Comscore Tracker

Doa dan Amalan untuk Meluluhkan Hati yang Keras

Bisa untuk diri sendiri maupun orang lain

Jakarta, IDN Times – Dalam hidup ini tentu kita tidak bisa menentukan siapa saja orang yang kita temui, termasuk bagaimana karakter diri orang-orang tersebut. Adakalanya kita akan bertemu seseorang yang baik dan penyabar, namun tak jarang pula kita dihadapkan dengan orang yang mudah emosi bahkan keras hati.

Sebab kita tidak bisa merubah karakter seseorang dalam sekejap mata, maka langkah yang dapat kita lakukan adalah meminta pertolongan Allah SWT, yakni dengan membaca doa untuk meluluhkan hati yang keras.

Berikut ini beberapa doa dan amalan yang dapat kamu lakukan dalam menghadapi kerasnya hati:

Baca Juga: 6 Doa Ajaran Rasulullah SAW untuk Orang Sakit

1. Doa menghadapi kerasnya hati seseorang, termasuk suami dan anggota keluarga

Doa dan Amalan untuk Meluluhkan Hati yang KerasIlustrasi perempuan muslim berdoa (freepik.com/mkitina4)

Dikutip dari buku 'Pintar Ibadah: Dilengkapi: Tuntunan Shalat Wajib, Shalat Sunat, Zakat' karya Ustaz H Fatkhur Rahman, terdapat doa yang dapat dibaca sebagai permohonan agar Allah SWT meluluhkan hati seseorang.

Doa untuk meluluhkan hati seseorang ini termasuk untuk suami maupun anggota keluarga yang lain. Adapun bacaan doanya adalah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ إِنَّكَ أَنْتَ الْعَزِيْزُ الْكَبِيْرُ وَأَنَا عَبْدُكَ الضَّعِيْفُ الذَّلِيْلُ الَّذِيْ لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِكَ، اللَّهُمَّ سَخِّرْ لِيْ كَمَا سَخَّرْت فِرْعَوْنَ لِمُوْسَى وَلَيِّنْ لِيْ قَلْبَهُ كَمَا لَيَّنْتَ الْحَدِيْدَ لِدَاوُدَ فَإِنَّهُ لَا يَنْطِقُ إِلَّا بِإِذْنِكَ نَاصِيَتُهُ فِيْ قَبْضَتِكَ وَقَلْبُهُ فِيْ يَدِكَ جَلَّ ثَناَءُ وَجْهِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Allaahumma innaka antal azizul kabir. Wa anaa abduka adhdhoiifudzdzaliil. Alladzii laa khaula wa laa quwwata illaa bika. Allaahumma sakhkhir lii amrii kama sakhkhorta firauna li musa. Wa layyin li qolbahuu kama layyantalhadiida li dawuda. Fa innahu la yantiqu illa bi idznika. Nashiyatuhuu fii qobdhatika. Wa qolbuhuu fi yadiKka. Jalla tsanau wajhik. ya arkhamar rakhimiin

Artinya: “Ya Allah bahwasanya Engkaulah yang Maha Perkasa lagi Maha Besar. Dan sesungguhnya aku ini adalah hamba-Mu yang hina lagi lemah. Ya Allah mudahkanlah bagiku urusanku, sebagaimana Engkau mudahkan bagi urusan Fir'aun kepada Musa dan lunak hati manusia bagiku sebagaimana Engkau lunakkan besi bagi Nabi Daud. Engkaulah adalah sebaik-baik pemimpin dan sebaik-baik penolong, wahai Tuhan Yang Maha Hidup, Wahai Tuhan Yang Maha Penguasa, Wahai Tuhan Yang Punya Keagungan dan Kemuliaan, perkenanlah ya Allah.”

2. Doa meluluhkan hati seseorang dan disayangi

Doa dan Amalan untuk Meluluhkan Hati yang KerasIlustrasi berdoa (IDN Times/Prayugo Utomo)

Berdoa untuk meluluhkan hati seseorang juga dapat digunakan sebagai permintaan agar disayangi oleh orang tersebut. Rasa kasih sayang juga menjadi hal yang penting dalam kehidupan, terutama saat menjalin hubungan antar sesame manusia,

Berikut ini adalah doa yang dapat dibaca untuk membuat orang-orang di sekitar menyayangi kita:

وَاَلْقَيْتُ عَلَيْكَ مَحَبَّةً مِّنِّيْ ەۚ وَلِتُصْنَعَ عَلٰى عَيْنِيْ

Wa-alqaytu ‘alayka mahabbatan minnii walitushna’a ‘alaa ‘aynii

Artinya: “Aku telah melimpahkan kepadamu kasih sayang yang datang dari-Ku; dan agar engkau diasuh di bawah pengawasan-Ku.” (Qs. Taha: 39)

Baca Juga: Waktu Terbaik untuk Berdoa dan 3 Doa yang Perlu Dipanjatkan

3. Amalan untuk melunakkan kerasnya hati diri sendiri

Doa dan Amalan untuk Meluluhkan Hati yang KerasIlustrasi (IDN Times/Sunariyah)

Tidak hanya berharap dapat meluluhkan hati seseorang, kita juga harus bisa melunakkan hati sendiri, agar orang-orang di sekitar juga nyaman dengan keberadaan kita. Melunakkan hati sendiri juga penting agar tidak menjadi penyakit hati yang susah disembuhkan.

Dilansir dari nu.or.id, Rasulullah SAW pernah mengajarkan sebuah amalan untuk melunakkan hati diri sendiri, sebagaimana tercantum dalam hadis riwayat al-Hakim dalam al-Mustadrak.

Suatu hari seorang laki-laki datang mengadu kepada SAW tentang hatinya yang keras (qaswatul qalb). Nabi menjawab:

إن أردت تلين قلبك، فأطعم المسكين، وامسح رأس اليتيم

Artinya: “Jika kamu ingin melunakkan hatimu maka berilah makan orang miskin dan usaplah kepala anak yatim.”

Mengusap kepala anak yatim dalam ajaran tersebut merupakan kiasan dari anjuran untuk menyayangi, berlemah lembut, dan mengayomi mereka. Sebagaimana sabda Nabi berikut ini:

من مسح رأس يتيم أو يتيمة لم يمسحه إلا لله ، كان له بكل شعرة مرت عليها يده حسنات ، ومن أحسن إلى يتيمة أو يتيم عنده ، كنت أنا وهو في الجنة كهاتين ، وقرن بين أصبعيه

Artinya: “Barang siapa yang mengusap kepala anak yatim laki-laki atau perempuan hanya karena Allah, baginya setiap rambut yang diusap dengan tangannya itu mengalirkan banyak kebaikan, dan barangsiapa berbuat baik kepada anak yatim perempuan atau laki-laki yang dia asuh, aku bersama dia di surga seperti ini (Nabi menyejajarkan dua jarinya).”

Baca Juga: Doa Tobat dari Perbuatan Dosa untuk Diri Sendiri

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya