Kecanduan Game, Puluhan Anak di Semarang Alami Gangguan Mental

Buat kamu yang suka ngegame, hati-hati ya!

Semarang, IDN Times - Pengelola Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) Amino Gondohutomo,Semarang, Jawa Tengah, menerima pengobatan bagi anak-anak yang mengalami gangguan mental akibat kecanduan game di gadget. Gangguan mental yang mereka alami bervariasi mulai kehilangan fokus berjalan hingga kecenderungan mengurung diri terlalu lama di dalam rumah.

1. Kecanduan ngegame bikin anak-anak gampang marah

Kecanduan Game, Puluhan Anak di Semarang Alami Gangguan Mentalgoogle

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Agar Gak Kecanduan Game Lagi

Wakil Direktur Medik RSJD Amino Gondohutomo Semarang, Erlina Rumanti, mengatakan sejak dua bulan terkahir pihaknya menerima laporan dari sejumlah orangtua yang mengeluhkan adanya perubahan perilaku anak-anak mereka di lingkungan rumah.

Menurutnya ada orangtua yang rutin berkonsultasi ke rumah sakitnya karena perubahan perilaku anak mereka berubah drastis sejak dikenalkan dengan permainan di gadget. 

"Saat ditegur, si anak berontak dan tiba-tiba marah-marah tidak terkendali. Kemudian ada juga yang mengeluhkan prestasi anaknya di sekolah merosot drastis. Ini yang dikhawatirkan mereka. Lalu beberapa anak dibawa kemari untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut," kata Erlina kepada IDN Times, Selasa (19/6).

2. Sebanyak 20 anak menjalani terapi mental di RSJ

Kecanduan Game, Puluhan Anak di Semarang Alami Gangguan Mentalpexel

Dia mengatakan jumlah anak yang dibawa berobat ke rumah sakitnya tak kurang ada 20 orang. Rata-rata mereka berusia 19 tahun ke bawah. Sementara untuk total pasien umum RSJ  didominasi pasien laki-laki berusia 20-50 tahun dengan berbagai faktor penyebab.

"Faktornya banyak, mulai dari masalah ekonomi, pengangguran, masalah keluarga dan lainnya. Tapi baru-baru ini lagi ramai yang menjalani terapi psikis akibat main game. Itu sangat mempengaruhi tingkat emosionalnya, dimana dia jadi mudah marah, perilakunya tertutup dan mengabaikan teguran dari orangtuanya," tuturnya.

Baca Juga: Tanpa Perlakuan Khusus, Pasien di RSJ Menur Juga Menggunakan Hak Pilih

3. Deteksi dini gangguan mental bisa dilakukan lewat aplikasi Sidewa

Kecanduan Game, Puluhan Anak di Semarang Alami Gangguan MentalIDN Times/Fariz Fardianto

Pihaknya menyarankan kepada orangtua yang menemukan gejala gangguan mental tersebut supaya segera memeriksakan anaknya ke rumah sakit. Pemeriksaan dini, katanya bisa menanggulangi penyakit yang menjurus lebih serius.

Apalagi, WHO resmi memasukan perilaku kecanduan game ke dalam versi terbaru International Classification of Diseases (ICD) Internasional.

"Perilaku yang adiktif seperti bermain game lebih dari tiga jam, saat ini telah didefinisikan dalam gejala gangguan mental. Ini juga sesuai apa yang disampaikan oleh WHO," tuturnya.

Pihaknya saat ini telah membuat aplikasi bernama Sidewa yang bisa dimanfaatkan untuk melayani konsultasi gangguan kejiwaan dan mental secara online.

"Aplikasinya tinggal diunduh di app store, dan kita bisa mengecek gangguan mental maupun kejiwaan secara dini lewat aplikasi tersebut," tutur Erlina.

Baca Juga: 5 Manfaat Pijat untuk Psikis, Ampuh Atasi Insomnia Juga lho

Topik:

Berita Terkini Lainnya