada Nonik Herawah dari Klaten, Murdoko dari Kendal dan Purwono dari Solo. Selain itu, ia mengungkapkan terdapat pula dua kader dari Blora yang mendaftar ke markas partainya. 

Ini, menurutnya menjadi salah satu upaya dari partainya untuk melakukan proses penjaringan bakal calon yang akan bertarung di bursa Pilkada yang digelar di 21 kabupaten/kota.

Proses pendaftaran bakal calon dibuka oleh DPD PDIP Jateng mulai 6-12 Desember nanti.

"Kami persilahkan pihak-pihak yang tidak sempat mendaftar ke DPC-DPC, bisa ikut meramaikan pendaftaran di DPD. Pendaftaran ditutup 12 Desember," kata dia lagi. 

3. Balon Bupati Kendal, Murdoko, janji akan sering menyapa warga

PDIP Jateng Mulai Proses Pendaftaran untuk Ikut Pilkada 2020Murdoko, salah satu kandidat bupati Kendal mendaftar di DPD PDIP Jateng. IDN Times/Fariz Fardianto

Salah satu bakal calon bupati yang mendaftar adalah Murdoko. Ia mengaku hendak nyalon dari daerah Kendal. Alasan Murdoko ingin maju di pilkada karena ingin mengembalikan kejayaan PDIP di Kendal. Untuk mengerek elektabilitasnya, ia mengaku akan rutin blusukan ke seluruh lapisan masyarakat.

"Saya akan banyak menyapa warga Kendal, untuk kemudian harapannya bisa meningkatkan elektabilitas ketika pilbup berlangsung. Tentunya ini didasari niatan yang kuat sebagai kader PDIP yang ingin mengembalikan kejayaan partai di Kendal," katanya lagi. 

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Pilkada di Jateng, PDIP Isyaratkan Bakal Koalisi dengan Gerindra

Topic:

  • Santi Dewi

Just For You