Comscore Tracker

10 Ucapan Turut Berduka Cita: Tulus dan Disertai Doa Terbaik

Ucapan duka cita sebaiknya diiringi dengan doa terbaik

Jakarta, IDN Times – Berduka dan merasa kehilangan atas kepergian seseorang, apalagi orang terdekat, sudah menjadi fitrah manusia. Saat rasa duka tersebut sedang menyelimuti seseorang, maka orang-orang terdekat perlu menenangkan dan menguatkan.

Bentuk dukungan untuk menguatkan bisa ditunjukkan paling tidak dengan menyampaikan ucapan duka cita. Namun, harus dilihat juga ucapan duka cita yang tepat yang bisa disampaikan. 

Berikut beberapa referensi ucapan turut berduka cita yang penuh ketulusan serta mampu memberi dukungan bagi orang-orang yang ditinggalkan:

Baca Juga: Ucapan Duka Cita dalam Islam, Apa Saja?

1. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kekuatan lahir batin

10 Ucapan Turut Berduka Cita: Tulus dan Disertai Doa TerbaikKarangan bunga ucapan dukacita untuk KGPH Hadiwinoto. IDN Times/Tunggul Damarjati

Di tengah situasi sedih saat seseorang meninggal, sebaiknya ucapkan belasungkawa serta memberi doa bagi keluarga yang ditinggalkan dengan ucapan berikut:

Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Turut berduka cita yang sedalam-dalamnya. Semoga almarhum/almarhumah diampuni segala dosanya serta diterima segala amal ibadahnya oleh Allah, dan semoga keluarga yang ditinggal diberikan ketabahan dan kekuatan iman lahir batin."

2. Semoga almarhum ditempatkan di sisi Allah tempat paling indah

10 Ucapan Turut Berduka Cita: Tulus dan Disertai Doa TerbaikKarangan bunga dukacita untuk almarhum Prof Ofyar Z Tamin. (IDN Times/Istimewa).

Memberi ucapan turut berduka cita juga sebaiknya diiringi dengan doa serta harapan terbaik bagi almarhum/almarhumah dengan ucapan berikut:

Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Dari hati yang paling dalam, turut berduka cita atas meninggalnya almarhum. Semoga almarhum ditempatkan di sisi Allah, di tempat yang paling indah bersama orang-orang beriman dan beramal saleh.”

Baca Juga: Baca Selawat Nabi Ini Sebagai Penolong Saat Sakaratul Maut

3. Semoga amal dan ibadah almarhum diterima oleh Allah SWT

10 Ucapan Turut Berduka Cita: Tulus dan Disertai Doa TerbaikUcapan dukacita dari Presiden Joko Widodo. IDN Times/Tunggul Damarjati

Amal dan ibadah adalah satu-satunya hal yang dibawa sampai akhir hayat, alangkah baiknya bila ucapkan belasungkawa sambil memanjatkan doa agar amal dan ibadah almarhum mampu menyelamatkannya di akhirat nanti.

Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Almarhum meninggalkan kita semua begitu cepat. Semoga segala amal ibadahnya diterima Allah dan mampu menolongnya hingga dapat tempat terindah di sisi Allah.”

4. Semua ini adalah rencana indah dari Allah SWT

10 Ucapan Turut Berduka Cita: Tulus dan Disertai Doa TerbaikIDN Times/istimewa

Memberi dukungan bagi keluarga yang ditinggalkan sangat penting agar mereka tidak larut dalam kesedihan. Salah satu ucapan untuk menenangkannya adalah dengan ucapan sebagai berikut:

Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Turut berduka cita yang sedalam-dalamnya. Percayalah, semua ini adalah rencana terindah dari Allah. Sebaiknya kita ikhlaskan kepergiannya dengan ketabahan dan hati lapang.”

Baca Juga: 4 Fakta Sakaratul Maut, Paling Dahsyat bagi Orang Zalim

5. Ikhlaskan dan sekarang doakan almarhum

10 Ucapan Turut Berduka Cita: Tulus dan Disertai Doa TerbaikANTARA FOTO/Galih Pradipta

Sesungguhnya tiada hal yang dibutuhkan almarhum selain doa tulus dari orang-orang di sekitarnya. Untuk itu, jadikan ucapan turut berduka cita sebagai momentum mengajak orang-orang untuk mendoakan almarhum.

Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Sebaiknya kita ikhlaskan kepergiannya dan sekarang yang bisa kita lakukan hanyalah mendoakan almarhum yang telah pergi meninggalkan kita selamanya.”

6. Anggap semuanya sebagai ujian untuk menjadikan lebih kuat

10 Ucapan Turut Berduka Cita: Tulus dan Disertai Doa Terbaik

Agar orang yang ditinggalkan tidak sedih berlarut-larut, kita dapat menunjukkan belasungkawa dan memberi ucapan turut berduka cita sebagai berikut:

Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Aku turut merasakan kesedihan. Anggaplah semua ini ujian dan cobaan dari Allah untuk menjadikan kita sebagai hamba yang kuat. Percayalah, kesedihan ini pasti memiliki makna dan jalan terbaik untukmu.”

7. Ikhlas, semua milik Allah dan akan kembali kepada-Nya

10 Ucapan Turut Berduka Cita: Tulus dan Disertai Doa Terbaik

Menenangkan, memberi dukungan serta senantiasa mengingatkan orang yang ditinggalkan untuk ikhlas juga termasuk salah satu cara terbaik untuk berbelasungkawa, contohnya adalah kalimat berikut:

Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Kehilangan seseorang memang membuat sedih, tetapi tak ada yang lebih baik selain ikhlas agar almarhum bisa tenang di alam sana. Sesungguhnya kita semua milik Allah dan hanya kepada-Nya kita semua akan kembali.”

Baca Juga: Kumpulan Doa untuk Menghadapi Kematian dan Sakaratul Maut

8. Yakinlah ada hikmah baik dari kepergian ini

10 Ucapan Turut Berduka Cita: Tulus dan Disertai Doa TerbaikANTARA FOTO/Risky Andrianto

Ucapan turut berduka cita yang diiringi kalimat penyemangat sangat diperlukan oleh orang-orang yang ditinggalkan, seperti kalimat berikut:

Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Turut berduka cita. Segala sesuatu yang bernyawa sudah Allah tetapkan batas waktunya. Maka bersabdalah atas kejadian yang menimpamu ini. Percayalah pasti ada hikmah di balik semua ini.”

9. Insyaallah kalian akan dipertemukan kembali di tempat lebih baik

10 Ucapan Turut Berduka Cita: Tulus dan Disertai Doa TerbaikKarangan bunga ungkapan duka cita dari Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. IDN Times/Tunggul Kumoro

Saat seseorang ditinggalkan oleh orang yang dikasihinya, sebaiknya tunjukkan rasa belasungkawa dengan ucapan turut berduka cita sebagai berikut:

Inna lillahi wa inna ilahi raji'un. Saya turut berduka cita. Semoga kamu senantiasa diberi ketabahan. Insyaallah, kelak Allah pertemukan lagi kamu dengannya di tempat yang jauh lebih baik.”

10. Bersedihlah secukupnya sebagai tanda cinta, tapi percaya dia sudah tenang bersama Sang Pencipta

10 Ucapan Turut Berduka Cita: Tulus dan Disertai Doa TerbaikIlustrasi Duka Cita (IDN Times/Arief Rahmat)

Seseorang yang ditinggalkan karena kematian pasti sangat sedih, maka inilah saatnya kita memberi dukungan dengan kalimat berikut:

Inna lillahi wa inna ilahi raji'un. Kesedihan yang kamu rasakan sekarang adalah tanda bahwa kamu sangat mencintainya. Silakan bersedih secukupnya dan jangan lupa ikhlaskan. Percayalah, kini dia sudah tenang dan damai bersama Sang Pencipta.”

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya