Comscore Tracker

Doa Sahur dan Doa Berbuka Puasa pada Bulan Ramadan 

Rasulullah menganjurkan sahur meski hanya dengan seteguk air

Jakarta, IDN Times – Umat Muslim di seluruh dunia kini sudah mulai menjalani ibadah puasa Ramadan 1442 Hijriah. Seperti telah diumumkan Menteri Agama Yaqut Cholil Qaumas pada Senin petang, 12 April 2021, puasa Ramadan di Indonesia mulai pada hari ini, Selasa (13/4/2021).

Terlepas dari hukum wajib berpuasa di bulan Ramadan, sesungguhnya puasa memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, dan yang penting sebagai kesempatan untuk umat Islam meningkatkan keimanan dan ketaqwaan.

Dengan banyaknya keutamaan berpuasa, maka sudah sewajarnya kita melaksanakan puasa dengan sungguh-sungguh agar sah dan diterima oleh Allah SWT. Agar puasa kita diterima dan dapat mendatangkan pahala, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menjalankan ibadah puasa. Salah satunya adalah membaca doa niat puasa dan doa berbuka puasa dengan benar.

Berikut doa niat puasa yang bisa dibaca pada malam hari atau saat sahur, dan doa berbuka puasa seperti dikutip dari nu.or.id:

Baca Juga: Jadwal dan Doa Berbuka Puasa Hari Pertama Ramadan 1442 H

1. Doa niat puasa atau doa sahur

Doa Sahur dan Doa Berbuka Puasa pada Bulan Ramadan Warga korban banjir sedang mengantri untuk makan sahur (IDN Times/Saifullah)

Membaca doa niat puasa saat hendak menyantap sahur menjadi langkah awal untuk memulai puasa. Disebutkan, lebih baik jika niat dilafalkan dengan bersuara karena akan menegaskan serta memantapkan hati seorang umat.

Berikut doa niat puasa yang dibaca pada malam hari atau saat sahur:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانِ هذِهِ السَّنَةِ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin an’adai fardi syahri ramadhani hadzihisanati lillahita’ala

Artinya: Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadan tahun ini, karena Allah Ta'ala.

Disebutkan, kekeliruan dalam melafalkan niat tidak berpengaruh pada keabsahan puasa, selama terbesit dalam hati untuk berpuasa selayaknya terhubung dengan getaran batin. Namun, kekeliruan akan menimbulkan rasa janggal, sehingga tetap dianjurkan untuk melafalkannya sebaik mungkin.

2. Doa berbuka puasa

Doa Sahur dan Doa Berbuka Puasa pada Bulan Ramadan Ilustrasi berbuka puasa (Dok. IDN TImes)

Setelah seharian menjalani ibadah puasa dan tiba waktunya untuk berbuka, umat muslim juga dianjurkan untuk membaca doa berbuka puasa. Membaca doa di waktu berbuka merupakan cara seorang muslim untuk memanjatkan rasa syukur kepada Allah SWT.

Di Indonesia, masyarakat sudah familiar dan secara umum membaca doa berbuka puasa yang berasal dari hadis riwayat Imam Bukhari dan Muslim berikut ini:

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Allahumma laka shumtu wa bika amantu wa'ala rizqika afthartu. Birrahmatika yaa arhamar roohimin.

Artinya : Ya Allah, untuk-Mu aku berpuasa, dan kepada-Mu aku beriman, dan dengan rezeki-Mu aku berbuka. Dengan rahmat-Mu wahai yang Maha Pengasih dan Penyayang."

Selain doa di atas, ada juga beberapa pendapat atau versi mengenai bacaan doa berbuka puasa, seperti dalam hadis riwayat Abu Daud dari sahabat Rasullah SAW, Mu’adz bin Zuhrah:

كَانَ إِذَا أَفْطَرَ قَالَ : اللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ، وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ

“Rasulullah ketika Berbuka, beliau berdoa: Ya Allah hanya untuk-Mu kami berpuasa dan atas rezeki yang Engkau berikan kami berbuka.” (HR. Abu Daud).

Sedangkan dalam hadis yang diriwayatkan oleh Sahabat Abdullah bin ‘Umar, Rasulullah melafalkan doa sebagai berikut:

كَانَ رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم، إِذَا أَفْطَرَ قَالَ : ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ، وَثَبَتَ الأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللهُ

“Rasulullah ketika berbuka, Beliau berdoa: Telah hilang rasa haus dan urat-urat telah basah serta pahala tetap, insyaallah.” (HR. Abu Daud).

3. Keutamaan sahur, jangan sampai ditinggalkan

Doa Sahur dan Doa Berbuka Puasa pada Bulan Ramadan Antara

Untuk sahur, umumnya dilaksanakan di sepertiga malam atau menjelang subuh. Melaksanakan sahur dianjurkan oleh Rasulullah SAW bagi orang-orang yang hendak berpuasa. Begitu pentingnya sahur, sampai-sampai Rasulullah menganjurkan sahur meski hanya dengan seteguk air seperti dalam sabda Rasul dari hadis riwayat berikut ini:

وعن عبد الله بن عمر رضي الله عنهما قال قال رسول الله صلى الله عليه و سلم تسحروا ولو بجرعة من ماء رواه ابن حبان في صحيحه

Artinya: Dari Abdullah bin Umar RA, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, ‘’Hendaklah kalian bersahur meskipun hanya seteguk air." (HR Ibnu Hibban).

Hadis lain yang menunjukkan betapa Rasulullah menganjurkan sahur yang penuh berkah dapat dilihat dalam hadis riwayat berikut:

وعن أبي سعيد الخدري رضي الله عنه قال قال رسول الله صلى الله عليه و سلم السحور كله بركة فلا تدعوه ولو أن يجرع أحدكم جرعة من ماء فإن الله عز و جل وملائكته يصلون على المتسحرين

Artinya: Dari Abu Sa’id Al-Khudri RA, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Sahur sepenuhnya mengandung berkah, maka itu jangan kalian meninggalkannya meskipun kalian hanya meminum seteguk air karena Allah dan malaikat berselawat untuk mereka yang bersahur.” (HR Ahmad).

Baca Juga: MUI Tegaskan Vaksinasi Tidak Batalkan Puasa Ramadan

Topic:

  • Sunariyah
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya