Uskup Agung dan Sri Sultan HB X, Sampaikan Pesan Natal 

Hiduplah Sebagai Sahabat Bagi Semua Orang

Kota Yogyakarta, IDN Times-- Uskup Agung Semarang, Mgr. Robertus Rubyatmoko, Pr hari ini menemui Gubernur DIY, Sri Sultan HB X, di Kompleks Kepatihan, Senin (23/12). Pertemuan dilakukan untuk membahas keharmonisan dan kerukunan hidup beragama di DIY. 

Uskup meminta umat Kristiani dapat meresapi pesan Natal tahun ini dengan tema “Hiduplah sebagai Sahabat Bagi Semua Orang”.

“Artinya, bisa menjadi saudara bagi orang lain. Ini cocok dengan yang bicarakan tadi, kedamaian, keharmonisan untuk Indonesia maju. Seperti deklarasi di Abu Dabi, antara Paus dengan Masjid Al Azar, dan Ahmed Al Thayib menjadi saudara. Deklarasi ini berusaha untuk mewujudkan kehidupan bersama yang damai dan rukun,” paparnya.

Selain soal kedamaian, pertemuan juga membahas tentang rencana untuk pemekaran Kevikepan Yogyakarta. “Kami berbincang mengenai pemekaran gereja kevikepan Yogyakarta yang rencananya kami mekarkan menjadi dua, di Yogyakarta bagian  timur dan barat,” katanya.

 

 

 

Baca Juga: Tak Hanya untuk Natal, 7 Manfaat Pohon Cemara yang Jarang Diketahui

1. Mengajak warga Yogyakarta selalu bersyukur

Uskup Agung dan Sri Sultan HB X, Sampaikan Pesan Natal pexels.com/@lulizler

Uskup Agung, Rubiyatmoko mengajak masyarakat Yogyakarta bisa menjadi harapan banyak orang. Daya tarik yang luar biasa sebagai pusat budaya, pendidikan dan bisa menjadikan suasana hati damai dan adem. 

“Maka jadi harapan bersama kiranya mencoba mengajak masyarakat Yogyaarta untuk menciptakan kota yang adem ayem, yang membuat orang kangen, jadi kota ngangeni. Mari kita mencoba untuk menciptakan atau menawarkan sesuatu yang baik atau yang ngangeni dengan mereka semua,” ucapnya.

2. Berharap setiap orang Kristiani dapat merayakan Natal

Uskup Agung dan Sri Sultan HB X, Sampaikan Pesan Natal Ilustrasi toleransi beragama (IDN Times/Sunariyah)

Uskup Agung berpendapat semua warga negara Indonesia yang beragama Kristiani dapat merayakan hari raya sesuai dengan agama dan imannya. Hal ini disampaikan menyikapi umat Kristiani di Kabupaten Dharmasraya dan Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, yang tidak bisa merayakan Natal. 

" Semua orang bisa merayakan sesuai agama dan imannya, kemarin Menag juga menyerukan soal ini maka menurut hemat saya larangan seperti itu tidak pada tempatnya terjadi di Indonesia yang sungguh menghayati atau menghargai Bhinneka Tunggal Ika,” ujarnya.

Uskup Agung Semarang pun meminta kajian terkait hal ini. Pihaknya mengaku tidak bisa memberikan penilaian secara langsung tanpa ada data yang konkret.

3. Sri Sultan berharap perayaan hari Natal dapat berlangsung dengan khidmat

Uskup Agung dan Sri Sultan HB X, Sampaikan Pesan Natal Gubernur DIY, Sri Sultan HB X. IDN Times/Tunggul Kumoro

Sementara itu, Sri Sultan HB X Gubernur DIY, berharap semua umat kristiani bisa merayakan hari Natal Sultan dalam keadaan sehat, keadaan makin baik dalam aspek hubungan kebersamaan maupun politik, ekonomi kesejahteraan dan sebagainya.

“Semoga dapat merayakan natal dengan khidmat. Setiap tahun kita selalu berharap lebih baik dalam aspek hubungan kebersamaan, politik dan ekonomi," ujar Sultan. 

Baca Juga: Warga Dilarang Rayakan Natal di Sumbar? Ini Penjelasan Menteri Agama

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya