Comscore Tracker

Doa untuk Membuat Seseorang Mengingat Kamu

Panjatkan doa ini dengan penuh keyakinan dan istiqomah

Jakarta, IDN Times - Mencintai dalam diam merupakan hal yang berat untuk dilakukan. Sebab, kamu harus memendam perasaan itu sendirian. Bahkan, kamu hanya bisa berharap agar dia juga mengingatmu dan memiliki perasaan yang sama dengan kamu.

Menyayangi, mencintai, dan mengingat seseorang yang disayang, bukan hal yang salah untuk dilakukan. Asal, kamu tahu batas-batasnya dan bisa mengontrol pikiran serta perasaan tersebut dengan bijaksana.

Dalam Islam ada beberapa doa yang bisa diamalkan untuk membuat seseorang mengingat kamu. Berikut doa-doanya:

Baca Juga: Doa untuk Membuat Seseorang Merindukan Kamu

1. Doa ini bisa membantu untuk membuat seseorang mengingat kamu

Doa untuk Membuat Seseorang Mengingat Kamuhttps://sumut.idntimes.com

Rasanya senang bila seseorang yang kita suka dan sayangi juga mengingat kita. Rasa cinta yang berbalas memang selalu menyenangkan.

Berikut doa yang bisa diamalkan untuk membuat seseorang mengingat kamu.

وَمِنَ النَّاسِ مَنْ يَّتَّخِذُ مِنْ دُوْنِ اللّٰهِ اَنْدَادًا يُّحِبُّوْنَهُمْ كَحُبِّ اللّٰهِ

Wa minan-nāsi may yattakhiżu min dụnillāhi andāday yuḥibbụnahum kaḥubbillāh,

Artinya: Dan di antara manusia ada orang-orang yang menyembah tandingan-tandingan selain Allah, mereka mencintainya sebagaimana mereka mencintai Allah. (Qs. Al-Baqarah: 165).

2. Doa dari surat Ali-Imran ayat 14

Doa untuk Membuat Seseorang Mengingat KamuIlustrasi Mengaji (IDN Times/Sunariyah)

Selain membaca Surat Al-Baqarah ayat 165, kamu juga bisa membaca Surat Ali-Imran ayat 14. Bacalah kedua ayat ini bersamaan, disertai dengan doa dan harapan kamu tentang seseorang yang kamu sayang.

زُيِّنَ لِلنَّاسِ حُبُّ ٱلشَّهَوَٰتِ مِنَ ٱلنِّسَآءِ وَٱلْبَنِينَ وَٱلْقَنَٰطِيرِ ٱلْمُقَنطَرَةِ مِنَ ٱلذَّهَبِ وَٱلْفِضَّةِ وَٱلْخَيْلِ ٱلْمُسَوَّمَةِ وَٱلْأَنْعَٰمِ وَٱلْحَرْثِ ۗ ذَٰلِكَ مَتَٰعُ ٱلْحَيَوٰةِ ٱلدُّنْيَا ۖ وَٱللَّهُ عِندَهُۥ حُسْنُ ٱلْمَـَٔابِ

Zuyyina lin-nāsi ḥubbusy-syahawāti minan-nisā`i wal-banīna wal-qanaṭīril-muqanṭarati minaż-żahabi wal-fiḍḍati wal-khailil-musawwamati wal-an'āmi wal-ḥarṡ, żālika matā'ul-ḥayātid-dun-yā, wallāhu 'indahụ ḥusnul-ma`āb

Artinya: Dijadikan terasa indah dalam pandangan manusia cinta terhadap apa yang diinginkan, berupa perempuan-perempuan, anak-anak; harta-benda yang banyak dari emas dan perak, kuda pilihan, hewan ternak, dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik. (Qs. Ali Imran ayat 14).

Setelah membaca kedua ayat itu, kamu ucapkan doa dan harapan yang kamu inginkan disertai dengan nama seseorang tersebut.

3. Doa dari Surat Taha ayat 39

Doa untuk Membuat Seseorang Mengingat KamuIlustrasi Al-Qur'an (IDN Times/Besse Fadhilah)

Urusan hati manusia adalah rahasia ilahi. Hanya Allah SWT yang mengetahui pasti isi hati makhluknya dan hanya Allah SWT lah yang dapat membolak-balikan hati dan perasaan seseorang.

Berikut doa yang juga bisa kamu baca untuk bisa membuat orang yang kamu sayang, merasakan hal yang sama seperti yang kamu rasakan.

وَأَلْقَيْتُ عَلَيْكَ مَحَبَّةً مِّنِّى وَلِتُصْنَعَ عَلَىٰ عَيْنِىٓ

Wa alqaitu 'alaika maḥabbatam minnī, wa lituṣna'a 'alā 'ainī

Artinya: Dan Aku telah melimpahkan kepadamu kasih sayang yang datang dari-Ku; dan supaya kamu diasuh di bawah pengawasan-Ku. (Qs. Taha: 39).

Perlu diingat, jangan bersedih hati bila cinta yang kamu rasakan tidak berbalas seperti yang kamu harapkan. Dalam Islam, kita diajarkan untuk berdoa secara istikamah, penuh keyakinan, dan menyertai doa dengan ikhtiar.

Ingat cerita Nabi Yusuf dan Zulaikha, puluhan tahun Zulaikha menahan derita karena rasa suka dan cintanya kepada Nabi Yusuf. Namun Allah SWT akhirnya menakdirkan mereka bersatu justru setelah Zulaikha menemukan cinta sejatinya yakni hanya kepada Allah SWT. 

4. Jangan lupa adab berdoa, mulailah dengan membaca bismillahirrahmanirrahim dan bersalawat kepada Nabi Muhammad SAW

Doa untuk Membuat Seseorang Mengingat KamuIlustrasi Berdoa (IDN Times/Sunariyah)

Untuk semakin memperkuat doamu, memintalah kepada Allah SWT apa yang kamu hajatkan atau inginkan dengan bahasa sendiri dan dengan kalimat yang baik. Tanamkan keyakinan dalam diri bahwa Allah SWT akan mendengar dan mengabulkan doamu.

Jangan lupa juga adab berdoa, mulailah dengan membaca bismillahirrahmanirrahim dan bersalawat kepada Nabi Muhammad SAW. Serahkan segala urusan kepada Allah SWT dan memintalah untuk diberikan yang terbaik.  

Tetapi ingat, jangan cuma berdoa. Lakukanlah ikhtiar atau upaya semaksimal mungkin untuk memudahkanmu mencapai tujuan. Hasilnya serahkan kepada Allah SWT. Karena hanya Allah-lah yang mengetahui apa yang terbaik buat hamba-hamba-Nya.        

Kalimat "Hasbiyallāhu wa ni'mal wakīl” (cukuplah Allah menjadi penolong bagiku) cukup terpuji bila seseorang mengerahkan upaya maksimal sebelum kenyataan tiba.

Adapun seseorang menjadi tercela menurut agama, kalau hanya mengandalkan kalimat tersebut tanpa didahului oleh upaya maksimal/ikhtiar.

Topic:

  • Fikriyah Nurshafa
  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya