Kabar Uang Pangkal Mahasiswa Baru Rp87 M, Ini Komentar Pihak Undip

Undip tidak kenal uang pangkal

Semarang, IDN Times - Pihak Universitas Diponegoro (Undip) Semarang angkat bicara mengenai merebaknya kabar pungutan uang pangkal dari mahasiswa baru sebesar Rp87 miliar. Kabar pungutan uang pangkal itu merebak setelah menjadi viral di akun Twitter pada Sabtu (22/8/2020).

1. Wakil Rektor Undip ngaku tidak ada istilah uang pangkal

Kabar Uang Pangkal Mahasiswa Baru Rp87 M, Ini Komentar Pihak Undipinstagram.com/undiplife

Menurut Dwi Cahyo Utomo, Wakil Rektor Bidang Komunikasi dan Bisnis, Undip, kampusnya selama ini tidak pernah mengenal istilah uang pangkal.

"Berkenaan dengan trending di twitter, lulus jalur UM S1 harus membayar uang pangkal 87 miliar, kami tegaskan bahwa berita tersebut hoaks, tidak benar," kata Dwi dalam keterangan resmi yang didapat IDN Times, Minggu (23/8/2020).

Baca Juga: Mahasiswi Psikologi Undip Semarang Wisuda Pakai Robot, Canggih!

2. Pihak Undip mengacu Permendikbud Nomor 25 untuk tentukan biaya pendidikan

Kabar Uang Pangkal Mahasiswa Baru Rp87 M, Ini Komentar Pihak Undipkampusundip.com
Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

Dwi berkata dalam biaya pendidikan dan Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) untuk kampusnya berpedoman pada ketentuan Permendikbud Nomor 25 tahun 2020.

Ia mengklaim bahwa format kartu bukti kelulusan yang ada di Twitter tidak sesuai dengan format resmi yang dikeluarkan oleh UNDIP.

3. Undip anggap kabar uang pangkal Rp87 M tidak benar

Kabar Uang Pangkal Mahasiswa Baru Rp87 M, Ini Komentar Pihak Undipfreepik.com/photoroyalty

Lebih lanjut, ia memaparkan bahwa ada tiga jalur UM S1 meliputi reguler, jalur kemitraan dan golongan tidak mampu atau pemegang KIP.

Pada seleksi UM S1 tahun 2020 yang diumumkan pada Jumat (21/8/2020) pukul 21.00 kemarin, katanya ada yang berbeda dari tahun sebelumnya. 

"Yaitu Undip menerima calon mahasiswa jalur UM S1 dari keluarga kurang mampu atau pemegang KIP. Sehingga berita uang pangkal 87 miliar untuk jalur kemitraan kami tegaskan tidak benar," tutupnya.

Baca Juga: Mahasiswa Undip Galang Donasi Bantu Rekannya yang Kesulitan Keuangan

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya