Cagub Kalimantan Tengah Positif COVID-19, Sugianto Absen Debat Pilkada

Sugianto unggah video pernyataan positif COVID-19

Jakarta, IDN Times - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 di tengah pandemik COVID-19, mengakibatkan banyak calon kepala daerah terpapar virus corona.

Kali ini, calon gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran dinyatakan positif virus corona. Akibatnya, calon gubernur nomor urut 2 tersebut sudah dipastikan tidak mengikuti debat publik kedua.

“Disampaikan bahwa calon gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran tidak dapat mengikuti debat publik kedua, karena positif COVID-19,” ujar Ketua KPU Provinsi Kalimantan Tengah Harmain Ibrohim, dikutip dari ANTARA, Jumat (20/11/2020).

Baca Juga: Bawaslu: 31 Pengawas Pilkada Mengalami Kekerasan Saat Bertugas

1. Sugianto absen dari debat publik kedua karena positif virus corona

Cagub Kalimantan Tengah Positif COVID-19, Sugianto Absen Debat PilkadaDebat publik menghadirkan 3 kandidat calon wali kota Samarinda yang digelar pada Minggu (18/10/2020) lalu/ HO KPU Samarinda

Absennya Sugianto pada debat publik yang digelar di Jakarta itu didasarkan surat resmi dari tim pasangan calon nomor urut 2, bernomor 139/Timkam SS-EP/KTG/XI/2020 perihal berhalangan mengikuti debat.

“Surat ini juga dilampiri surat dari RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya terkait laporan hasil pemeriksaan laboratorium sampel COVID-19 atas nama beliau,” kata Harmain.

Hal tersebut sesuai dengan Peraturan KPU RI Nomor 11 Tahun 2020 tentang kampanye Pasal 22 ayat 4, yang menyatakan pasangan calon yang tidak mengikuti debat publik atau debat terbuka, karena alasan kesehatan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) huruf b dibuktikan dengan surat keterangan dokter. Sementara debat tetap dilaksanakan sesuai jadwal.

2. Debat publik tetap dilaksanakan dan diikuti tiga orang

Cagub Kalimantan Tengah Positif COVID-19, Sugianto Absen Debat PilkadaDebat Publik Calon Bupati Sleman 2020. Dok: istimewa

Karena kondisi tersebut, debat publik kedua Pilkada Kalimantan Tengah bertema Ekonomi dan Kesejahteraan Masyarakat tetap dilaksanakan.

Debat ini hanya diikuti tiga orang, yakni pasangan nomor urut 1 (Ben Brahim S Bahat-Ujang Iskandar) dan Edy Pratowo yang merupakan calon wakil gubernur dari pasangan calon nomor urut 2.

“Dan pada dasarnya debat tetap dilaksanakan sesuai jadwal. Sesuai dengan surat tim kampanye pasangan calon,” ujar Harmain.

3. Sugianto Sabran mengunggah video pernyataan dirinya positif COVID-19

Cagub Kalimantan Tengah Positif COVID-19, Sugianto Absen Debat PilkadaInfografis Komunikasi Publik di Saat Krisis (IDN Times/Arief Rahmat)

Sementara, Sugianto Sabran mengunggah video pernyataan singkat yang menyampaikan dirinya terkonfirmasi positif COVID-19. Video singkat yang diunggahnya kini ramai beredar di media sosial.

“Saya baru saja mendapatkan kabar terpapar COVID-19 berdasarkan hasil tes usap atau swab test,” ujar Sugianto dalam video unggahannya.

Meski dinyatakan terpapar virus corona, Sugianto mengaku dalam keadaan baik dan tidak merasakan gejala apapun. Dia pun menyatakan tengah melakukan isolasi mandiri sebagai bentuk tanggung jawabnya kepada masyarakat.

Baca Juga: KPU: 77 Persen Calon Kepala Daerah Masih Gunakan Kampanye Tatap Muka

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya