Comscore Tracker

Puncak Arus Mudik Kereta Api, Hari H Lebaran

Jumlah penumpang KA di Semarang melonjak sejak H-6

Semarang, IDN Times - Melambungnya harga tiket pesawat terbang rupanya membawa "berkah" bagi PT KAI selaku operator jasa perkeretaapian. Pada momentum arus mudik Lebaran tahun ini, banyak pemudik yang semula hendak menggunakan pesawat beralih  menggunakan kereta api.

Kepala PT KAI Daop IV Semarang, Mohamad Nurul Huda Dwi Santoso mengatakan prediksi puncak mudik Lebaran tahun ini di Semarang juga berubah. 

"Rata-rata sekitar 25 ribu orang sampai 181 ribu orang setiap hari. Sampai hari H kayaknya masih tinggi. Puncak mudiknya akan terjadi sampai hari H. Kalau puncak arus balik diperkirakan pada H+4," kata Huda kepada IDN Times, Minggu (2/6).

1. Puncak mudik via KA akan terjadi pada hari H Lebaran

Puncak Arus Mudik Kereta Api, Hari H LebaranIDN Times/Muhamad Iqbal

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, puncak arus mudik pada Lebaran tahun ini, diperkirakan terjadi pada hari H.

Pada prediksi awal, puncak mudik akan terjadi H-4 atau hingga H-3. Kenyataannya, sampai H-2 Lebaran peningkatan arus kedatangan penumpang kereta masih dirasakan di semua stasiun dari Tegal sampai Cepu.

Baca Juga: KAI Tambah Fasilitas untuk Pemudik di Stasiun Pasar Senen dan Gambir

2. Lonjakan penumpang kereta mencapai 9 persen setiap hari

Puncak Arus Mudik Kereta Api, Hari H LebaranIDN Times/Fariz Fardianto

Dwi mengungkapkan lonjakan penumpang kereta api cukup signifikan sejak H-6 Lebaran kemarin. Jika dibandingkan dengan capaian tahun lalu pada periode yang sama, peningkatan volume penumpang kereta yang turun maupun naik dari stasiun Daop IV di luar ekspektasi.

"Rata-rata lonjakan penumpang kereta api di wilayah kita setiap harinya sekitar 9 persen.  Padahal awalnya kita memprediksi naiknya cuma 3,5 persen. Capaian yang terjadi saat ini di luar ekspektasi kita," ungkap Huda.

3. Pemudik pilih naik kereta karena jadwalnya tepat waktu

Puncak Arus Mudik Kereta Api, Hari H LebaranIDN Times/Muhamad Iqbal

Huda menyampaikan dengan harga tiket pesawat yang cenderung mahal, saat ini para pemudik di Pulau Jawa hanya punya dua pilihan moda transportasi, yaitu menggunakan kendaraan pribadi, bus dan kereta api.

Huda mengklaim kereta api menjadi pilihan paling rasional di tengah padatnya arus lalu lintas baik di jalan tol maupun non tol. Selain kemudahan akses membeli tiket via online, pihaknya juga bisa memberikan kenyamanan penumpang di dalam kereta. Perjalanan kereta api juga bebas hambatan dan memiliki jadwal kedatangan maupun keberangkatan yang tepat waktu.

"Sekarang tinggal pemudik pilih kereta, bus atau memakai kendaraan pribadi. Tetapi dengan situasi jalan Tol Trans Jawa yang semakin padat, saya rasa tidak ada pilihan lain buat yang tidak punya kendaraan pribadi untuk naik kereta," jelas dia.

Baca Juga: Pemudik Kereta Jalur Pantura Diprediksi Capai 500 Ribuan Orang

4. Total pemudik yang menumpang kereta api di Semarang 140 ribuan orang

Puncak Arus Mudik Kereta Api, Hari H LebaranANTARA FOTO/Asep Fathulrahman

Manajer Humas PT KAI Daop IV Semarang, Krisbiyantoro, menambahkan penumpang kereta yang tiba di wilayahnya per hari ini telah mencapai 24.539 jiwa. Rinciannya, penumpang kereta yang tiba di Stasiun Semarang Poncol berjumlah 5.294 orang dan di Stasiun Semarang Tawang 6.355 orang.

Sementara di Stasiun Tegal berjumlah 4.854 penumpang, Stasiun Pekalongan 2.974 penumpang, Stasiun Cepu berjumlah 1.419 penumpang dan stasiun kecil lainnya sekitar 3.643 penumpang.

"Secara komulatif sejak 26 Mei sampai 2 Juni total keberangkatan penumpang kereta dari wilayah kami adalah 144.132 jiwa. Sedangkan kedatangan penumpang di waktu yang sama sudah ada sebanyak 176.260 jiwa,"  ujar dia. 

Baca Juga: Pemudik Kian Padat, PT KAI Daop 8 Tambah Kereta Api

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya