Comscore Tracker

7 Ribuan Kendaraan Pemudik di Sumsel Diminta Berputar Balik

Ada 12 ribu kendaraan diperiksa petugas

Palembang, IDN Times - Lebih dari 7 ribu kendaraan roda dua maupun roda empat di Sumatra Selatan diminta berputar balik selama dua hari ini sejak Hari Raya Idul Fitri hari pertama Kamis, 13 Mei 2021. Polisi lalu lintas (Polantas) Palembang masih siaga bertugas di jalur penyekatan pintu keluar masuk arus mudik.

"Termasuk roda dua, roda empat, roda enam, bahkan ada travel gelap yang kami minta putar balik untuk mendisiplinkan pemberlakuan larangan mudik," ujar Dirlantas Polda Sumsel Kombes Pol CF Hotman Sirait, Jumat (14/5/2021).

Baca Juga: 7 Potret TMII, Pelampiasan Rindu Kampung Halaman Saat Mudik Dilarang

1. Ada 12 ribu kendaraan diperiksa di posko penyekatan

7 Ribuan Kendaraan Pemudik di Sumsel Diminta Berputar BalikIlustrasi mudik (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/wsj)

Selama delapan hari kebijakan larangan mudik diberlakukan pemerintah sejak 6 Mei 2021, jumlah kendaraan yang diperiksa petugas di lapangan posko penyekatan mudik sudah mencapai 12 ribu kendaraan.

"Dari 12.832 kendaraan diperiksa ketat oleh petugas di pos sekat, pos pengamanan dan pos pelayanan, ada 7.712 kendaraan yang disuruh putar balik," kata Hotman.

2. Kendaraan pribadi seri pelat luar Sumsel diminta berputar balik

7 Ribuan Kendaraan Pemudik di Sumsel Diminta Berputar BalikIlustrasi moda transportasi mudik (IDN Times/Imam Rosidin)

Berdasarkan pendataan di lapangan, kendaraan yang diminta berputar balik didominasi kendaraan pribadi dari seri pelat nomor luar Sumatra Selatan (Sumsel). Bahkan tidak saja mobil, sejumlah kendaraan roda dua pun dilarang melakukan perjalanan.

"Masih ada kendaraan pribadi, baik roda dua maupun roda empat yang berupaya untuk melakukan mudik Lebaran," kata Hotman.

3. Ada sekitar 7 ribu kendaraan pribadi diminta berputar balik

7 Ribuan Kendaraan Pemudik di Sumsel Diminta Berputar BalikIlustrasi mudik (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Hotman menerangkan, jumlah kendaraan roda dua yang diminta berputar balik petugas di lapangan, ada 214 motor dan rata-rata kendaraan tersebut melakukan perjalanan masuk posko penyekatan pada sore hari.

"Mobil pribadi putar balik ke tujuan awal ada 7.364 kendaraan. Sampai sore kemarin, ada 779 kendaraan pribadi, khususnya roda empat yang akan masuk ke wilayah Sumsel dan jumlah ini kami prediksi akan meningkat," kata dia.

Baca Juga: Ada Larangan Mudik, Sampah di DKI H-1 hingga Lebaran Capai 10 Ribu Ton

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya