Comscore Tracker

Tali Putus, Pendaki Jatuh ke Kawah Candradimuka Gunung Lawu

Proses evakuasi memakan waktu hingga 5 jam

Karanganyar, IDN Times - Seorang pendaki terperosok ke dasar Kawah Candradimuka sedalam 10 meter ketika mendaki ke Gunung Lawu, Karanganyar, Jawa Tengah, Minggu (19/7/2020). Alam (31) terperosok lantaran tali yang ia pakai tiba-tiba putus.

Semula dia bersama empat teman cuma sekadar bermalam di Pos 2 Pendakian Gunung Lawu.

1. Rombongan pendaki yang turun ke kawah Candradimuka selamat, hanya Alam yang terperosok

Tali Putus, Pendaki Jatuh ke Kawah Candradimuka Gunung LawuTim SAR harus menandu Alam sampai ke bawah Gunung Lawu karena mengalami cidera. Dok Humas Basarnas Jateng

Pada Sabtu 18 Juli 2020, Alam dan rombongan melewati jalur pendakian Cemoro Kandang untuk melanjutkan perjalanan turun ke Kawah Candradimuka keesokan harinya atau Minggu 19 Juli 2020.

Sekitar pukul 07.30 WIB pagi, mereka kompak turun ke dasar kawah. Namun nahas, saat keempat rekannya berhasil turun ke bawah, Alam justru jatuh terperosok ke dasar kawah.

"Kita dapat laporan kalau tali yang dipakai sama saudara Alam putus. Jadinya dia langsung jatuh ke dasar kawah Candradimuka sedalam 10 meter," kata Kepala Basarnas Jateng, Nur Yahya dalam keterangan resmi yang diterima IDN Times.

Baca Juga: Pendaki Gunung Batur di Bali Tewas Terperosok ke Jurang

2. Butuh lima jam menyelamatkan nyawa pendaki yang jatuh ke dasar kawah

Tali Putus, Pendaki Jatuh ke Kawah Candradimuka Gunung LawuKondisi Alam saat dievakuasi dari kawah Condrodimuko. Dok Humas Basarnas Jateng

Tim Basarnas langsung bergegas ke lokasi kejadian saat mendapat laporan adanya pendaki jatuh ke kawah. Menurutnya proses evakuasi memakan waktu selama lima jam karena kondisi medan jalan yang terjal.

"Tim SAR (Surakarta) Solo yang mengevakuasi Alam berhasil menyelamatkan nyawanya. Butuh lima jam untuk mengevakuasi dia pakai peralatan vertical rescue," imbuh Nur.

3. Alam mengalami cedera di kepala akibat benturan

Tali Putus, Pendaki Jatuh ke Kawah Candradimuka Gunung LawuSejumlah regu penyelamat memadati jalur cemoro kandang untuk menunggu prosese evakuasi terhadap pendaki yang jatuh di kawah Condrodimuko. Dok Humas Basarnas Jateng

Ia menuturkan, kondisi Alam ketika dibawa turun gunung dalam keadaan selamat. Sekitar pukul 15.30 WIB, Alam berhasil dievakuasi tapi mengalami cedera di kepala akibat benturan serta kakinya yang terkilir.

"Selanjutnya survivor dibawa ke RSUD Karanganyar untuk mendapat penanganan lebih lanjut," imbuh Nur.

Baca Juga: Komunitas Pendaki Sulap Kedai Kopi Hits Jadi Dapur Umum COVID-19

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya