Comscore Tracker

Untag Semarang Buka Prodi Kepercayaan kepada Tuhan YME, Minat Daftar?

Para penghayat bisa daftar kuliah juga lho

Semarang, IDN Times - Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek) menunjuk Universitas 17 Agustus (Untag) Semarang untuk membuka program studi (prodi) Pendidikan Kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa (YME) di tahun ajaran 2019/2020. 

Keputusan itu terbit pada 12 Juni 2019 bernomor kop surat B/891/L6/KL.00.00/2019 dan telah ditandatangani oleh perwakilan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IV Kemenristek, DYP Sugiharto.

1. Untag dipilih karena rutin menangani kasus yang melibatkan penghayat

Untag Semarang Buka Prodi Kepercayaan kepada Tuhan YME, Minat Daftar?https://www.pexels.com/@pixabay

Rektor Untag Semarang, Prof. Suparno, mengatakan bahwa pembukaan prodi tersebut atas pertimbangan bahwa kampusnya selama ini sering menangani beberapa para penganut penghayat yang terjerat kasus hukum.

"Karena beberapa kali kami ikut advokasi perkara yang melibatkan penganut penghayatan, itu yang menjadi pertimbangan dari Kemenristek. Kami langsung menangkap peluang itu dengan membuka prodi Kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa," jelas Suparno kepada IDN Times, Jumat (14/6).

2. Prodi Kepercayaan kepada Tuhan YME masuk dalam tahun ajaran 2019

Untag Semarang Buka Prodi Kepercayaan kepada Tuhan YME, Minat Daftar?IDN Times/Istimewa

Baca Juga: 2 Cara Mengganti Kolom Agama Menjadi Penghayat Kepercayaan

Menurut Suparno, prodi Kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa (YME) dijadwalkan dibuka untuk tahun ajaran baru 2019/2020. Surat Keputusan (SK) yang diterbitkan Kemenristek akan diserahkan kepada Suparno pada Jumat pekan depan.

"Prodinya akan dibuka tahun ini. Nantinya kita tetap mengupayakan bisa mengakomodir mahasiswa yang berasal dari perkumpulan-perkumpulan penganut penghayat," cetusnya.

3. Prodi Kepercayaan kepada Tuhan YME akan diajarkan untuk S-1

Untag Semarang Buka Prodi Kepercayaan kepada Tuhan YME, Minat Daftar?Fariz Fardianto

Rektor Untag Semarang mengklaim universitasnya menjadi satu-satunya perguruan tinggi yang memiliki prodi Kepercayaan kepada Tuhan YME di Indonesia. Prodi itu bakal tergabung dalam Fakultas Seni dan Budaya di kampus Untag Bendan Nduwur Gajahmungkur. Prodi tersebut memiliki jenjang strata 1 (S1).

"Kita buka buat S1 dulu, kalau ke depan prospeknya bagus, akan dibuka lagi untuk yang S2. Kami sangat mengapresiasi langkah kementerian yang berani mengambil terobosan dengan mengizinkan ilmu pendidikan bagi kalangan minoritas dapat diajarkan di kampus kami. Saya menyambutnya dengan positif dan sangat gembira," ujar dia. 

4. Penyusunan mata kuliahnya akan melibatkan komunitas penghayat

Untag Semarang Buka Prodi Kepercayaan kepada Tuhan YME, Minat Daftar?pixabay/Ic3105

Pihaknya saat ini sedang menyusun rumusan mata kuliah yang akan diajarkan pada tahun ini. Penyusunan mata kuliah khusus prodi Kepercayaan kepada Tuhan YME melibatkan para praktisi pendidikan yang berkolaborasi dengan lembaga yang menaungi para penghayat.

Suparno berharap pembukaan prodi ini dapat memberikan pencerahan kepada masyarakat luas mengenai seluk-beluk ajaran yang terkandung dalam aliran Kepercayaan kepada Tuhan YME.

"Semoga ada yang tertarik mengikuti materi kuliahnya. Materinya (mata kuliah) sekarang masih disusun oleh panitia Kemenristek. Kita sudah menyiapkan enam dosen untuk mengajar. Dosennya kita pakai yang sesuai kompetensinya, ya bisa juga meminta bantuan dari para komunitas penghayat," bebernya.

Dengan susunan materi perkuliahan yang mumpuni, ia menargetkan prodi Kepercayaan kepada Tuhan YME dapat diajarkan selama rentang waktu delapan semester. Pihaknya masih mencari formula yang pas supaya mata kuliahnya mampu menarik minat banyak mahasiswa baru yang mendaftar ke Untag.

Baca Juga: BEM Untag Banyuwangi Gelar Aksi Ajak Masyarakat Tidak Golput

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Just For You