Begini Tanggapan Mahasiswa soal Subsidi Pulsa Rp150 Ribu 

Mahasiswa berharap realisasi subsidi pulsa Rp150 ribu ini

Jakarta, IDN Times - Berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 394/KMK.02/2020 tentang Biaya Paket Data dan Komunikasi Anggaran 2020, mahasiswa dan masyarakat yang terlibat kegiatan belajar secara daring akan mendapat akomodir pulsa sebesar Rp150 ribu.

Keputusan ini telah ditetapkan pada Senin, 31 Agustus 2020 oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani. Menyikapi perarturan tersebut, mahasiswa hanya mengharapkan subsidi untuk kuota internet ini dapat terealisasikan dengan merata.

“Saya harap realisasi penyaluran subsidi ini akan merata untuk seluruh mahasiswa, tidak hanya mahasiswa yang menerima beasiswa saja,” ujar Mahasiswa Manajemen Sumberdaya Perairan Universitas Brawijaya Bilqish Putri Aulia, Kamis (3/9/2020).

1. Masih banyak mahasiswa yang belum mengetahui program subsidi pulsa Rp150 ribu

Begini Tanggapan Mahasiswa soal Subsidi Pulsa Rp150 Ribu Pexels

Banyak mahasiswa yang belum mengetahui Keputusan Menteri Keuangan terkait biaya paket data dan komunikasi. Beberapa mahasiswa masih menganggap, subsidi kuota internet hanya diberikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

“Kalau soal subsidi dari Menteri Keuangan yang terbaru saya masih belum tahu, karena saya mikirnya subsidi kuota internet hanya diberikan oleh Kemendikbud saja,” ujar Mahasiswa Sastra Jepang Universitas Diponegoro Firda Zahrah.

Namun, terdapat pula mahasiswa yang sudah mengetahui informasi subsidi pulsa sebesar Rp150 ribu dari Menteri Keuangan. “Saya sebenarnya tahu mengenai subsidi pulsa sebesar Rp150 ribu. Tapi saya skeptis dengan realisasi penyaluran subsidi tersebut sih,” imbuh Bilqish.

Baca Juga: Mantap! Mahasiswa Dapat Bantuan Pulsa Rp150 Ribu per Bulan 

2. Belum ada sosialisasi lebih lanjut dari pihak kampus

Begini Tanggapan Mahasiswa soal Subsidi Pulsa Rp150 Ribu Pexels

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UPN Veteran Jakarta Rafif Akram Rizqullah menyebut, pihak rektorat belum memberikan sosialisasi untuk menanggapi Keputusan Menteri Keuangan. Sehingga, belum ada kejelasan alur pencairan subsidi pulsa internet untuk mahasiswa.

“Saya tahu mengenai keputusan ini, tapi dari pihak rektorat sendiri belum memberikan sosialisasi kepada mahasiswa,” ujar dia.

Rafif juga belum tahu syarat untuk mendapatkan subsidi pulsa internet melalui pihak kampus.

3. Mahasiswa berharap subsidi kuota internet dapat terealisasikan secara merata

Begini Tanggapan Mahasiswa soal Subsidi Pulsa Rp150 Ribu inmobi.com

Dengan adanya Keputusan Menteri Keuangan ini, mahasiswa berharap penyaluran subsidi sebesar Rp150 ribu kepada seluruh mahasiswa di perguruan tinggi di Indonesia lebih merata.

"Semoga pemerintah konsisten dalam memberikan bantuan ini dan merata distribusinya," ujar Rafif.

Senada dengan Rafif, Firda Zahrah juga mengharapkan pemerataan dan kejelasan informasi, atas pembagian subsidi pulsa. "Semoga semua mahasiswa bisa mendapatkannya secara merata. Semoga infomasi soal pendaftaran dan pencairan dananya juga jelas," ujar dia.

Baca Juga: Resmi! Pemerintah Berikan PNS Uang Pulsa hingga Rp400 Ribu per Bulan 

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya