Comscore Tracker

6 Siswa SMP 1 Turi Tewas, Sultan Larang Warga Aktivitas di Sungai

Siswa SMP 1 Turi jadi korban saat kegiatan Pramuka 

Sleman, IDNTimes- Tragedi hanyutnya 6 siswa SMP Negeri 1 Turi Sleman, Yogyakarta saat melakukan kegiatan Pramuka menghentak publik. Akibat kejadian ini, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X langsung meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY mengeluarkan surat larangan aktivitas di sekitar sungai selama musim hujan.

Sebelumnya, Sri Sultan Hamengkubuwono X bersama GKR Hemas telah mendatangi SMP Negeri 1 Turi Sleman.

"Saya sudah berbicara dengan BPBD provinsi. Saya minta untuk mengeluarkan edaran selama musim hujan ini, saya mohon anak-anak sekolah maupun kelompok masyarakat menghindari kegiatan di pinggir sungai, apalagi masuk sungai. Karena itu sangat berbahaya," ujar Sultan, Jumat (21/2) malam. 

Baca Juga: Korban Susur Sungai Bertambah, 6 Murid Meninggal Dunia 

1. Larangan beraktivitas di sekitar sungai berlaku bagi semua warga masyarakat tanpa terkecuali

6 Siswa SMP 1 Turi Tewas, Sultan Larang Warga Aktivitas di SungaiSri Sultan HB X di SMP N 1 Turi . Twitter/TRCBPBDDIY

Tidak hanya untuk anak sekolah, larangan beraktivitas di sekitar sungai berlaku bagi semua warga masyarakat tanpa terkecuali. 

"Tanpa melihat pendidikan SD, SMP, dan SMA agar menghindari acara program kegiatan baik anak sekolah Pramuka dan asosiasi apa pun bentuknya, untuk tidak berkegiatan di pinggir sungai, apalagi aktivitas masuk ke sungai," Sultan menambahkan.

2. Sri Sultan: Keselamatan jadi yang utama

6 Siswa SMP 1 Turi Tewas, Sultan Larang Warga Aktivitas di SungaiPencarian korban susur sungai .Twitter/PoldaJogja

Sultan berpesan, keselamatan harus menjadi yang utama, oleh karena itu kegiatan yang berhubungan dengan sungai tidak perlu dilakukan. 

"Kita harus saling menjaga keselamatan itu nomor satu, sehingga sangat membahayakan. Sementara ini jangan melakukan aktivitas di sungai," ujar Sultan. 

Walaupun kegiatan itu bertujuan baik, yaitu untuk bersih desa atau bersih kali, menurut Sultan, hal tersebut tidak perlu dilakukan. 

"Tidak usah melakukan kegiatan di sungai pada waktu musim hujan."

3. Enam anak menjadi korban kegiatan susur sungai, 4 orang masih dicari

6 Siswa SMP 1 Turi Tewas, Sultan Larang Warga Aktivitas di SungaiKepala Basarnas DIY, Lalu Wahyu Efendi, mengabarkan jumlah murid SMP N 1 Turi yang meninggal di Sungai Sempor- IDN Times/Tunggul Damarjati

Enam murid SMP Negeri 1 Turi Sleman, meninggal dunia dalam kegiatan Pramuka saat susur Sungai Sempor, Donokerto, Turi pada Jumat (21/2) sore. 

Dari keterangan Kepala Basarnas DIY, Lalu Wahyu Efendi, diperkirakan saat kejadian ketinggian air sungai mencapai 1-2 meter. 

"Pada saat kejadian, ketinggian air mencapai 1-2 meter. Diduga korban meninggal karena terbawa arus yang kuat dan tidak bisa berenang."

Pencarian pada Jumat malam sempat dihentikan dan akan dilanjutkan kembali pada hari ini. Tim masih akan mencari empat murid lainnya.

Baca Juga: Kronologi Tragedi Susur Sungai yang Tewaskan 6 Siswa SMP N 1 Turi

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya