Comscore Tracker

Doa Agar Terbebas dari Jeratan Utang dan Dijauhkan dari Kesusahan

Amalkan doa-doa ini setiap hari setelah salat

Jakarta, IDN Times - Perjalanan hidup layaknya permainan jungkat-jangkit, kadang naik kadang turun. Begitu pula dengan kondisi keuangan setiap manusia, kadang tercukupi kadang kurang.

Hidup itu ibarat bola, terus menggelinding kadang di atas kadang di bawah. Bahkan orang yang berkecukupan, bisa saja memiliki utang yang harus dibayar.

Dalam Islam, membayar utang wajib hukumnya. Bahkan jika si pemilik utang meninggal, maka ahli waris atau kerabatnya harus membayar utang tersebut. Sebab, kelak di akhirat kita akan diminta pertanggungjawaban atas utang itu.

Namun, bagi yang memiliki utang jangan berkecil hati. Selain berusaha secara lahiriah untuk melunasi utang yang ada, berikut ada doa-doa yang bisa dipanjatkan untuk meminta perlindungan dan diringankan dari utang.

Baca Juga: Doa Agar Terhindar dari Penyakit Berbahaya dan Wabah COVID-19

1. Doa untuk berlindung dari kesusahan dan terlepas dari jeratan utang

Doa Agar Terbebas dari Jeratan Utang dan Dijauhkan dari Kesusahanilustrasi berdoa (IDN Times/Sunariyah)

Dikutip dari kitab Shahifah Sajjadiyah, berikut doa-doa yang dapat kamu baca untuk berlindung dari kesusahan dan terlepas dari jeratan utang.

أَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّد وَآلِهِ وَهَبْ لِيَ الْعَافِيَةَ مِنْ دَيْن تُخْلِقُ بِهِ وَجْهِي، وَيَحَارُ فِيهِ ذِهْنِي، وَيَتَشَعَّبُ لَهُ فِكْرِي، وَيَطُولُ بِمُمَارَسَتِهِ شُغْلِي وَأَعُوذُ بِكَ يَا رَبِّ مِنْ هَمِّ الدَّيْنِ وَفِكْرِهِ

Allahumma sholli ‘ala Muhammad wa alihi wahabliyal ‘afiyata min dayn tukhliqu bihi wajhi, wayahaa ru fiihi dzihnii, wayatasya’abu lahu fikrii, wayathulu bimumaa rasatihi  syughlii. Wa a’uddzubika yaa robba min humma ddayni fikrihi

Artinya: Ya Allah, limpahkanlah selawat kepada Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad, lepaskan aku dari utang yang mencoreng mukaku, mengacaukan akalku, merisaukan pikiranku, dan menyita banyak perhatianku. Aku berlindung kepada-Mu, duhai Tuhanku dari kesusahan dan kerisauan karena utang.

2. Doa untuk memohon dipermudah dalam melunasi utang

Doa Agar Terbebas dari Jeratan Utang dan Dijauhkan dari KesusahanIlustrasi berdoa (IDN Times/Sukma Shakti)

Berutang terutama kepada kerabat merupakan hal yang mudah dilakukan. Namun, bagian tersulitnya ialah membayar utang tersebut hingga lunas.

Jika memang kamu membutuhkan pinjaman dari kerabat, maka pinjamlah secukupnya. Karena pinjaman tersebut harus kamu bayar di kemudian hari.

Bila kamu merasa kesulitan dalam melunasi utang, berikut doa yang dapat kamu baca untuk dipermudah dalam melunasi utang.

اللَّهُمَّ يَا فَارِجَ الْهَمِّ ، كَاشِفَ الْغَمِّ ، مُجِيبَ دَعْوَةَ الْمُضْطَرِّينَ ، رَحْمَنَ الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ ، وَرَحِيمَهُمَا ، أَنْتَ تَرْحَمُنِي ، فَارْحَمْنِي رَحْمَةً تُغْنِينِي بِهَا عَنْ رَحْمَةِ مَنْ سِوَاكَ

Allahumma Ya Farijal Ham Kasyifal Gham Mujiba Da’watal Mudhthorriin Rahmanad Dunya wal Akhirah Warahimahuma Anta Tarhamuni Farhamni Rahmatan Tughnini Biha Rahmati Man Siwak.

Artinya: Ya Allah, yang menghilangkan kerisauan, Maha Mengikis gundah gulana, Maha mengabulkan doa orang yang menderita, Engkau Maha Pengasih kepada seisi dunia dan akhirat dan menyayangi keduanya. Engkau mengasihiku, berilah aku rahmat yang membuatku tidak memerlukan lagi pertolongan selain dari-Mu.

3. Membaca selawat kepada Nabi Muhammad untuk diringankan bebannya

Doa Agar Terbebas dari Jeratan Utang dan Dijauhkan dari Kesusahanilustrasi berdoa dan mengaji (IDN Times/Sunariyah)

Kedua doa tersebut dapat kamu baca dan amalkan setiap hari setelah salat. Jangan lupa untuk membaca “Bismillahirrahmanirrahim” untuk awalan dari setiap doa yang kamu panjatkan.

Tidak lupa untuk mengiringi setiap doa kamu dengan membaca selawat kepada Nabi Muhammad, supaya beban kamu dapat diringankan oleh Allah SWT.

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ

Allahumma shalli ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad

Artinya: Ya Allah, berikanlah rahmat-Mu kepada junjungan kami Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad.

Namun perlu diingat, setiap doa yang kamu panjatkan harus diikuti dengan usaha yang maksimal pula. Dengan begitu, Allah SWT akan membukakan jalan untuk menghapus kesusahan yang kamu rasakan. 

Baca Juga: Doa Agar Mudah Melunasi Utang, Yuk Amalkan!

Topic:

  • Fikriyah Nurshafa
  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya