Comscore Tracker

KTP Raja Keraton Agung Sejagat Ternyata Palsu, Permaisurinya Juga!

Raja dan Ratu palsu tersebut kini mendekam di Mapolda Jateng

Semarang, IDN Times - Kapolda Jateng Irjen Pol Rycko Amelda mengatakan Dyah Gitarja yang selama ini dianggap sebagai permaisuri Keraton Agung Sejagat ternyata bukan istri Totok Santosa Hadiningrat.

"Yang diakui sebagai permaisurinya itu juga palsu. Dari hasil pendalaman penyelidikan yang kita lakukan, dia itu teman wanitanya saudara Totok yang aslinya dari Jakarta lalu tinggal di Yogyakarta," kata Rycko Amelda, Rabu (15/1).

Totok Santosa Hadiningrat sempat membuat heboh setelah dirinya mengaku sebagai Raja Keraton Agung Sejagat yang berdiri di Desa Pogung, Jurutengah, Kecamatan Bayan, Purworejo. Totok memiliki sedikitnya 450 pengikut. 

1. Totok menggunakan KTP palsu

KTP Raja Keraton Agung Sejagat Ternyata Palsu, Permaisurinya Juga!Topi prajurit Keraton Agung Sejagat juga disita polisi. IDN Times/Fariz Fardianto

Rycko menyatakan Totok Santosa Hadiningrat telah memalsukan identitas dirinya (KTP). Simbol-simbol kerajaan yang ia gunakan juga tidak ada yang asli.

"Ternyata semua simbol-simbol yang dia pakai selama ini palsu. Termasuk identitas KTP dan surat dokumen lainnya," kata Rycko.

Baca Juga: Raja dan Ratu Keraton Agung Sejagat Purworejo Diancam Penjara 10 Tahun

2. Totok mengaku menerima wangsit sebelum mendirikan kerajaan

KTP Raja Keraton Agung Sejagat Ternyata Palsu, Permaisurinya Juga!Kapolda Jateng menunjukan dua mahkota yang dipakai Raja dan Ratu Keraton Agung Sejagat. IDN Times/Fariz Fardianto

 Saat dimintai keterangan oleh polisi, Totok mengaku menerima wangsit untuk meneruskan pendirian kerajaan Mataram di Purworejo. 

"Jadinya dia meyakinkan orang-orang dengan mengumpulkan kartu-kartu identitas seperti PBB agar dia dianggap punya kredibilitas dan berkuasa sebagai seorang raja," katanya.

3. Totok sejak lama berencana membuat kerajaan di Purworejo

KTP Raja Keraton Agung Sejagat Ternyata Palsu, Permaisurinya Juga!Aparat Ditreskrimum Polda Jateng saat menunjukan barang bukti yang disita dari Keraton Agung Sejagat. IDN Times/Fariz Fardianto

Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol Iskandar Sutrisna, mengatakan Totok sudah sejak lama berencana mendirikan kerajaan. Tujuannya untuk memperdaya warga sekitar.

"Mereka melakukannya sudah sejak lama dan itu sudah direncanakan sebelumnya," katanya.

Baca Juga: Geger Keraton Agung Sejagat di Purworejo, Warga: Adanya Keraton Jin

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You