Comscore Tracker

Lucunya, 2 Bayi Harimau di Semarang Zoo Diberi Nama Covi dan Vivid

Semarang Zoo mulai dibuka untuk umum

Semarang, IDN Times - Sepasang harimau Benggala yang menghuni Taman Margasatwa Semarang Zoo atau Bonbin Mangkang, Semarang, Jawa Tengah, melahirkan dua anak betina.

Keduanya diberi nama Covi dan Vivid, karena terinspirasi dari pandemik virus corona atau COVID-19. 

1. Dua bayi harimau benggala diberi nama Covi dan Vivid

Lucunya, 2 Bayi Harimau di Semarang Zoo Diberi Nama Covi dan VividIlustrasi (weheartit.com)

Kepala Sub Bagian Tata Usaha (KSBTU) Badan Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) Jawa Tengah Ilmi Budi Martani mengatakan, pemberian nama tersebut terinspirasi dari kondisi pandemik virus corona yang meluas di seluruh dunia, termasuk Indonesia. 

"Kita bersama rekan-rekan dari Pemkot akhirnya sepakat memberi nama Covi dan Vivid untuk anak harimau yang lahir di Semarang Zoo. Sebab, proses kelahirannya bertepatan dengan masa pandemik COVID-19, sehingga kondisi indukan harimau Benggala harus mendapat perawatan khusus," kata Ilmi saat berbincang dengan IDN Times, Rabu (15/7/2020).

Baca Juga: Ragunan Dibuka, Pengunjung Dibatasi 1.000 Orang dan Wajib KTP DKI

2. Lokasi Semarang Zoo mulai dibuka untuk umum

Lucunya, 2 Bayi Harimau di Semarang Zoo Diberi Nama Covi dan VividSeorang anak melihat koleksi satwa di kebun binatang Ragunan (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Ilmi mengatakan kedua bayi harimau yang berjenis kelamin betina itu menambah koleksi satwa yang ada di Semarang Zoo. Per Rabu 15 Juli 2020, Semarang Zoo telah dibuka untuk umum.

Dia menjelaskan proses re-opening di tengah pandemik COVID-19 merupakan usulan dari Pemkot Semarang, setelah pihaknya melakukan berbagai kajian teknis terkait kesehatan satwa dan kebersihan di kebun binatang.

"Kita lakukan re-opening dengan memberlakukan protokol kesehatan yang ketat. Tiap pengunjung yang masuk dicek suhu tubuhnya dan dianjurkan tidak dalam keadaan sakit," kata Ilmi.

3. Ada 286 ekor satwa yang menghuni Semarang Zoo

Lucunya, 2 Bayi Harimau di Semarang Zoo Diberi Nama Covi dan VividSuasana Ragunan di tengah Pandemik COVID-19 (IDN Times/Reynaldy Wiranata)

Sementara, Pelaksana Tugas Direktur Semarang Zoo Indriyasari mengatakan total koleksi satwa di taman satwa yang ia kelola saat ini sebanyak 286 ekor dan 68 spesies. 

"Dua anak harimau Benggala yang lahir pada 28 April membuat jumlah koleksi satwa bertambah. Untuk antisipasi penularan COVID-19 di bonbin (kebun binatang), kita sudah pasang tempat cuci tangan di gerbang pintu masuk, hingga beberapa titik di dekat kandang," kata dia.

Indriyasari mengklaim pihaknya sudah konsultasi dengan tim Gugus Tugas dan BKSDA, sebelum membuka kembali Semarang Zoo untuk umum. Semarang Zoo pun menggandeng operator wahana permainan PlaPlay, untuk menambah semarak suasana.

Semoga Covi dan Vivid sehat terus ya.

Baca Juga: Mengaku Bernama Corona, WNA Amerika di Bali Diamankan

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya