Mengapa 1 Juni Ditetapkan Jadi Hari Libur Nasional?

Menjadi bagian penting dari kemerdekaan Indonesia

Jakarta, IDN Times – Pemerintah melalui Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan serta Menteri Pendayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia secara resmi menetapkan 1 Juni sebagai salah satu hari libur nasional.

Keputusan ini tentunya menjadi sesuatu yang dinanti-nanti bagi sebagian besar rakyat Indonesia, sebagaimana hari libur lainnya atau biasa kita kenal dengan istilah tanggal merah. Adapun 1 Juni sendiri diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila yang menjadi bagian penting dari sejarah panjang kemerdekaan bangsa Indonesia.

Lantas, bagaimana sejarah hari lahir Pancasila dan mengapa perayaan tersebut ditetapkan menjadi hari libur nasional? Berikut penjelasannya:

Baca Juga: Sejarah Ringkas Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober, Wajib Tahu Nih

1. Sejarah Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni

Mengapa 1 Juni Ditetapkan Jadi Hari Libur Nasional?commons.wikimedia.org/Frans Mendur

Sesuai namanya, 1 Juni ditetapkan sebagai peringatan Hari Lahir Pancasila karena pada tanggal tersebut konsep Pancasila sebagai dasar negara Indonesia pertama kali ditetapkan.

Tepatnya pada 1 Juni 1945, Soekarno dalam pidatonya menyampaikan ide serta gagasannya terkait dasar negara Indonesia, yang dinamai “Pancasila”. Panca artinya lima, sedangkan sila artinya prinsip atau asas.

Dilansir dari bpip.go.id, lima asas yang pertama kali disebutkan saat itu ialah: sila pertama “Kebangsaan”, sila kedua “Internasionalisme atau Perikemanusiaan”, sila ketiga “Demokrasi”, sila keempat “Keadilan sosial”, dan sila kelima “Ketuhanan yang Maha Esa”.

Untuk menyempurnakan Pancasila dan membuat Undang-Undang Dasar berlandaskan kelima asas tersebut, maka dibentuklah panitia beranggotakan Ir. Soekarno, Mohammad Hatta, Abikoesno Tjokroseojoso, Agus Salim, Wahid Hasjim, Mohammad Yamin, Abdul Kahar Muzakir, Mr. AA Maramis, dan Achmad Soebardjo yang kemudian dikenal sebagai Panitia Sembilan.

Setelah melalui proses panjang, Pancasila akhirnya disahkan pada 18 Agustus 1945 dan disetujui bahwa Pancasila dicantumkan dalam Mukadimah Undang-Undang Dasar 1945 sebagai dasar negara Indonesia yang sah.

2. Mengapa Hari Lahir Pancasila dijadikan hari libur nasional?

Mengapa 1 Juni Ditetapkan Jadi Hari Libur Nasional?Ilustrasi oleh Rappler Indonesia

Sejarah panjang lahirnya Pancasila hingga kemudian secara resmi dijadikan dasar negara Indonesia yang sah membuat Pancasila memiliki arti penting bagi Indonesia.

Perjuangan para pahlawan dan tokoh pendahulu pun wajib selalu diingat dan dikenang, sehingga masyarakat Indonesia harus ikut memperingati Hari Lahir Pancasila sebagai wujud menghargai jasa pahlawan dalam mencapai kemerdekaan bangsa.

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memperingati Hari Lahir Pancasila dapat dimulai dengan membaca dan memahami sejarahnya, hingga mengamalkan prinsip-prinsip yang tercantum dalam Pancasila demi mencapai negara Indonesia yang makmur dan sejahtera.

Baca Juga: AA Maramis, Tokoh Manado Penegas Kemajemukan saat Pancasila Dirancang

3. Semarak perayaan Hari Lahir Pancasila harus terus ditingkatkan

Mengapa 1 Juni Ditetapkan Jadi Hari Libur Nasional?IDN Times/Margith Juita Damanik

Dilansir dari ANTARA, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) mengajak masyarakat Indonesia untuk menyemarakkan perayaan Bulan Pancasila, tepatnya mulai 1 Juni hingga 18 Agustus 2021.

Perayaan tersebut dimulai dengan pelaksanaan upacara pada 1 Juni bertepatan dengan hari lahir Pancasila, pelaksanaan lomba yang menjunjung asas-asas Pancasila, hingga kegiatan sosial dan budaya. Rangkaian perayaan tersebut nantinya akan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran virus COVID-19 di Indonesia.

Kegiatan-kegiatan pada Bulan Pancasila akan mengusung tema “Pancasila dalam Tindakan, Bersatu untuk Indonesia Tangguh” yang merupakan bentuk penghargaan atas perjuangan para pendiri bangsa dalam merumuskan Pancasila.

Selain itu, BPIP juga mengimbau masyarakat Indonesia untuk mengibarkan Bendera Merah Putih selama satu hari penuh di rumah dan seluruh instansi di Indonesia yakni pada tanggal 1 Juni 2021.

Baca Juga: Hari Lahir Pancasila, Ini Kutipan 9 Tokoh Nasional tentang Pancasila

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya