Mobil Terjun ke Selokan di Tol Pekalongan, Dua Pemudik Tewas 

Diduga sopir kelelahan dan mengantuk

Pekalongan, IDN Times - Kecelakaan lalu-lintas kembali terjadi di masa arus musik Lebaran 2019. Kali ini, sebuah kecelakaan tunggal terjadi di ruas Tol Trans Jawa, tepatnya di titik tol Pekalongan, Jawa Tengah.

Sebuah mobil Toyota Starlet bernopol B 1157 KN terjun ke saluran irigasi sedalam 1,5 meter di pinggir jalan tol tersebut. Akibatnya, dua penumpangnya tewas dan tiga lainnya luka-luka.

1. Diduga sopir ngantuk setelah menempuh perjalanan jauh

Mobil Terjun ke Selokan di Tol Pekalongan, Dua Pemudik Tewas IDN Times/dok Humas Basarnas Jateng

Diduga pengemudi mobil tersebut kelelahan akibat menempuh perjalanan panjang dari arah barat menuju wilayah Jawa Tengah. Kecelakaan tersebut mengakibatkan tiga orang penumpang terluka. Sedangkan dua orang lagi ditemukan meninggal dunia di lokasi kejadian.

"Kejadiannya tepat pukul 13.30 WIB siang tadi, Mas. Ketika kita melakukan evakuasi di lokasi, kita lihat ada lima penumpang di dalam mobil. Salah satunya perempuan dewasa, bayi dan anak-anak. Dua korban yang ada di kursi depan meninggal dunia," kata Dani Fitra, anggota tim rescue SAR Semarang saat dikontak IDN Times, Minggu (2/6).

Baca Juga: Tol Batang-Semarang Padat, One Way Diperpanjang Hingga Kalikangkung

2. 15 personel diterjunkan untuk evakuasi para korban

Mobil Terjun ke Selokan di Tol Pekalongan, Dua Pemudik Tewas IDN Times/dok Humas Basarnas Jateng

Dani mengatakan kondisi atap mobil ringsek karena terbalik saat terjun ke dalam irigasi. Pihaknya berhasil mengevakuasi para korban untuk bawa ke rumah sakit terdekat menggunakan ambulans yang standby di area tol.

Menurutnya proses evakuasi memakan waktu cukup lama karena kondisi irigasi yang dalam. Pihaknya mengaku terdapat 15 personel gabungan dari SAR dan Jasa Marga yang mengevakuasi para korban. 

"Semua korban sudah dibawa ke RS Siaga Medika Pemalang. Proses evakuasinya sendiri lancar karena kebetulan arus tidak terlalu ramai," tutur Dani.

3. Pemudik diimbau sering beristirahat di rest area terdekat

Mobil Terjun ke Selokan di Tol Pekalongan, Dua Pemudik Tewas Dok. Jasa Marga

Melihat banyaknya kecelakaan yang terjadi di ruas tol, pihaknya mengimbau kepada para pemudik untuk rehat sejenak bila kondisi tubuh terasa lelah. Para pemudik, katanya tak perlu memaksakan diri untuk melanjutkan perjalanan bila sudah terasa mengantuk.

Dani menyarankan kepada pemudik untuk rutin mengecek kesehatannya di posko-posko kesehatan yang tersebar di ruas jalan tol.

"Jangan pernah memaksakan perjalanan jika sudah ngantuk atau capek. Dengan kondisi seperti ini, pemudik sebaiknya langsung mampir ke rest area untuk beristirahat sejenak," katanya.

Baca Juga: Tak Semua Rest Area di Tol Cipali Memiliki Fasilitas Lengkap

Topik:

Berita Terkini Lainnya