Comscore Tracker

Doa Ketika Dilanda Perasaan Sedih dan Gundah

Berdoa adalah cara memohon petunjuk dari Allah SWT

Jakarta, IDN Times – Berdoa sebagai cara manusia berkomunikasi dengan Allah SWT memang sebaiknya dilakukan di segala kondisi dan situasi, termasuk saat sedang merasa sedih, gundah, cemas dan lain sebagainya. Justru, berdoa adalah obat penenang hati paling mujarab untuk menghilangkan perasaan-perasaan tersebut.

Manfaat lain dari membaca doa saat dilanda perasaan sedih dan gundah ialah akan membuat pikiran menjadi lebih lega dan siap menghadapi situasi sulit.

Bila kita berdoa, Allah SWT senantiasa akan memberikan kekuatan, keyakinan serta keberanian bagi setiap umat-Nya hingga merasa lebih baik.

Adapun doa-doa yang dapat dibaca saat merasa sedih adalah sebagai berikut:

1. Doa saat dihantui rasa sedih dan gelisah hingga tidak bisa tidur

Doa Ketika Dilanda Perasaan Sedih dan GundahIDN Times/Anjani Eka Lestari

Dilansir dari laman nu.or.id, Rasulullah SAW pernah mengajarkan bacaan doa untuk dibaca ketika merasa gelisah. Doa tersebut diajarkan oleh Rasulullah SAW kepada sahabat Al-Walid Ibnul Walid yakni sebagai berikut:

أعُوذُ بِكَلِماتِ اللَّهِ التَّامَّاتِ مِنْ غَضَبِهِ وَعِقابِهِ وَشَرِّ عِبَادِهِ، وَ مِنْ هَمَزَاتِ الشَّياطِينِ وأنْ يَحْضُرُونِ‏

A‘ūdzu bi kalimātillāhit tāmmāti min ghadhabihī, wa ‘iqābihī, wa syarri ‘ibādihī, wa min hamazātis syayāthīni wa an yahdhurūn.

Artinya, “Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari murka-Nya, siksa-Nya, keburukan hamba-Nya, gangguan setan, dan setan yang hadir.”

Baca Juga: Kumpulan Doa untuk Ibu, Lengkap dengan Artinya

2. Doa untuk menghilangkan perasaan cemas

Doa Ketika Dilanda Perasaan Sedih dan GundahIlustrasi berdoa (IDN Times/Prayugo Utomo)

Selain doa di atas, ada pula doa untuk dibaca kapanpun kita merasa cemas dan tidak tahu harus berbuat apa. Doa ini diriwayatkan oleh Imam At-Thabarani yakni sebagai berikut:

سُبْحَانَ المَلِكِ القُدُّوْسِ رَبِّ المَلَائِكَةِ وَالرُّوْحِ  جَلَّلْتَ السَّمَوَاتِ وَ الأرْضَ بالعِزَّةِ والجبَرُوتِ

Subhānal malikil quddūs, rabbil malā’ikati war rūh, jallaltas samāwāti wal ardha bil ‘izzati wal jabarūt.

Artinya, “Maha suci Tuhan yang Kudus, Tuhan para malaikat dan Jibril. Kau besarkan langit dan bumi dengan kemuliaan dan kekuasaan-Mu.”

3. Doa untuk membuat pikiran menjadi terang

Doa Ketika Dilanda Perasaan Sedih dan GundahIlustrasi Berdoa (IDN Times/Sunariyah)

Saat dilanda perasaan sedih ataupun gelisah, seringkali kita juga akan dihadapkan pada situasi jenuh dan buntu dalam berpikir.

Bila demikian, dianjurkan untuk membaca doa berikut agar Allah SWT senantiasa membantu kita membuat pikiran menjadi terang dan dapat berpikir dengan jernih kembali.

اَللّٰهُمَّ اجْعَلْ لِيْ نُوْرًا فِيْ قَلْبِيْ، وَنُوْرًا فِيْ قَبْرِيْ، وَنُوْرًا فِيْ سَمْعِيْ، وَنُوْرًا فِيْ بَصَرِيْ، وَنُوْرًا فِيْ شَعْرِيْ، وَنُوْرًا فِيْ بَشَرِيْ، وَنُوْرًا فِيْ لَحْمِيْ، وَنُوْرًا فِيْ دَمِيْ، وَنُوْرًا فِيْ عِظَامِيْ. وَنُوْرًا مِنْ بَيْنِ يَدَيَّ، وَنُوْرًا مِنْ خَلْفِيْ، وَنُوْرًا عَنْ يَمِيْنِيْ، وَنُوْرًا عَنْ شِمَالِيْ، وَنُوْرًا مِنْ فَوْقِيْ، وَنُوْرًا مِنْ تَحْتِيْ. اَللّٰهُمَّ زِدْنِيْ نُوْرًا، وَاَعْطِنِيْ نُوْرًا، وَاجْعَلْ لِيْ نُوْرًا، وَاجْعَلْنِيْ نُوْرًا

Allāhummaj‘al lī nūran fī qalbī, wa nūran fī qabrī, wa nūran fī sam‘ī, wa nūran fī basharī, wa nūran fī sya‘rī, wa nūran fī basyarī, wa nūran fī lahmī, wa nūran fī damī, wa nūran fī ‘izhāmī, wa nūran min bayni yadayya, wa nūran fī khalfī, wa nūran ‘an yamīnī, wa nūran ‘an syimālī, wa nūran min fawqī, wa nūran min tahtī. Allāhumma zidnī nūrā. Wa a‘thinī nūrā. Waj‘al lī nūrā. Waj‘alnī nūrā.

Artinya, "Ya Allah jadikanlah cahaya pada hatiku, kuburku, pendengaranku, penglihatanku, rambutku, kulitku, dagingku, darahku, tulang-tulangku, di hadapanku, belakangku, sisi kananku, sisi kiriku, sisi atasku, dan pada sisi bawahku. Ya Allah tambahkanlah cahaya bagiku. Berikanlah cahaya kepadaku. Jadikanlah cahaya bagiku. Jadikanlah diriku bercahaya."

Baca Juga: Rangkaian Doa untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya