Comscore Tracker

Cek Fakta: Video Banjir Lahar Merapi, Benarkah?

Tersebar di grup WhatsApp

Yogyakarta, IDN Times - Sepanjang Kamis 21 November 2019, warga Yogyakarta dikejutkan dengan informasi terkait banjir lahar Gunung Merapi, menyusul letusannya akhir pekan lalu.  Informasi yang beredar luas di grup WhatsApp ini berisi video banjir lahar.

Video berdurasi lebih dari dua menit itu memperlihatkan derasnya aliran lahar di Kali Gendol, Sleman. 

Betulkah terjadi banjir lahar pascaletusan Merapi pada Minggu 17 November 2019?  Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menanggapi informasi beredar tersebut lewat akun Twitter-nya @BPPTKG.

Cek faktanya:

Baca Juga: Museum Gunung Merapi: Memahami si Dia yang Tak Pernah Ingkar Janji

1. Video banjir lahar Merapi benar, tetapi tidak terjadi Kamis kemarin

Cek Fakta: Video Banjir Lahar Merapi, Benarkah?BPTTKG menyampaikan Video banjir lahar Merapi adalah hoaks. Sumber: Twitter BPPTKG

Informasi yang dibagikan BPPTKG melalui akun Twitter-nya menyebutkan video tentang banjir lahar di aliran Sungai Gendol, Sleman  memang betul. Tetapi bukan kejadian Kamis kemarin, namun peristiwa delapan tahun lalu. Persisnya di tahun 2011. 

Karena itu, BPPTKG pun meminta masyarakat agar tidak panik dan tak mempercayai berita dari sumber yang tidak jelas. 

Jika masyarakat ingin mendapatkan informasi resmi tentang Gunung Merapi,  BPPTKG mempersilakan menghubungi kantor mereka di nomor 0274-514180, atau melalui media sosial Twitter dan Instagram serta website www.bgl.esdm.go.id

Setiap harinya BPPTKG selalu memberikan informasi terbaru mengenai perkembangan Gunung Merapi. 

2. Koordinator Lintas Merapi Deles meminta warga tidak percaya informasi palsu alias hoaks

Cek Fakta: Video Banjir Lahar Merapi, Benarkah?IDN Times/Sukma Shakti

Koordinator Lintas Merapi Deles, Klaten, Jawa Tengah, Sukirman, kepada IDN Times menyatakan, relawan yang tergabung dalam Lintas Merapi mengaku lebih takut dengan hoaks dibanding keadaan Merapi saat ini. 

"Kalau Merapi ada apa-apa, kami malah gak terlalu takut. Yang kami takutkan bukan aktivitas Merapi seperti saat ini (waspada), tapi pemberitaan yang gak benar atau hoaks. Sebaran informasi yang gak benar tentang Merapi itu lebih berbahaya," ujar Sukirman. 

3. Keadaan Gunung Merapi terkini pascaletusan 17 November 2019

Cek Fakta: Video Banjir Lahar Merapi, Benarkah?Kondisi Gunung Merapi pada Kamis 21 November 2019/Twitter BPPTKG

Berdasarkan data dari  BPPTKG, kondisi Merapi pada Kamis 21 November pukul 24.00 WIB mengalami satu kali kegempaan dengan frekuensi rendah, dan satu kali gempa tektonik.

Sementara itu berdasarkan data visual Merapi, tampak asap solfatara berwarna putih, intensitas sedang dengan ketinggian 50 meter di atas puncak. 

4. Kesimpulannya: video banjir lahar yang beredar itu menyesatkan

Cek Fakta: Video Banjir Lahar Merapi, Benarkah?ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Informasi yang beredar itu menyesatkan, karena video tersebut walaupun benar merupakan banjir lahar Gunung Merapi di Kali Gendol, Sleman, tetapi bukan kejadian terkini. Peristiwa itu terjadi tahun 2011.

Baca Juga: FOTO: Erupsi Gunung Merapi Terekam dari Bunker Kaliadem

Topic:

  • Umi Kalsum

Just For You