Comscore Tracker

Doa-doa Terbaik bagi Pasangan Baru Menikah, Termasuk di Malam Pertama

Ada doa khusus untuk mempelai pria

Jakarta, IDN Times – Momen pernikahan menjadi salah satu yang paling membahagiakan dalam kehidupan manusia di dunia. Untuk itu, sudah selayaknya kita turut berbahagia setiap kali melihat atau menghadiri pesta pernikahan seseorang.

Di tengah kebahagiaan tersebut, alangkah baiknya bila kita dapat membacakan doa untuk orang yang baru menikah, sebagaimana ajaran Rasulullah SAW. Tujuannya, agar kehidupan rumah tangga pengantin baru tersebut senantiasa dipenuhi dengan rahmat dan berkah Allah SWT.

Berikut beberapa doa untuk pasangan yang baru menikah sperti dilansir dari laman nu.or.id: 

Baca Juga: Gak Perlu Minder, Baca Doa Ini untuk Menghilangkan Jerawat

1. Doa untuk pengantin yang baru menikah

Doa-doa Terbaik bagi Pasangan Baru Menikah, Termasuk di Malam PertamaPernikahan di tengah pandemik virus corona di Indonesia (IDN Times/Candra Irawan)

Muhyiddin Abu Zakaria Yahya bin Syaraf al-Nawawi al-Dimasyqi dalam kitab berjudul Al-Adzkâr al-Muntakhabah min Kalâmi Sayyid al-Abrâr menyebutkan sebuah doa yang dapat dibacakan bagi pasangan yang baru saja melangsungkan akad nikah.

Doa tersebut berisi permohonan agar kedua mempelai mendapatkan keberkahan dari Allah SWT dalam perjalanan rumah tangganya. Adapun doanya sebagai berikut:

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِيْ خَيْرٍ. بَارَكَ اللهُ لِكُلِّ وَاحِدٍ مِنْكُمَا فِيْ صَاحِبِهِ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِيْ خَيْرٍ

Bârakallâhu laka wa jama’a bainakumâ fî khairin. Bârakallahu likulli wâhidin minkumâ fî shâhibihi wa jama’a bainakumâ fî khairin.

Artinya: Berkah Allah (semoga tercurahkan) bagimu. Dan (semoga) Allah mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan. Berkah Allah (semoga tercurahkan) bagi masing-masing kalian berdua atas pasangannya, dan (semoga) Allah mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan.

2. Doa khusus untuk mempelai pria

Doa-doa Terbaik bagi Pasangan Baru Menikah, Termasuk di Malam PertamaIDN Times/Indah Permata Sari

Selain doa di atas, ada pula doa yang dapat diberikan secara khusus kepada mempelai pria yang biasanya dibaca saat berjabat tangan.

Doa ini merupakan ucapan selamat sekaligus mendoakan kebahagiaan. Berikut doanya:

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِيْ خَيْرٍ وَعَافِيَةٍ

Bârakallâhu laka, wa bâraka ‘alaika, wa jama‘a bainakumâ fî khairin wa ‘afiyah.

Artinya: Semoga Allah SWT memberi berkah untukmu. Semoga Allah menurunkan kebahagiaan atasmu. Semoga Allah SWT menyatukan kamu berdua dalam kebaikan dan ‘afiyah'.

3. Doa-doa yang bisa dibaca pasangan pengantin, termasuk saat malam pertama

Doa-doa Terbaik bagi Pasangan Baru Menikah, Termasuk di Malam PertamaDoli Siregar saat di acara pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution beberapa waktu lalu (ANTARA FOTO/Maulana Surya)

Pasangan yang baru saja menikah juga dianjurkan untuk membaca beberapa doa, agar setiap langkah dalam perjalanan rumah tangganya mendapat berkah dan perlindungan Allah SWT. Berikut doa-doanya:

  • Doa yang dibaca suami untuk istri setelah akad nikah

Sesaat setelah akad, suami dianjurkan memegang ubun-ubun istrinya sembari melafalkan doa berikut:

Allahumma inni as'aluka min khairiha wa khairi ma jabaltaha 'alaihi. Wa a'udzubika min syarriha wa syarri ma jabaltaha 'alaihi

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu kebaikan dirinya dan kebaikan yang Engkau tentukan atas dirinya. Dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukannya dan keburukan yang Engkau tetapkan atas dirinya.

  • Doa pengantin di malam pertama

Pasangan yang baru saja resmi menjadi suami-istri ketika pertama kali berjumpa di kamar pengantin, mempelai pria dianjurkan membaca doa berikut ini:

Bârakallâhu likulli wâhidin minnâ fî shâhibih.

Artinya: Semoga Allah memberkahi setiap kita.

Setelah itu, mempelai pria dianjurkan untuk membaca doa yang diajarkan Rasulullah SAW sebagai berikut:

Allâhumma innî as’aluka khairahâ wa khairamâ jabaltahâ alaih. Wa a‘ûdzubika min syarrihâ wa syarrimâ jabaltahâ alaih.

Artinya: Tuhanku, kepada-Mu aku memohon kebaikan istriku dan kebaikan sifat yang Kau ciptakan untuknya. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan istriku dan keburukan sifat yang Kau ciptakan untuknya.

  • Doa meminta amanah keturunan

Pasangan suami istri yang mengharapkan segera diberi keturunan juga dianjurkan untuk membaca doa yang tercantum dalam ayat Al-Quran sebagai berikut:

Robbi hab lii mil ladungka zurriyyatang thoyyibah, innaka samii'ud-du'aaa

Artinya: Ya Allah, berilah aku keturunan yang baik dari sisi-Mu, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar doa. (QS. Ali Imran: 38)

Robbi laa tazarnii fardaw wa angta khoirul-waarisiin

Artinya: Ya Allah, janganlah Engkau biarkan aku hidup seorang diri (tanpa keturunan) dan Engkaulah ahli waris yang terbaik." (QS. Al-Anbiya: 89)

Baca Juga: Doa Saat Bertemu Ular dan Cara Mengusirnya Agar Terhindar dari Bahaya

Topic:

  • Sunariyah
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya