Beredar Video Banjir Lahar Merapi, BPPTKG: Jangan Panik  

Tersebar di grup WhatsApp

Yogyakarta, IDN Times- Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menanggapi sebuah video yang telah beredar luas di grup WhatsApp. 

Melalui akun Twitter resminya @BPPTKG menyatakan video tentang banjir lahar di aliran Sungai Gendol, Sleman bukan merupakan kejadian hari ini, Kamis (21/11) namun sudah terjadi di tahun 2011. 

Baca Juga: Museum Gunung Merapi: Memahami si Dia yang Tak Pernah Ingkar Janji

1. BPPTKG: Jangan panik

Beredar Video Banjir Lahar Merapi, BPPTKG: Jangan Panik  BPTTKG menyampaikan Video banjir lahar Merapi adalah hoaks. Sumber: Twitter BPPTKG

BPPTKG pun meminta masyarakat agar tidak panik dan mempercayai berita dari sumber yang tidak jelas. 

Jika masyarakat ingin mendapatkan informasi resmi tentang Gunung Merapi, pihak BPPTKG mempersilakan untuk menghubungi Kantor BPPTKG dengan nomor telepon 0274-514180, atau melalui media sosial Twitter dan Instagram serta website www.bgl.esdm.go.id

Setiap harinya BPPTKG selalu memberikan informasi terbaru mengenai perkembangan Gunung Merapi. 

2. Jangan percaya hoaks

Beredar Video Banjir Lahar Merapi, BPPTKG: Jangan Panik  IDN Times/Sukma Shakti

Sementara itu beberapa saat lalu, Sukirman, Koordinator Lintas Merapi Deles, Klaten, Jawa Tengah, kepada IDN Times menyatakan relawan yang tergabung dalam Lintas Merapi mengaku lebih takut dengan hoaks dibanding keadaan Merapi saat ini. 

"Kalau Merapi ada apa-apa, kami malah gak terlalu takut. Yang kami takutkan bukan aktivitas Merapi seperti saat ini (waspada–red), tapi pemberitaan yang gak benar atau hoaks. Sebaran informasi yang gak benar tentang Merapi itu lebih berbahaya," ujar Sukirman. 

3. Keadaan Gunung Merapi saat ini

Beredar Video Banjir Lahar Merapi, BPPTKG: Jangan Panik  Laporan aktivitas Gunung Merapi per Rabu (20/11). Sumber: Twitter BPPTKG

Berdasarkan data dari  BPPTKG, kondisi Merapi pada Rabu (20/11) pukul 24.00 WIB mengalami 3 kali kegempaan dengan frekuensi rendah, 1 kali gempa tektonik dalam dan 4 kali gempa tektonik. 

Sementara itu berdasarkan data visual Merapi, tampak asap solfatara berwarna putih, intensitas tipis dengan ketinggian 50 meter. 

Baca Juga: FOTO: Erupsi Gunung Merapi Terekam dari Bunker Kaliadem

Topik:

  • Febriana Sintasari
  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya