Comscore Tracker

2 Pemudik Tewas Akibat Minibus Terjun ke Irigasi di Tol Pekalongan

Diduga sopir kelelahan dan mengantuk

Pekalongan, IDN Times - Kecelakaan lalu-lintas kembali terjadi saat arus mudik Lebaran 2019. Kali ini, kecelakaan tunggal terjadi di ruas Tol Trans Jawa, tepatnya di Tol Pekalongan, Jawa Tengah.

Sebuah mobil Toyota Starlet bernomor polisi B 1157 KN terjun ke saluran irigasi sedalam 1,5 meter di pinggir tol. Akibatnya, dua penumpangnya tewas dan tiga lainnya luka-luka.

1. Diduga sopir ngantuk setelah menempuh perjalanan jauh

2 Pemudik Tewas Akibat Minibus Terjun ke Irigasi di Tol PekalonganHumas Basarnas Jateng

Diduga pengemudi mobil tersebut kelelahan akibat menempuh perjalanan panjang dari arah barat menuju Jawa Tengah. Kecelakaan tersebut mengakibatkan tiga penumpang terluka, sedangkan dua lainnya ditemukan meninggal dunia di lokasi kejadian.

"Kejadiannya tepat pukul 13.30 WIB siang tadi. Ketika kita melakukan evakuasi di lokasi, kita lihat ada lima penumpang di dalam mobil. Salah satunya perempuan dewasa, bayi, dan anak-anak. Dua korban yang ada di kursi depan meninggal dunia," kata Dani Fitra, anggota tim rescue SAR Semarang kepada IDN Times, Minggu (2/6).

Baca Juga: Tol Batang-Semarang Padat, One Way Diperpanjang Hingga Kalikangkung

2. Sebanyak 15 personel diterjunkan untuk mengevakuasi korban

2 Pemudik Tewas Akibat Minibus Terjun ke Irigasi di Tol PekalonganHumas Basarnas Jateng

Dani mengatakan kondisi atap mobil ringsek karena terbalik saat terjun ke dalam irigasi. Tim SAR berhasil mengevakuasi korban yang langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat, menggunakan ambulans yang siaga di area tol.

Dia menjelaskan proses evakuasi memakan waktu cukup lama karena kondisi irigasi yang dalam. Terdapat 15 personel gabungan dari SAR dan Jasa Marga yang mengevakuasi korban. 

"Semua korban sudah dibawa ke RS Siaga Medika Pemalang. Proses evakuasinya sendiri lancar, karena kebetulan arus tidak terlalu ramai," tutur Dani.

3. Pemudik diimbau sering beristirahat di rest area terdekat

2 Pemudik Tewas Akibat Minibus Terjun ke Irigasi di Tol PekalonganDok. Jasa Marga

Melihat banyaknya kecelakaan yang terjadi di ruas tol, Dani mengimbau kepada pemudik agar rehat jika kondisi tubuh terasa lelah. Pemudik, tak perlu memaksakan diri melanjutkan perjalanan bila sudah mengantuk.

Dani juga menyarankan kepada pemudik rutin mengecek kesehatannya di posko-posko kesehatan yang tersebar di ruas tol.

"Jangan pernah memaksakan perjalanan jika sudah ngantuk atau capek. Dengan kondisi seperti ini, pemudik sebaiknya langsung mampir ke rest area untuk beristirahat sejenak," kata Dani.

Baca Juga: Tak Semua Rest Area di Tol Cipali Memiliki Fasilitas Lengkap

Topic:

  • Anata Siregar
  • Rochmanudin

Just For You