Comscore Tracker

Doa Saat Bertemu Ular dan Cara Mengusirnya Agar Terhindar dari Bahaya

Islam tidak menganjurkan membunuh ular, hanya jenis tertentu

Jakarta, IDN Times – Di Indonesia, beberapa kali terjadi fenomena ular masuk ke rumah warga atau muncul di tempat-tempat yang tidak seharusnya. Peristiwa ini seringkali membuat panik, sebab ular terkenal sebagai hewan yang berbahaya.

Biasanya, kemunculan ular terjadi di musim hujan saat hewan tersebut keluar dari semak belukar, rawa atau sungai dan naik ke area permukiman warga.

Bila terjebak dalam situasi bertemu ular, selain upaya-upaya lahiriah seperti mengusirnya atau pergi dari tempat tersebut, ada doa-doa yang dapat dibaca saat berhadapan dengan ular, sehingga terlindung dari bahaya. Berikut doanya:

Baca Juga: Ziarah Kubur, Doa-Doa yang Diajarkan Rasulullah Saat Mengunjungi Makam

1. Doa untuk mengusir ular

Doa Saat Bertemu Ular dan Cara Mengusirnya Agar Terhindar dari BahayaUlar kobra yang masuk rumah warga (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Dikutip dari nu.or.id, ada! doa yang secara khusus dapat dibaca dengan tujuan untuk mengusir ular maupun hewan-hewan berbahaya lainnya. Doa ini merupakan wujud permohonan kita agar senantiasa dilindungi Allah SWT.

Berikut ini doanya:

يَا أَرْضُ رَبِّيْ وَرَبُّكِ اللهُ أَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شَرِّكِ وَشَرِّ مَا فِيْكِ وَشَرِّ مَا يَدِبُّ عَلَيْكِ أَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ أَسَدٍ وَأَسْوَدٍ وَحَيَّةٍ وَعَقْرَبٍ وَمِنْ شَرِّ وَالِدٍ وَمَا وَلَدٍ وَمِنْ شَرِّ سَاكِنِ الْبَلَدِ 

Yâ ardhu, rabbî wa rabbukillâh. A‘ûdzu billâhi min syarriki, wa syarrimâ fîki, wa syarrimâ yadibbu ‘alaiki. A‘ûdzu billâhi min asadin wa aswadin wa hayyatin wa ‘aqrabin wa min syarri wâlidin wa mâ walad wa min syarri sâkinil balad.

Artinya: Hai bumi, Tuhanku dan Tuhanmu adalah Allah. Aku berlindung kepada Allah dari kejahatanmu, kejahatan barang yang ada padamu, kejahatan barang yang berjalan di atasmu. Aku berlindung kepada Allah dari macan, ular hitam, segala ular, kalajengking, dari kejahatan segala yang beranak dan yang diberanakkan, dan dari kejahatan yang berdiam di tempat ini.

2. Doa memohon selamat dan tolak bala

Doa Saat Bertemu Ular dan Cara Mengusirnya Agar Terhindar dari BahayaIlustrasi berdoa (IDN Times/Sukma Shakti)

Bila berjumpa dengan ular bahkan terjebak dalam situasi yang membahayakan, kita juga dapat membaca doa selamat dan tolak bala yang berisi permohonan kepada Allah agar diberi keselamatan, dijauhkan dari bencana serta siksa akhirat.

Berikut ini lafal bacaan doa selamat dan tolak bala:

اللَّهُمَّ افْتَحْ لَنَا أَبْوَابَ الخَيْرِ وَأَبْوَابَ البَرَكَةِ وَأَبْوَابَ النِّعْمَةِ وَأَبْوَابَ الرِّزْقِ وَأَبْوَابَ القُوَّةِ وَأَبْوَابَ الصِّحَّةِ وَأَبْوَابَ السَّلَامَةِ وَأَبْوَابَ العَافِيَةِ وَأَبْوَابَ الجَنَّةِ

اللَّهُمَّ عَافِنَا مِنْ كُلِّ بَلَاءِ الدُّنْيَا وَعَذَابِ الآخِرَةِ وَاصْرِفْ عَنَّا بِحَقِّ القُرْآنِ العَظِيْمِ وَنَبِيِّكَ الكَرِيْمِ شَرَّ الدُّنْيَا وَعَذَابَ الآخِرَةِ،غَفَرَ اللهُ لَنَا وَلَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ، سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ العِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلَامٌ عَلَى المُرْسَلِيْنَ وَ الْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَلَمِيْنَ

Allāhummaftah lanā abwābal khair, wa abwābal barakah, wa abwāban ni‘mah, wa abwābar rizqi, wa abwābal quwwah, wa abwābas shihhah, wa abwābas salāmah, wa abwābal ‘āfiyah, wa abwābal jannah.  

Allāhumma ‘āfinā min kulli balā’id duniyā wa ‘adzābil ākhirah, washrif ‘annā bi haqqil Qur’ānil ‘azhīm wa nabiiyikal karīm syarrad duniyā wa ‘adzābal ākhirah. Ghafarallāhu lanā wa lahum bi rahmatika yā arhamar rāhimīn. Subhāna rabbika rabbil ‘izzati ‘an mā yashifūn, wa salāmun ‘alal mursalīn, walhamdulillāhi rabbil ‘ālamīn.

Artinya: Ya Allah, bukalah bagi kami pintu kebaikan, pintu keberkahan, pintu kenikmatan, pintu rezeki, pintu kekuatan, pintu kesehatan, pintu keselamatan, pintu afiyah, dan pintu surga.  

Ya Allah, jauhkan kami dari semua ujian dunia dan siksa akhirat. Palingkan kami dari keburukan dunia dan siksa akhirat dengan hak Al-Qur’an yang agung dan derajat nabi-Mu yang pemurah. Semoga Allah mengampuni kami dan mereka. Wahai, zat yang maha pengasih. Maha suci Tuhanmu, Tuhan keagungan, dari segala yang mereka sifatkan. Semoga salam tercurah kepada para rasul. Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam.

3. Hukum membunuh ular dalam Islam

Doa Saat Bertemu Ular dan Cara Mengusirnya Agar Terhindar dari BahayaPetugas DPKP PPU saat menanganan ular kobra di rumah warga (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Meskipun membahayakan, sesungguhnya Islam memiliki anjuran tersendiri dalam menghadapi ular.

Salah satu hadis riwayat menyebutkan, Rasulullah menganjurkan para sahabatnya untuk hanya membunuh ular yang berekor buntung dengan dua lajur putih memanjang di punggungnya, yakni sebagai berikut:

“Aku mendengar bahwa Rasulullah melarang kami membunuh ular yang ada di dalam rumah, kecuali ular yang berekor pendek (atau yang putus ekornya) dan mempunyai dua garis lurus berwarna putih di punggungnya. Ular yang seperti ini mampu membutakan mata manusia dan membunuh janin di dalam kandungan ibu hamil,” (HR. Muslim dan Ahmad dari Abu Lubabah al-Ansari).

Dari riwayat tersebut, dapat disimpulkan bahwa kita tidak dianjurkan untuk membunuh ular yang masuk ke tempat yang tidak seharusnya apabila ular itu tidak mengancam keselamatan.

Selain itu, beberapa ulama menyebut bahwa jika harus membunuh ular, sebaiknya dilakukan dengan baik yakni dalam sekali pukulan.

4. Cara-cara mengusir ular

Doa Saat Bertemu Ular dan Cara Mengusirnya Agar Terhindar dari BahayaUlar piton atau sawah yang masuk ke pemukiman warga (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Masyarakat Indonesia sudah sangat familiar dengan cara mengusir ular menggunakan garam. Padahal ada cara-cara lain yang lebih efektif dalam mengusir ular dan mencegah ular masuk ke dalam rumah, antara lain:

  • Menutup retakan tanah yang ada di rumah
  • Semprotkan wangi-wangin ke dalam rumah
  • Menjaga kebersihan di tempat lembab
  • Letakkan keset yang memiliki permukaan kasar
  • Jangan jadikan batu besar sebagai hiasan taman

Baca Juga: Doa saat Angin Kencang Sesuai Ajaran Rasulullah SAW

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya