Comscore Tracker

Pulang dari Amerika Serikat, Warga Salatiga Positif Virus Corona

Salatiga dalam status tanggap darurat virus corona

Salatiga, IDN Times - Seorang warga Salatiga, Jawa Tengah,  dipastikan positif virus corona (COVID-19). Pasien tersebut diketahui mempunyai riwayat bepergian dari Amerika Serikat.

Pasien tersebut sebelumnya sempat dirawat di Rumah Sakit Paru Ario Wirawan. Namun pasien tersebut sudah dirujuk ke RSUP dr Kariadi Semarang, setelah mendapatkan izin dari pihak keluarga.

1. Pasien sudah dirujuk ke RSUP Kariadi

Pulang dari Amerika Serikat, Warga Salatiga Positif Virus CoronaSeorang pengunjung saat berada di pintu masuk RSUP dr Kariadi. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Wali Kota Salatiga Yuliyanto menjelaskan pasien tersebut sebelumnya sempat dirawat di Rumah Sakit Paru Ario Wirawan. Kini, pasien tersebut sudah dirujuk ke RSUP dr Kariadi Semarang, setelah mendapatkan izin dari pihak keluarga.

"Sekarang ada satu pasien positif corona. Keluarga yang meminta dirawat di RS Kariadi. Kita semua berdoa agar segera diberi kesembuhan dan wabah ini segera berakhir," kata dia, Selasa (31/3). 

Pulang dari Amerika Serikat, Warga Salatiga Positif Virus Corona(IDN Times/Arief Rahmat)

Baca Juga: Satu Dusun di Purbalingga Lockdown, 90 Orang Diisolasi!

2. Salatiga dalam status tanggap darurat virus corona

Pulang dari Amerika Serikat, Warga Salatiga Positif Virus CoronaSimulasi penanganan pasien virus corona di RSUP dr Kariadi Semarang. (ANTARA FOTO/Aji Styawan)

Yuliyanto mengatakan wilayahnya sudah ditetapkan status tanggap darurat penularan virus corona. Status ini berlaku sejak Selasa (31/3).

Ia mengimbau kepada semua warga agar meningkatkan kewaspadaan terhadap virus corona yang semakin meluas. Kota Salatiga akan menerapkan social distancing dan physical distancing lebih ketat. 

"Para Forkompimda, TNI, Polri, tokoh masyarakat saya minta untuk meningkatkan kewaspadaan," ujar Yuliyanto. 

3. Pemkot Salatiga siapkan sembako untuk warga terdampak virus corona

Pulang dari Amerika Serikat, Warga Salatiga Positif Virus CoronaPemenuhan sembako untuk warga isolasi mandiri di dua banjar Desa Denbantas. (Dok.IDN Times)

Kepala Dinas Sosial Salatiga Rochadi mengaku sudah menyiapkan bantuan bahan pokok kepada warga terdampak status tanggap darurat virus corona. 

Jumlah bantuan untuk warga berupa 5.531 paket sembako. Bantuan diberikan berdasarkan data yang sudah masuk ke Dinas Sosial.

"Ini segera dibagikan ke warga," ujar Rochadi. 

https://www.youtube.com/embed/aUrK9HlKpD8

Baca Juga: Meninggal, Pasien COVID-19 di Purwokerto Ada Riwayat dari Solo-Ungaran

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya