Sholawat Jibril dan Keutamaannya bagi Rezeki Manusia 

Semakin sering membaca selawat akan semakin baik

Jakarta, IDN Times - Sholawat merupakan salah satu cara untuk meningkatkan iman dan takwa. Sebab, sholawat termasuk sebagai bentuk doa dan pujian kepada Nabi Muhammad SAW serta mampu menjadi wujud cinta umat muslim kepada Rasulullah SAW.

Bahkan, anjuran untuk mengamalkan sholawat juga tercantum di dalam ayat suci Al-Qur'an yakni sebagai berikut:

اِنَّ اللّٰهَ وَمَلٰٓٮِٕكَتَهٗ يُصَلُّوۡنَ عَلَى النَّبِىِّ ؕ يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا صَلُّوۡا عَلَيۡهِ وَسَلِّمُوۡا تَسۡلِيۡمًا‏

Artinya, "Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya berselawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, berselawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya." (QS. Al-Ahzab: 56).

Dari banyaknya bacaan sholawat, sesungguhnya masing-masing di antaranya memiliki keutamaan masing-masing bagi kehidupan manusia. Salah satunya ialah sholawat Jibril.

Berikut ini beberapa informasi mengenai sholawat Jibril yang dikenal sebagai penarik rezeki:

1. Bacaan selawat Jibril

Sholawat Jibril dan Keutamaannya bagi Rezeki Manusia Ilustrasi berdoa (IDN Times/Sukma Shakti)

Sholawat Jibril menjadi salah satu selawat populer dan banyak dilantunkan terutama dalam acara-acara keagamaan di Indonesia.

Hal ini disebabkan karena sholawat Jibril memiliki bacaan yang sangat pendek serta mudah diingat. Meski begitu, sholawat ini mampu memberi banyak manfaat bagi siapa saja yang mengamalkannya.

Tak hanya menjadi amalan pembawa berkah, sholawat Jibril disebut-sebut sebagai pembuka pintu rezeki.

Berikut adalah bacaan sholawat Jibril:

"صَلَّى اللهُ عَلَى مُحَمَّد  

Sholallahu a’la Muhammad

Artinya, “Ya Allah, berikanlah tambahan rahmat-Mu kepada junjungan kami Nabi Muhammad.”

Baca Juga: Cara Allah Mengabulkan Doa Umat-Nya

2. Sejarah sholawat Jibril

Sholawat Jibril dan Keutamaannya bagi Rezeki Manusia Ilustrasi Ka'bah di Masjidil Haram, Arab Saudi (IDN Times/Uni Lubis)

Sesuai namanya, sholawat Jibril merupakan sholawat yang berasal atau pertama kali diucapkan oleh Malaikat Jibril.

Dikisahkan bahwa sholawat ini diucapkan Malaikat Jibril kepada Nabi Adam AS atas perintah Allah SWT seperti dilansir dari laman farmasi.unida.gontor.ac.id sebagai berikut: 

Saat itu, Nabi Adam AS hendak menyentuh Siti Hawa, namun dilarang oleh Malaikat Jibril sebab belum menjadi muhrimnya sehingga Nabi Adam harus membayar mahar untuk mempersunting Siti Hawa.

Dalam kitab Bada’i al-Zuhur Fi Waqa’i al-Duhur karya Syekh Muhammad bin Ahmad bin Iyas al-Hanafi tertulis bahwa Nabi Adam AS kemudian bertanya kepada Allah SWT, “Apa Maharnya, Tuhanku?” 

Kemudian Allah SWT berfirman: 

صل الله على حبيب محم 

Artinya, "Bacalah shalawat kepada kekasihku Muhammad."

Lalu malaikat Jibril mendekati Nabi Adam dan membisiki Nabi Adam dengan kalimat “sollallahu a’la Muhammad." yang kemudian menjadi bacaan selawat Jibril.

3. Manfaat membaca sholawat Jibril bagi kehidupan manusia

Sholawat Jibril dan Keutamaannya bagi Rezeki Manusia iIlustrasi salat (IDN Times/Aditya Pratama)

Dalam Kitab Afdholus Sholawat, disebutkan sholawat Jibril memiliki beberapa keutamaan atau manfaat bagi siapa pun yang mengamalkannya, antara lain:

1. Dibukakan 70 pintu rahmat

Telah berkata Al-Imam Asy-Sya’rani: Telah bersabda Nabi SAW: “Barang siapa yang membaca sholawat ini, akan dibukakan ke atas dirinya tujuh puluh pintu dari rahmat dan Allah akan meletakkan kecintaanNya pada kalbu-kalbu manusia. Tiada yang menjadi marah kepadanya melainkan orang yang memiliki kemunafikan di dalam kalbunya.”

2. Paling dekat dengan Rasulullah SAW

Telah berkata guru kami, yakni ‘Ali Al-Khawwas: “Hadis ini dan yang sebelumnya, yakni sabda Nabi: “Keadaan paling dekat denganku bagi seseorang daripada kalian ialah apabila aku disebut, dia bersholawat ke atasku”. 

3. Dicintai Allah dan Rasulnya

Al-Hafiz As-Sakhawi dari Majduddin Al-Fairuzabadi, pemilik Al-Qamus berkata: “Aku telah mendengar Al-Khidir dan Ilyas, dan mereka berdua telah berkata: “Kami telah mendengar Rasulullah SAW bersabda: “Tiadalah orang yang beriman mengucapkan, “Semoga Allah melimpahkan sholawat ke atas Muhammad”, melainkan akan dijadikan manusia mencintainya, walaupun mereka sedang membencinya. Demi Allah, tiadalah mereka mencintainya sehingga Allah mencintainya.”

Selain keutamaan di atas, beberapa hadis riwayat lain juga menyebut bahwa apabila selawat Jibril dibaca dalam jumlah tertentu, maka akan datang manfaat tertentu pula antara lain:

  • Jika dibaca 500 kali dapat memudahkan urusan.
  • Jika dibaca 4444 kali dapat melancarkan rezeki.
  • Jika dibaca 10.000 kali akan mendapat karunia makrifat yang lebih tinggi.

Namun demikian, perlu diingat bahwa mengamalkan sholawat Jibril bukan hanya perkara jumlahnya saja melainkan juga konsistensi dan istiqomahnya.

Baca Juga: Ziarah Kubur, Doa-Doa yang Diajarkan Rasulullah Saat Mengunjungi Makam

Topik:

  • Dwifantya Aquina
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya