Comscore Tracker

Jelang Dimulainya Pendaftaran CPNS 2021, Yuk Kenalan dengan Tes SKB

Siapkan dirimu mulai sekarang untuk ikut CPNS 

Jakarta, IDN Times – Pemerintah telah menetapkan pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021 akan dimulai pada 31 Mei mendatang.

Para calon pelamar yang hendak mendaftar sebaiknya bersiap dari sekarang. Mulai dari menyiapkan persyaratan administrasi sampai menyiapkan diri untuk mengikuti tes sebagai rangkaian seleksi.

Sebagaimana diketahui, ada dua jenis tes dalam rangkaian seleksi CPNS, yakni tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Bagi kamu yang berencana mendaftar, simak beberapa informasi seputar SKB berikut ini agar menjadi semakin yakin sebelum mengikuti tesnya.

Baca Juga: Ini Informasi Baru seputar CPNS 2021, Catat Tanggal Pentingnya!

1. SKB dibuat berbeda untuk masing-masing formasi

Jelang Dimulainya Pendaftaran CPNS 2021, Yuk Kenalan dengan Tes SKBSuasana jelang ujian SKB CPNS 2019 formasi Provinsi Lampung, Rabu (16/9/2020). (IDN Times/Martin L Tobing)

Sesuai namanya, tes SKB adalah tes yang dilakukan untuk melihat pengetahuan dan kemampuan peserta berdasarkan bidang yang dilamar.

Dilansir dari bkpp.gorontalokota.go.id, hanya peserta yang berhasil lolos Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang berhak mengikuti SKB. Sebab, SKB merupakan tahapan lanjutan dalam seleksi CPNS.

Berdasarkan surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia No. B/750/M.SM.01.00/2020, penyelenggaraan SKB bertujuan untuk menilai kesesuaian antara kompetensi bidang pelamar dengan standar kompetensi bidang sesuai kebutuhan jabatan.

Oleh karena itu, materi yang diujikan pada SKB pun berbeda-beda bagi masing-masing formasi yang tersedia dalam seleksi CPNS setiap tahunnya.

2. Pemerintah menyediakan kisi-kisi materi yang akan diujikan di SKB

Jelang Dimulainya Pendaftaran CPNS 2021, Yuk Kenalan dengan Tes SKB(Ilustrasi CPNS) setkab.go.id

Bertujuan untuk melihat pengetahuan dan kemampuan peserta sesuai dengan bidang yang di lamar, SKB tentunya memegang peranan penting dalam seleksi CPNS.

Guna menghasilkan peserta lolos seleksi yang bertalenta, soal yang diujikan dalam SKB pun dibuat sesuai standar yang berlaku.

Namun tidak perlu khawatir. Sebab, Panitia Seleksi ASN Nasional (Panselnas) memberikan kisi-kisi materi pokok yang akan diuji dalam SKB.

Kisi-kisi yang diberikan merupakan daftar poin-poin penting dari soal SKB serta dapat digunakan oleh peserta untuk lebih memahami materi dan mempersiapkan diri sebelum mengikuti seleksi.

3. Dilaksanakan melalui sistem yang terintegrasi

Jelang Dimulainya Pendaftaran CPNS 2021, Yuk Kenalan dengan Tes SKBSuasana jelang ujian SKB CPNS 2019 formasi Provinsi Lampung, Rabu (16/9/2020). (IDN Times/Martin L Tobing)

Sama seperti sebelumnya, CPNS 2021 ini juga akan dilakukan secara online mulai dari pendaftaran hingga pengumuman hasil seleksi, tak terkecuali pelaksanaan SKB. Hal ini dilakukan dengan mempertimbangkan situasi pandemik COVID-19 yang masih terjadi di Indonesia.

Dilansir dari menpan.go.id, pelaksanaan tes SKB menggunakan sistem terintegrasi atau biasa disebut dengan Computer Assisted Test (CAT) yang memiliki bobot tertinggi sebesar 50 persen.

SKB dengan sistem CAT terdiri dari 100 soal, dan waktu yang disediakan adalah 90 menit sehingga peserta harus menyelesaikan tes dengan membaca baik-baik setiap soal agar dapat menjawab dengan benar.

Adapun soal-soal yang diberikan merupakan pengetahuan dari formasi jabatan yang dilamar. Oleh karena itu, peserta dapat mengandalkan kemampuan dan kompetensi pribadi dengan tetap memanfaatkan waktu sebaik mungkin.

4. Tahapan serta tanggal penting dalam seleksi CPNS 2021

Jelang Dimulainya Pendaftaran CPNS 2021, Yuk Kenalan dengan Tes SKBPeserta CPNS usai menjalani tes SKD. (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Selain SKB, ada pula beberapa tahapan yang termasuk sebagai rangkaian seleksi CPNS 2021. Pemerintah telah resmi mengeluarkan jadwal pelaksanaan bagi masing-masing tahapan seleksi tersebut, yakni:

  • Pengumuman seleksi: 30 Mei s.d. 13 Juni 2021
  • Pendaftaran seleksi: 31 Mei s.d. 21 Juni 2021
  • Seleksi administrasi dan pengumuman: 1 Juni s.d 30 Juni 2021
  • Masa sanggah: 1 Juli s.d. 11 Juli 2021
  • Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS: Juli s.d. September 2021
  • Seleksi Kompetensi PPPK Non Guru: Juli s.d. September 2021 (setelah SKD CPNS di masing-masing lokasi telah selesai)
  • Seleksi Kompetensi PPPK Guru: Tes 1: Agustus 2021, Tes 2: Oktober 2021 dan Tes 3: Desember 2021
  • Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS: September s.d. Oktober 2021
  • Pengumuman akhir dan masa sanggah: November 2021
  • Penetapan Nomor Induk Pegawai (NIP) CPNS atau Nomor Induk PPPK: Desember 2021

Mengingat pandemik COVID-19 yang masih terjadi di Indonesia, pelaksanaan seleksi CPNS 2021 akan tetap dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan. Selain itu, jadwal kegiatan juga dapat berubah sesuai keputusan pemerintah terkait situasi pandemik.

Baca Juga: Buruan! Penerimaan CPNS Kemenkes Segera Buka, Ini Persyaratannya 

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya